8 Tips Mengupas Telur dengan Mudah, Dijamin Mulus dan Tidak Mudah Hancur

Reporter : Arifina
Rabu, 8 November 2023 20:17
8 Tips Mengupas Telur dengan Mudah, Dijamin Mulus dan Tidak Mudah Hancur
Ikuti tips berikut, maka mengupas telur tak lagi sulit lho!

Tips mengupas telur dengan mudah bisa kamu terapkan untuk mendapati hasil telur yang cantik dan anti rusak. Tak jarang saat kita mengupas telur rentan hancur sehingga bagian kuning telurnya menjadi berantakan dan tidak menyatu dengan putih telur.

Dilansir dari yankes.kemkes.go.id, telur merupakan bahan pangan yang enak dan padat gizi. Telur memiliki sumber gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Satu butir telur mengandung sekitar protein, vitamin, hingga yodium. Kaya dengan vitamin A yang sangat baik untuk meningkatkan penglihatan, pertumbuhan sel dalam tubuh, hingga kulit yang sehat.

Meski cara mengupasnya terlihat mudah dan sederhana, namun banyak orang yang masih gagal saat melakukan pengupasan pada telur. Biasanya telur menjadi rusak, hancur, ataupun permukaan telur yang lubang-lubang.

Untuk mendapat hasil telur yang sempurna, berikut ini beberapa tips mengupas telur dengan mudah setelah direbus. Simak yuk!

1 dari 9 halaman

Jangan Pilih Telur yang Segar

Ilustrasi Telur © Diadona

Proses pemilihan telur harus diperhatikan untuk menghasilkan olahan telur yang baik. Walaupun tidak memakai telur yang segar, bukan berarti kamu  menggunakan telur yang busuk atau rusak ya!.

Dalam hal ini, maksud dari tidak memakai telur yang segar adalah telur yang langsung dari peternakan. Jika menggunakan telur dari peternakan terkadang kulit semakin sulit dilepas karena senyawa kimia tertentu yang kemungkinan masih menempel pada kulit telur.

Sebaiknya gunakan telur yang biasa dibeli di box karton pada supermarket. Telur yang segar atau datang dari peternakan lebih baik jika langsung digoreng saja tidak untuk direbus.

2 dari 9 halaman

Cuci Bersih Telur Sebelum Direbus

Sebelum direbus, sebaiknya telur dicuci bersih terlebih dahulu. Cara ini dapat menghilangkan lapisan pelindung alami yang biasa disebut kutikula pada permukaan telur.

Setelah telur dicuci, direbus dan dikupas, lapisan minyak mineral pada permukaan telur bisa langsung dimakan. Lapisan tersebut untuk mencegah bakteri yang kemungkinan akan menembus ke dalam cangkang telur dan berpotensi akan mencemari seluruh isi telur. Jadi, pastikan telur dicuci hingga bersih agar tetap aman saat akan dikonsumsi.

3 dari 9 halaman

Simpan Telur Pada Suhu Ruang

Jika telur diambil dari kulkas dengan suhu dingin, sebaiknya simpan telur terlebih dahulu di suhu ruang. Jangan langsung merebusnya jika telur baru saja dikeluarkan dari kulkas.

Kondisi telur pada suhu yang terlalu dingin dari kulkas akan dapat mempengaruhi tekstur telur rebus. Selain itu, telur akan mengalami perubahan suhu yang drastis dan terlalu cepat sehingga telur akan retak atau pecah saat dimasak. Dengan meletakkan telur di suhu ruang terlebih dahulu sebelum direbus akan memperlambat adaptasi suhu yang tinggi saat dimasak.

4 dari 9 halaman

Masukkan Telur Saat Air Mendidih

Tips Mengupas Telur dengan Mudah © Diadona

Pastikan air sudah benar-benar mendidih sebelum telur dimasukkan ke dalam air rebusan. Telur yang dimasukkan air rebusan mendidih akan lebih mudah untuk dikupas.

Namun, saat telur akan dimasukkan ke dalam air rebusan harus hati-hati. Biasanya telur mengalami retakan saat akan dimasukkan karena terkena uap atau suhu yang panas. Kulit telur yang cenderung tipis akan lebih mudah untuk retak bahkan pecah. Untuk meminimalisir hal tersebut, gunakan sendok saat akan memasukkan telur ke air rebusan.

5 dari 9 halaman

Perhatikan Durasi Waktu Merebus

Sesuaikan cara mengupas dengan durasi waktu yang digunakan saat merebus telur. Jika hasil telur yang setengah matang atau tekstur telur yang masih meleleh ketika dibelah maka waktu rebusnya sekitar 6 menit, pastikan juga kamu lebih berhati-hatilah saat mengupas.

Tekstur telur tersebut jika dikupas secara kasar, permukaan telur yang putih akan lebih mudah robek karena potongan-potongan kulit telur. Namun, jika telur direbus selama 10-15 menit akan menghasilkan telur yang sudah matang sempurna dan sepenuhnya. Hal ini meminimalisir resiko telur akan pecah atau rusak.

6 dari 9 halaman

Rendam di Air Dingin Setelah Direbus

Saat telur direbus, siapkan wadah atau panci lain berisi air dingin atau air es. Lalu, langsung masukkan telur ke dalam wadah berisi air es tersebut.

Air es akan membantu telur untuk mengeras pada bagian dalamnya sehingga tekstur telur akan lebih sempurna. Selain itu, cara ini akan membantu mendinginkan telur dan memisahkan lapisan dalam dari lapisan luar telur sehingga akan lebih mudah untuk dikupas.

7 dari 9 halaman

Kupas Telur di Dalam Air

Tips Mengupas Telur dengan Mudah © Diadona

Jika telur sudah cukup lama disimpan di dalam air es setelah direbus, sebaiknya kupas telur saat berada di dalam rendaman air es. Tahan dan kupas telur dengan perlahan di bawah air mengalir atau di dalam wadah air es.

Air akan lebih memudahkan mengupas kulit karena permukaan telur akan menjadi licin dan lembut sehingga kulit akan mudah lepas. Namun tetap berhati-hati saat mengupas telur di dalam air agar tidak merusak daging telur.

8 dari 9 halaman

Gulirkan Hingga Kulit Telur Retak

Cara lain yang bisa dicoba untuk mengupas telur selain di dalam air adalah dengan menggulirkan telur. Telur yang direbus matang sepenuhnya kemudian rendam dengan air dingin.

Setelah itu gulirkan secara perlahan telur di tempat yang datar dan mulus hingga kulit telur retak. Kulit telur yang retak setelah digulirkan akan lebih memudahkan saat mengupasnya.

Selain itu, cara lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan cara telur yang dikocok-kocok di dalam toples atau wadah tertutup dengan lembut dan perlahan hingga kulitnya retak lalu dikupas perlahan.

Perhatikan dan ikuti beberapa tips mengupas telur dengan mudah di atas  agar tidak hancur dan hasil akhir yang mulus. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharan

Beri Komentar