Yuk Kenalan Sama Si Gundul, Durian Unik Tak Berduri

Reporter : Hevy Zil Umami
Kamis, 6 Februari 2020 17:46
Yuk Kenalan Sama Si Gundul, Durian Unik Tak Berduri
Duri pada durian adalah hal yang sangat khas, itulah yang jadi asal-usul nama buah ini. Namun temuan durian gundul ini telah menggemparkan dunia.

Durian gundul ini ditemukan pertama kali di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, melalui kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh tim eksplorasi BPSBP NTB, pada tahun 2006-2007.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Durian Gundul © Diadona

Setelah mengindentifikasi dan menyusun deskripsinya, buah durian tanpa duri ini pun resmi didaftarkan menjadi Varietas Unggul Nasional pada tanggal 22 April 2008 dengan nama Si Gundul.

2 dari 4 halaman

Rupa dari durian gundul ini mirip seperti buah suku, namun kulitnya sedikit lebih keras.

Perbedaan rupa durian ini dengan durian pada umumnya hanya pada penampakan luarnya, namun isi dalamnya masih sama. Konon rasanya sangat enak dan legit, tapi daging buahnya cenderung sedikit, dan biji buahnya juga besar.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Durian Gundul © Diadona

Si Gundul tumbuh subur di Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Namun kini bibit buah durian Si Gundul sudah disebarkan ke berbagai wilayah di Indonesia, seperti di Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Bogor. Pengelola Taman Buah Mekarsari juga menjual bibit pohon durian Si Gundul ini.

4 dari 4 halaman

Jika kamu tertarik mencoba, kamu bisa datang langsung ke tempat asal Si Gundul di Lombok Barat, NTB, atau bisa juga ke Taman Buah Mekarsari, Bogor.

Beri Komentar