AC Rumah Kamu Netesin Air? Gini lho Cara Mudah Mengatasinya

Reporter : Yoyok
Kamis, 22 Oktober 2020 07:50
AC Rumah Kamu Netesin Air? Gini lho Cara Mudah Mengatasinya
AC emang sering netesin air ya, kayak lagi nangis aja

Di terik siang matahari yang panas, kegerahan merupakan keadaan yang akan kita dapatkan. Tentunya kamu akan mencari tempat dingin untuk ngadem.

Maka dari itu, tidak heran jika AC selalu ada di kamar sebagai alat elektronik untuk mendinginkan ruangan. Siang-siang suasana lagi panas banget? Yaudah tinggal nyalain AC aja deh.

Tapi, salah satu problem yang sering terjadi bagi kamu yang punya AC di rumah adalah airnya. Tidak hanya udara dingin, AC juga menghasilkan air juga lho.

1 dari 4 halaman

Air Kondensasi

Dikutip dari Medium, air yang ada di dalam AC ini berasal dari kondensasi hasil dari evaporator. Hal ini sangat normal terjadi pada AC.

Namun, yang tidak normal adalah jika air AC ini netes keluar lalu membasahi ruangan. Seharusnya air kondensasi akan ditampung lalu langsung mengalir dibuang melalui lubang drain yang ada di sebelah kiri atau kanan AC.

2 dari 4 halaman

Penyebab

Hal ini terjadi bisa diakibatkan tiga faktor. Pertama filter dalam keadaan kotor, atau yang kedua evaporator juga ikut kotor, atau yang terakhir tekanan freon kurang.

Nah, tiga faktor diatas yang membuat AC mengalami kebocoran dan airnya dapat membasahi ruangan. Air kondensasi mengalir turun bersamaan dengan kotoran dan debu lalu membuat penampungan menjadi kotor dan berlendir.

Endapan inilah yang membuat air kondensasi di dalam AC jadi meluap keluar.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasinya

Ilustrasi Air Conditioner © Diadona

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu coba saat AC netesin air keluar.

1. Buka casing bagian depan AC. Buka bak penampungan dengan cara melepas beberapa buah skrup pengunci di bagian kanan atau kiri.

2. Lakukan pembersihan sampai benar-benar bersih dan juga bebas dari kotoran atau lendir.

3. Bersihkan juga saluran drainase dengan menyemprotnya dan pastikan tidak ada penyumbatan pada aliran pipa buangan sampai akhir.

4. Setelah semuanya bersih, pasang kembali casing bagian depan AC seperti semula.

5. Agar terhindar dari problem yang sama, sebainya lakukan permbersihan pada AC rumah kamu secara berkala.

Beri Komentar