9 Tips Membuat Coklat Ganache, Super Lembut dan Berkilau Banget!

Reporter : Arifina
Selasa, 17 Oktober 2023 18:07
9 Tips Membuat Coklat Ganache, Super Lembut dan Berkilau Banget!
Membuat coklat ganache murah banget ternyata, yuk simak tips nya!

Tips membuat coklat ganache mungkin bisa membantumu agar tidak gagal lagi saat membuat lelehan cokelat untuk mempercantik hidangan kue. Coklat ganache merupakan campuran coklat dan segala jenis bahan cair, bisa krim atau susu yang dipanaskan secara bersamaan.

Olahan coklat satu ini biasa digunakan sebagai lapisan, hiasan, atau isian dalam berbagai hidangan manis seperti kue hingga pastry. Coklat ganache memiliki rasa yang manis, pahit, creamy, dan kental yang menjadi satu.

Rasa ganache dipengaruhi oleh jenis coklat yang digunakan dalam pembuatannya. Biasanya coklat yang digunakan untuk membuat ganache adalah dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate.

Cara membuat coklat ganache sebenarnya sangatlah mudah jika kalian tahu langkah-langkahnya dengan tepat. Berikut diadona.id rangkumkan tips membuat coklat ganache yang bisa kamu coba di rumah. Yuk simak!

1 dari 11 halaman

Pilih Jenis Coklat yang Tepat

Dark Chocolate © Diadona

Hal terpenting saat ingin membuat coklat ganache, kamu harus memilih bahan utamanya dengan cepat. Coklat yang digunakan akan mempengaruhi hasil akhir rasa, tekstur, serta kualitas coklat ganache yang dibuat.

Semakin baik kualitas coklat yang digunakan, maka akan semakin baik pula hasil ganache yang dibuat. Pilihlah coklat yang memiliki tekstur lebih halus.

Coklat ini akan terasa lezat karena terbuat dari biji kakao dan bahan yang lebih baik daripada coklat biasa. Coklat berkualitas juga memiliki rasa yang lebih kaya dan kompleks, serta rasa manis dan pahit yang seimbang. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsa agar kesegaran coklat tetap terjaga.

2 dari 11 halaman

Gunakan Heavy Cream

Secara umum, coklat ganache terbuat dari campuran coklat dan segala jenis bahan cair. Namun untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya gunakanlah campuran heavy cream.

Cara ini agar hasil coklat ganache lebih mengkilap karena kandungan lemak yang tinggi. Heavy cream cenderung memiliki sifat yang stabil saat dipanaskan sehingga tidak menggumpal atau pecah saat dipanaskan.

3 dari 11 halaman

Pastikan Jumlah Coklat yang Digunakan

Jumlah coklat dan cream yang akan digunakan untuk membuat ganache juga perlu diperhatikan. Perbandingan antara coklat dan krim untuk membuat ganache bervariasi, tergantung pada jenis ganache yang diinginkan.

Jika ingin menghasilkan ganache yang memiliki rasa kaya akan coklat dan kental, gunakan perbandingan 1:1 (1 bagian coklat: 1 bagian krim). Namun jika ingin menghasilkan ganache yang lebih cair dan ringan, gunakan perbandingan 1:2 (1 bagian coklat: 2 bagian krim).

Jumlah penggunaan coklat dan krim dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

4 dari 11 halaman

Iris Tipis Coklat

Tips Membuat Coklat Ganache © Diadona

Sebelum mulai memanaskan coklat, sebaiknya iris tipis-tipis terlebih dulu hingga tidak ada gumpalan yang tersisa. Mengiris tipis coklat akan mempermudah proses pelarutan dan pencampuran coklat.

Coklat yang tipis akan lebih cepat meleleh jika dipanaskan sehingga lebih mudah untuk dicampur dengan krim. Potongan coklat yang tipis juga akan menjadi lebih halus ketika dilelehkan dengan krim panas, sehingga dapat menghasilkan coklat ganache yang lebih halus dan lezat.

5 dari 11 halaman

Pakai Api Kecil

Coklat merupakan bahan yang sensitif terhadap panas dan memiliki sifat yang mudah meleleh jika terpapar panas yang berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan api kecil saat membuat coklat ganache.

Dengan menggunakan api kecil, suhu bisa terkontrol lebih baik dan dapat mencegah panas berlebihan yang dapat menyebabkan coklat meleleh dengan cepat atau bahkan gosong.

Selain itu, penggunaan api kecil juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan tekstur yang kasar pada coklat. Dengan api kecil, coklat bisa meleleh secara perlahan dan merata sehingga dapat menghasilkan coklat ganache yang sempurna.

6 dari 11 halaman

Aduk Adonan Hingga Rata dan Mengkilap

Mengaduk adonan merupakan langkah penting dalam pembuatan coklat ganache. Aduklah coklat dan krim bergerak dari bagian tengah ke arah pinggir. Hal ini akan membantu adonan menjadi tercampur secara merata.

Tujuan utama dari mengaduk coklat dan krim adalah untuk mencampurkan bahan-bahan dengan baik sehingga akan menghasilkan rasa yang seragam dan mencegah terjadinya gumpalan coklat yang tidak meleleh dengan baik. Mengaduk adonan juga dapat membantu aroma dan rasa dari coklat dan krim untuk menyatu.

7 dari 11 halaman

Tambah Mentega

Tips Membuat Coklat Ganache © Diadona

Selain dicampur dengan krim, kamu juga bisa menambahkan mentega pada saat membuat coklat ganache. Penambahan mentega ini agar rasa dan teksturnya lebih kaya.

Dengan menambahkan mentega, ganache akan memiliki tekstur yang lebih lembut dan kilauan yang menggoda. Selain itu, mentega juga dapat membantu menyeimbangkan rasa pada coklat ganache.

Tambahkanlah mentega secukupnya saja, jangan terlalu banyak. Masukkan mentega bersamaan dengan saat melelehkan coklat dan krim. Pastikan mentega tercampur dengan baik dan merata.

8 dari 11 halaman

Tambah White Chocolate

Menambahkan white chocolate dapat menciptakan varian rasa yang lebih manis dan creamy pada ganache. White chocolate memiliki tekstur yang lebih lembut daripada dark chocolate, sehingga jika ditambahkan pada adonan akan membuat tekstur ganache menjadi lebih lembut dan halus.

Penambahan bahan tersebut akan membuat hasil coklat ganache lebih kaya rasa yang menarik lho!

9 dari 11 halaman

Diamkan Adonan

Setelah tercampur rata, diamkan adonan coklat dan krim selama beberapa menit. Tidak perlu terlalu lama, cukup 10 menit saja agar adonan tidak terlalu keras.

Hal ini bertujuan untuk mencegah terbentuknya embun pada permukaan ganache yang disebabkan oleh perbedaan suhu antara coklat dan krim. Proses ini juga dapat membantu coklat ganache mencapai konsistensi yang diinginkan.

Setelah selesai didinginkan, coklat ganache dapat digunakan untuk pelapis kue, isian kue, atau hiasan kue.

 

10 dari 11 halaman

Itulah tadi beberapa tips membuat coklat ganache agar hasilnya lembut dan tidak gagal. Membuat coklat ganache kini menjadi lebih mudah dengan adanya tips di atas.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar