Bakal Ada Teknologi Pesawat Tanpa Jendela, Berani Naik?

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 23 April 2020 06:20
Bakal Ada Teknologi Pesawat Tanpa Jendela, Berani Naik?
Gimana desainnya ya?

Perkembangan teknologi semakin terdengar nggak masuk akal. Maskapai penerbangan Emirates berencana menghapus jendela dari desain pesawat. Apa nggak bahaya ya?

Ternyata, nggak sepenuhnya desain pesawat akan menghapus jendela. Tetapi, maskapai akan mengganti jendela dengan Jendela pesawat virtual realistis yang berisi pemandangan awan dan langit. Bahkan, pemandangan alamnya juga bisa diatur. Seperti apa ya desainnya?

1 dari 2 halaman

Dilansir dari CNN Travel, kabin, emirates ini akan didesain untuk suite pribadi kelas satu. Pesawat ini lengkap dengan pintu geser dari lantai ke langit-langit. Jendela pesawat juga akan menggunakan kamera optik untuk memeberikan pemandangan maya dari luar.

Dengan adanya teknologi virtual realistis ini diharapkan akan mampu meningkatkan pengalaman wisata para penumpang. Namun, ternyata desain ini juga mengundang pro dan kontra.

2 dari 2 halaman

Pesawat Tanpa Jendela © Diadona

Dilansir dari CNN Travel, Saj Ahmad, Kepala Analis di StrategicAero Research mengatakan ada masalah praktis yang ditimbulkan dari pesawat tanpa jendela. Pesawat tanpa jendela mungkin akan baik dari sudut pandang teknologi. Namun ada sejumlah alasan lain yang perlu diperhatikan, seperti pintu darurat. Dalam keadaan darurat, awak kabin harus mencari titik referensi untuk mengoordinasikan evakuasi.

Selain itu, juga akan ada persoalan redudansi sistem, penindakan saat kebakaran, hingga tekanan dan perubahan teknis yang terjadi pada kabin.

Terlepas dari itu semua? Bagaimana menurutmu dengan teknologi ini?

Beri Komentar