Yuk, Cobain Lidah Sapi Ala Jepang! Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumah lho

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 18 Agustus 2020 19:20
Yuk, Cobain Lidah Sapi Ala Jepang! Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumah lho
Lidah Sapi atau Gyutan memang salah satu makanan khas Jepang yang memiliki tekstur lembut dan lezat.

Jepang memang punya banyak makanan unik yang bisa dieksplore. Bahkan, kini restoran Jepang memang sudah menjamur di Indonesia.

Nah, kali ini, kita akan ngebahas tentang salah satu kuliner Jepang yang gak kalah nge-hits. Ya, namanya adalah Gyutan. Siapa yang udah pernah makan, nih?

1 dari 4 halaman

Gyutan © Diadona

Gyutan sejatinya adalah sebuah makanan khas dari kota Sendai berupa olahan lidah sapi. Gyutan sendiri memang diambil dari bahasa Jepang yakni " Gyu" sapi dan " tan" dari ucapan bahasa Inggris " tongue" yang berarti lidah.

Gyutan adalah hidangan lidah sapi yang dimasak dengan cara dipanggang di atas arang. Gyutan sendiri sangat cocok dipadukan bersama acar dan dimakan dengan nasi putih. Selain itu, Gyutan sangat cocok dipadukan dengna sop buntut.

Gyutan juga bisa bisa disajikan dengan nasi kare, dalam sup daging sapi, maupun dibuat sebagai karaage.

2 dari 4 halaman

Sejarah

Gyutan © Diadona

Gyutan muncul di Sendai sekitar tahun 1948 setelah perang dunia 2. Seorang pemilik restoran yakitori bernama Sano Keishiro, saat itu ingin membuat menu baru yang nggak bisa ditiru oleh restoran lain. Ia terinspirasi dari sajian khas Perancis yakni sup lidah sapi. Namun ia ingin membuatnya dengan teknik memasak lain.

Restoran pencetus Gyutan ini masih ada hingga saat ini bernama Tasuke dan masih menjadi salah satu rekomendasi tempat terbaik untuk menikmati gyutan. Lidah sapi yang disajikan sudah melalui proses dibumbui sehari sebelumnya menggunakan garam dan juga lada supaya lebih meresap. Nggak heran kalau rasa lidah sapi dari restoran Tasuke sangat digemari masyarakat.

Untuk bisa menikmatinya, harganya sangat bervariasi mulai dari 1.000 yen hingga 3.000 yen atau sekitar Rp 140 ribu hingga Rp 420 ribu per orang. Cukup mahal ya. Gimana kalau kita bikin sendiri? Yuk simak resepnya!

3 dari 4 halaman

Resep Gyutan

Nah, Kali ini kita akan bedah resep membuat Gyutan khas Menya Melbourne ala William Gozali.

Bahan

  • 250 gram lidah sapi yang sudah dibersihkan dan diiris tipis-tipis
  • 3 buah cabai rawit
  • 2 batang daun bawang
  • 1 sendok makan bawang putih yang dihancurkan. Campur dengan minyak sayur

Saus

  • 2 sendok makan kecap asin Jepang atau Shoyu
  • 1/2 sdm madu
  • 1 sdm mirin / gula
  • 1/2 sdm minyak wijen
  • 1 sdt bubuk lada hitam
  • 50 ml air

Bahan untuk telur orak-arik

  • 2 buah telur
  • 2 jumput garam
  • 1/2 sdm mentega

Cara masak

  1. Potong daun bawang dan cabai rawit. Buang ujung dari daun bawang, sisakan untuk garnish. Kamu juga bisa menambahkan cabai rawit lebih dari tiga sesuai selera.
  2. Untuk saus, masukkan kecap asin Jepang, mirin, minyak wijen, madu, dan air dalam mangkuk kecil. Aduk hingga merata.
  3. Untuk telur orak-arik, masukkan dua butir telur ke dalam mangkuk kecil, tambahkan sejumput garam. Kocok dua butir telur bersama garam sampai merata. Goreng telur orak arik dalam wajan yang sudah dipanaskan.
  4. Masak lidah sapi. Panaskan wajan dengan api besar yang sudah diolesi mentega. Masukkan lidah sapi ke dalamnya dan masak hingga matang. Tambahkan cabai rawit, bawang putih, daun bawang, saus, lalu aduk kembali.
  5. Sajikan telur orak-arik di atas nasi bersama daging sapi.

Beri Komentar