11 Penyebab Laptop Cepat Panas dan Hardisk Lemot serta Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 4 Agustus 2020 14:36
11 Penyebab Laptop Cepat Panas dan Hardisk Lemot serta Cara Mengatasinya
Laptop kamu gampang banget 'rewel' bagaikan terbakar api cemburu? Cari tau yuk apa aja penyebab laptop cepat panas berikut!

Laptop yang panas sebenarnya adalah masalah utama yang sering banget dihadapi oleh para penggunanya. Dengan tahu apa sih penyebab laptop cepat panas bisa menghindarikan kamu dari berbagai masalah laptop yang bikin kantong cepet boncos.

Laptop yang panas bisa merusakan laptop maupun komponen internalnya. Nggak cuman itu aja, laptop yang panas juga juga memperlambat mesin dan mempengaruhi kinerjanya. Bukan nggak mungkin kalau laptop tiba-tiba mati pas lagi melakukan proses penting.

1 dari 3 halaman

Penyebab Laptop Cepat Panas dan Lambat

Penyebab Laptop Cepat Panas © Diadona

Penyebab laptop cepat panas dan lambat bisa karena berbagai kondisi. Dikutip dari Laptop Cooler Guide, berikut beberapa daftarnya.

Penyumbatan pada Lubang 'Knalpot' Laptop

Kalau kamu perhatikan, di sebelah laptop kamu sebenarnya terdapat lubang ventilasi yang berfungsi sebagai sirkulasi udara. Lubang ini juga berperan untuk membuang udara panas dari dalam keluar laptop.

Nah, seiring waktu, laptop bisa menumpuk debu dalam jumlah besar yang menyumbat ventilasi udara di laptop. Akibatnya, panas yang dihasilkan akibat kerja laptop nggak bisa keluar. Pada akhirnya inilah yang jaid penyebab laptop cepat panas.

Suhu Ruangan

Kalau bahkan setelah ventilasi laptop dibersihkan dan udara udah bisa keluar masuk laptop tapi laptop kamu cepat panas,maka penyebabnya bisa karena suhu lingkungan di mana laptop kamu digunakan.

Karena tahu nggak sih kalau suhu juga berperan sebagai penyebab laptop cepat panas. Udahakan untuk menggunakan laptop kamu di ruangan yang sejak ya, jangan dibawa di bawah terik matahari!

Penempatan yang Salah

Penyebab laptop cepat panas lainnya bisa karena kamu tidak meletakkan laptopmu dengan repat sehingga menghalangi aliran udara pada ventilasinya. Yah, sayang banget kan!

Penempatan laptop yang palng baik adalah pada permukaan yang keras, rata, dan bersih dengan ventilasi yang bisa bekerja dnegan optimal. Kalau perlu gunakan dudukanlaptop atau bantalan pendingin yang bsia diletakkan di bawah laptop.

Hardware Baru

Orang sering melakukan pembaruan hardware untuk memaksimalkan kerja laptop, misalnya menambah RAM, harddisk atau yang lainnya. Nah, peangkat ini bisa membuat laptop menggunakan lebih banyak sumberdaya, sehingga jadi penyebab laptop cepat panas. Ini biasnaya terjadi ketika aksesoris yang digubakan nggak direkomendasikan pada penggunana laptop tipe tersebut.

Kerja Heat Sink Tidak Optimal

Heat sink adalah suatu perangkat pendingin dalam komputer. Kadang keberadaannya juga dilengkapi dengan kipas. Letaknya berada di dekat processor dengan sistem kerja yakni untuk memperluas transfer panas dari sebuah processor biar suhu di titik tersbut nggak terlalu panas.

Karena fungsinya penting, maka perhatikan keberadaannya ya. Ada kmungkinan heat sink ini copot sehingga jadi penyeab laptop cepat panas.

Kelebihan Daya

Kelebihan daya pda laptop juga bsia jadi penyebab laptop cepat panas. Maka gunakan daya dengan bijak ya!

Kipas Laptop yang Salah

Kipas internal yang nggak berfungsi bisa jadi penyebab laptop cepat panas. Kipas mungkin berhenti bekerja setelah laptop booting, jadi disarankan untuk mematikan laptop dan restart setelah beberapa menit. Kipas juga bisa berhenti bekerja karena kapasitor yang rusak.

Sistem Operasi Tidak kompatibel

Meski ini nggak terlalu sering terjadi, tapi ketika baru menginstal windows baru biasanya akan muncul massalah berupa laptop cepat panas. Kebanyakan ini terjadi pada windows 10. Dan sama hanya dnegan sistem operasi, driver baru juga mungkin jadi penyebab laptop cepat panas.

2 dari 3 halaman

Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Cepat Panas © Diadona

Dari uraian Diadona tersebut jadi tahu kan apa saja kemungkinan penyebab laptop panas. Nah dari poin-poin tersebut nih kamu jadi bisa memperkirakan pada poin mana yang terjadi pada laptop kamu dan langsung deh berfokus pada cara mengatasinya.

Ini bakalan membantu kamu buat nggak membuang-buang waktu dan uang dengan alasan yang sebenarnya bukan jadi penyebab laptop cepat panas sebenarnya. Kalau laptop kamu masih ada garansinya, coba deh mmebawanya langsung ke service center biar masalah yang kamu hadapi ini nggak bikin kamu bokek. Atau coba dengan langsung mendatangi tempat reparasi komputer di kota kamu.

3 dari 3 halaman

Penyebab Hardisk Laptop Cepat Panas

Penyebab Laptop Cepat Panas © Diadona

Hardisk yang cepat panas adalah maslaha yang paling umum menimpa perangkat ini. Peyebabnya bisa karena:

Pemakaian Laptop dengan Durasi Lama

Penggunaan laptop yng lama banget bisa bikin hardisk cepat panas. Dan ini merupakan penyebabnya yang paling utama.

Kipas Rusak

Sama halnya dengan penyeabb laptop cepat panas, kipas yang rusak juga rawan banget berpengaruh pada hardisik kamu.

Memory Hardisk Penuh

Pantau terus berapa sisa kapasitas menyimpan memory di harddisk kamu. Karea kalau ruang memory yang tersisa nggak cukup, cakram harddisk bakalan bekerja lebih ekstra dan membuat aptop jadi cepat panas.

Meskipun kamu nggak ahli dalam mereparasi laptop, tapi dengan tahu apa sih penyebab laptop cepat panas ini kamu jadi bisa mengira apa yang terjadi sama laptop kamu dan jadi tahu gimana solusi terbaiknya, kan?

Beri Komentar