5 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air, Jangan Panik dan Cobain Ini Aja Dulu

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 12 Desember 2022 11:00
5 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air, Jangan Panik dan Cobain Ini Aja Dulu
Mdah loh ini cara mengatasi speaker HP kemasukan air ini, asli.

Cara mengatasi speaker HP kemasukan air ini mungkin bagi seseorang adalah hal yang sulit. Namun, ternyata ini adalah masalah yang mudah untuk di atasi. Apa lagi saat ini banyak teknologi yang juga sudah sangat membantu.

Mungkin, untuk HP yang sudah dilengkapi dengan water resistant atai IP (Ingress Protection) terkena air bukanlah masalah. Namun, untuk HP yang belum dilengkapi teknologi ini pastinya akan menimbulkan masalah dan pasti membutuhkan cara mengatasi speaker HP kemasukan air.

Berikut Diadona.id telah merangkum cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang bisa kamu coba lakukan. So, yuk simak beberapa caranya di bawah ini ya Diazens!

1 dari 3 halaman

1. Matikan Perangkat

Ilustrasi HP Kemasukan Air © Diadona

Cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang pertama adalah dengan mematikan perangkat secara langsung. Kenapa harus dimatikan secara langsung?

Jika kamu tetap menghidupkan HP kamu maka akan memicu korsleting yang justru bisa merusak HP.

2. Fitur Pembersih Speaker

Cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang kedua adalah dengan memanfaatkan fitur pembersih speaker. Fitur ini sudah banyak tersedia di HP modern. Jadi, fitur ini mengeluarkan suara bernada tinggi pada volume keras untuk menghilangkan air, debu, dan partikel asing lainnya dari speaker HP.

2 dari 3 halaman

3. Biarkan Air Mengering

Nah kemudian, cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang selanjutnya adalah dengan membiarkan air sampai kering. Jadi, biarkan HP di bawah suhu ruangan selama beberapa jam hingga mengering. Letakkan perangkat sedemikian rupa sehingga speaker menghadap ke bawah.

4. Silica Gel

Silica Gel © Diadona

Silica gel juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi speaker HP kemasukan air. Guna dari silica gel ini adalah membantu menyerap air lebih cepat. Caranya gampang kok, Coba deh kumpulkan silica gel di sebuah wadah, kemudian masukkan ponsel ke dalamnya. Cara ini juga bisa membantu menyerap air di dalam speaker HP kamu.

Beri Komentar