Yuk Mulai Jaga Kesehatan Ginjal dengan Cara Mengurangi Konsumsi Garam

Reporter : Kurnia
Jumat, 4 Agustus 2023 19:16
Yuk Mulai Jaga Kesehatan Ginjal dengan Cara Mengurangi Konsumsi Garam
kurangi konsumsi garam dan gula dari sekarang, yuk

Siapa nih yang masih abai dengan kesehatan ginjal?

Tampak sepele dan sering diabaikan. Pola makan tidak sehat hingga kurang bergerak menjadi salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan ginjal loh.

Memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh, manusia sampai dianugerahi dengan dua ginjal sekaligus untuk bertahan hidup jikalau satu di antaranya bermasalah.

1 dari 4 halaman

Siapa nih yang masih abai dengan kesehatan ginjal? Tampak sepele dan sering diabaikan. Pola makan tidak sehat hingga kurang bergerak menjadi salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan ginjal loh.

Memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh, manusia sampai dianugerahi dengan dua ginjal sekaligus untuk bertahan hidup jikalau satu di antaranya bermasalah.

2 dari 4 halaman

Menjaga Pola Makan

Dilansir dari laman National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDDK), cara pertama yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan memilih makanan yang sehat dengan mengurangi asupan garam dan gula tambahan dalam setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Normalnya, tubuh dibatasi untuk menerima 2.300mg sodium setiap harinya. Sebagai gantinya, Diazens bisa menggunakan lebih banyak rempah-rempah untuk makanan yang kaya rasa sebagai pengganti garam.

Selain itu, alternatif lain saat mengolah makanan seperti daging, ayam, dan ikan dengan dipanggang atau direbus bisa membantu menjaga kesehatan ginjal.

3 dari 4 halaman

Banyak Bergerak

Bergerak setiap hari, setidaknya 150 menit olahraga dalam seminggu atau 30 menit per hari bisa menjadi pertahanan untuk menjaga ginjal tetap sehat.

Berat Badan Ideal

Menjaga badan agar tetap memiliki berat ideal juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal dalam tubuh.

Mengurangi Alkohol dan Rokok

Untuk mencegah penyakit ginjal kronik, mengurangi konsumsi alkohol sambil menyeimbangkan pola hidup dengan tiga cara terdahulu yang direkomendasikan di atas adalah cara terbaik.

Alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kerusakan secara tiba-tiba dan menyebabkan masalah jangka panjang, termasuk membuat ginjal tidak dapat bekerja dengan baik.

Beri Komentar