Serem Nih, Bola Mata Sapi Dijadiin Menu Soto di Madura, Berani Coba?

Reporter : Nasa
Kamis, 6 Februari 2020 11:22
Serem Nih, Bola Mata Sapi Dijadiin Menu Soto di Madura, Berani Coba?
Kebayang nggak sih ada bola mata sapi di mangkok soto yang mau kamu makan? Tertarik mencoba?

Pulau Madura emang nggak bakalan kehabisan hal-hal unik dan anti mainstream. Kali ini ada menu ekstrem nan unik dari dari Pulau tersebut, tepatnya di Burneh Kabupaten Bangkalan. Katanya sih letaknya nggak jauh sama jembatan Suramadu. Nah di sana ada satu warung yang menyajikan soto dengan bola mata sapi sebagai campurannya.

Soto bola mata sapi itu disajikan oleh warung yang sangat sederhana, yang mengajak pelanggannya untuk menikmati sajian dengan lesehan tapi tanpa meja. Masyarakat sekitar menyebut menu itu dengan soto mata sapi. Kuahnya terlihat seperti soto Madura pada umumnya yang menggunakan campuran kacang-kacangan.

Kuah soto mata sapi ini juga terlihat lebih kemerah-merahan. Karena menggunakan camburan bumbu cabe yang dihaluskan dan langsung dicampurkan sama kuah soto. Bumbu cabe itu juga lumrah sih ditemui pada menu soto yang ada di Bangkalan. Orang Madura emang dikenal suka banget sama menu makanan yang pedes-pedes ya.

1 dari 2 halaman

Soto Mata Sapi © Diadona

Biasanya soto mata sapi dihidangkan dengan beberapa irisan daging sapi, kemudian disajikan dengan irisan lontong dan juga perasan jeruk nipis. Katanya nih, soto mata sapi ini bakal terasa super nikmat kalau ditambahkan sambal pedas. Apalagi pas sotonya disajikan dalam kondisi hangat.

Setiap porsi soto mata sapi di warung tersebut dibanderol harga Rp 25.000, sedang soto dagingnya dihargai Rp 15.000 per porsinya. Jadi emang lebih mahal ya, karena kebayang kan gimana susahnya dapetin bola mata sapi. Karena setiap ekor sapi pasti lumrahnya hanya punya dua mata.

2 dari 2 halaman

Bola Mata Sapi © Diadona

Kalian jangan ngeri dulu ya, kalau dari testimoni mereka yang sudah pernah coba menu soto mata sapi ini punya cita rasa yang nikmat. Tentunya nggak kalah sama soto daging pada umumnya. Tekstur dari bola mata sapi katanya cenderung ulet dan kenyal. Jadi disarankan untuk memesan soto mata sapi dengan bola mata sapi yang sudah dipotong-potong.

Kalau dari Channel youtube Pulau Madura com yang memberikan review tentang soto mata sapi, rasa dari bola mata sapi nggak jauh beda dengan daging sapi. Cuman memang lebih ulet dan kenyal. Wihh udah kebayang gimana rasanya? Tunggu apa lagi, langsung agendakan untuk mengunjungi warung sederhana di Bangkalan Madura ini ya. Jangan lupa ajak juga teman-temanmu.

Beri Komentar