Uniknya Akutaq, Ice Cream Unik Orang Eskimo yang Terbuat dari Lemak Paus dan Minyak Anjing Laut!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 7 Oktober 2020 11:20
Uniknya Akutaq, Ice Cream Unik Orang Eskimo yang Terbuat dari Lemak Paus dan Minyak Anjing Laut!
Berani mencobanya?

Pernah kebayang nggak sih gimana kehidupan orang eskimo di kutub? Tentu saat hidup di sana, kita nggak kebayang kalau mau makan es krim. Udah cuaca dingin masa iya mau makan es krim?

Tapi, jangan salah. Meskipun orang eskimo hidup di daerah yang dingin banget, mereka tetap bisa mengonsumsi olahan dari susu sapi ini. Terus apa iya sapi ada di daerah kutub?

Memang di sana tidak ada hewan ternak seperti sapi. Tapi mereka tetap bisa menikmati es krim. Bahkan es krim itu mereka bikin sendiri, lho. Ya, mereka menggunakan lemak rusa dan juga minyak anjing laut untuk membuatnya.

Seperti apa, ya?

1 dari 2 halaman

Akutaq

Akutaq © Diadona

Ya, namanya adalah Akutaq. Melansir dari whatscookingamerica, bukan seperti es krim manis pada umumnya yang terbuat dari susu sapi, Akutaq adalah es krim yang secara tradisional terbuat dari lemak hewan yang hidup di kutub seperti lemak rusa, rusa besar, paus atau babi, yang kemudian dicampur dengan minyak anjing laut, salju segar, beberapa potongan beri, dan biasanya dicampur dengan daging ikan giling.

Akutaq atau Es Krim orang Eskimo ini telah dibuat oleh penduduk asli Alaska sejak lama. Akutaq sendiri biasanya disantap sebagai hidangan penutup, cemilan, atau selai. Bahkan, Akutaq telah menjadi hidangan umum di sebagian besar perayaan Alaska.

2 dari 2 halaman

Akutaq © Diadona

Akutaq biasanya dibuat setelah tangkapan pertama dari hewan buruan. Setelah itu, akutaq akan dibagikan ke anggota masyarakat dalam upacara khusus. Akutaq juga biasanya disajikan untuk acara pemakaman.

Selain itu, Akutaq juga hidangan yang selalu dibawa orang saat berburu sebagai bekal.

Akutaq © Diadona

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Beri Komentar