Sederhana dan Mudah Dibuat di Rumah, Ini Lho Sederet Manfaat Air Tahu Buat Kesehatan

Reporter : Wuri Anggarini
Kamis, 13 Februari 2020 12:00
Sederhana dan Mudah Dibuat di Rumah, Ini Lho Sederet Manfaat Air Tahu Buat Kesehatan
Populer dipilih oleh mereka yang sedang mengikuti pola makan vegan atau lactose-intolerance, nutrisinya tak kalah lengkap dengan susu sapi.

Kalau mendengar air tahu, nggak sedikit yang berpikir jika minuman itu terbuat dari air rendaman tahu. Padahal air tahu merupakan sebutan lain untuk sari kedelai atau lebih ngetop dengan istilah susu kedelai. Populer dipilih oleh mereka yang sedang mengikuti pola makan vegan atau lactose-intolerance, nutrisinya tak kalah lengkap dengan susu sapi.

1 dari 10 halaman

Cara Membuat Air Tahu di Rumah

©Shutterstock © Diadona

Bisa dengan mudah ditemukan di pasaran, susu kedelai atau air tahu juga bisa dibuat sendiri di rumah untuk menjaga kemurniannya. Pertama, cuci bersih kacang kedelai lalu rendam dengan air selama 8 jam.

Cuci lagi dan buang kulitnya lalu blender dengan tambahan air. Saring dengan kain katun bersih dan rebus di atas api sedang. Jangan lupa tambahkan gula pasir dan daun pandan, aduk terus hingga mendidih. Saring kembali dan siap disajikan.

2 dari 10 halaman

Sajikan dengan Rasa Favorit

©Shutterstock © Diadona

Dapat juga dikonsumsi oleh anak-anak untuk mendapatkan manfaat air tahu, bisa juga membuatnya dalam berbagai rasa, seperti coklat atau buah favorit seperti strawberry. Cukup sediakan bahan tambahan seperti coklat bubuk dan kayu manis untuk membuat susu kedelai rasa coklat dan esens strawberry dan pewarna makanan untuk susu kedelai rasa strawberry.

Saat merebus susu kedelai, masukkan gula, daun pandan dan kayu manis. Aduk lalu masukkan coklat bubuk dan masak hingga mendidih. Saring dengan kain katun bersih sebelum disajikan baik kondisi hangat maupun dingin.

Begitu juga saat membuat susu kedelai dengan citarasa strawberry, tinggal ganti coklat bubuk dengan esens strawberry dan pewarna makanan, lalu aduk hingga tercampur merata. Masak hingga mendidih dan biarkan dingin sebelum menyaringnya menggunakan kain bersih.

Mudah dibuat sendiri di rumah untuk konsumsi sehari-hari, manfaat air tahu nggak bisa dianggap remeh. Dalam satu cangkir susu kedelai organik tanpa pemanis, terdapat 80 kalori, 4 gram lemak, 3 gram karbohidrat, 7 gram protein dan 2 gram serat. Baik buat kesehatan, simak satu per satu khasiatnya bagi kesehatan.

3 dari 10 halaman

Menurunkan Berat Badan

©Shutterstock © Diadona

Secara alami, susu kedelai mengandung gula lebih sedikit ketimbang susu sapi. Per cangkir, susu sapi memiliki 12 gram gula, sedangkan susu kedelai kurang lebih setengahnya atau 7 gram. Nggak heran jika susu kedelai lebih rendah kalori, sehingga cocok dikonsumsi saat sedang menjalani program penurunan berat badan.

Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai juga dapat menghambat penyerapan lemak pada usus sekaligus memberikan ekstra serat. Lebih kenyang untuk waktu yang lebih lama, coba konsumsi air tahu atau susu kedelai sebagai pengganti susu sapi yang punya kalori lebih tinggi.

4 dari 10 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Kedelai merupakan salah satu bahan nabati yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyakit jantung. Berbeda dengan susu sapi yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, susu kedelai sebagian besar mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda, serta nol kolesterol.

Hal ini juga disebut-sebut sebagai salah satu manfaat air tahu yang baik bagi kesehatan tubuh, terutama yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung. Kandungan asam amino dan isoflavon dari protein kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Jika dikonsumsi secara teratur, asupan kedelai dapat secara signifikan menurunkan kadar trigliserida sekaligus menghambat transportasi kolesterol ke dalam aliran darah.

5 dari 10 halaman

Menyehatkan Kulit

©Shutterstock © Diadona

Banyak yang menghindari konsumsi produk susu sapi karena bisa berdampak kurang baik buat kecantikan, salah satunya memicu jerawat. Beralih saja ke manfaat air tahu yang dapat menyembuhkan masalah kulit. Bukan hanya jerawat, tapi juga kulit kering hingga penuaan dini.

Protein dalam susu kedelai dapat membantu menjaga jaringan kulit tetap lembap dan meningkatkan elastisitasnya. Hasilnya, konsumsi susu kedelai secara rutin menjaga kulit tetap kencang, lembap dan glowing alami.

6 dari 10 halaman

Jauhkan Rambut dari Kerusakan

Protein merupakan elemen penting bagi kesehatan dan kekuaran rambut. Konsumsi sumber protein seperti susu kedelai merawat rambut dari dalam dengan membantunya tumbuh lebih kuat dan sehat. Selain mencegah kerusakan rambut, protein juga memperbaiki rambut rusak misalnya ujung rambut yang bercabang.

Selain disarankan untuk memangkas ujung rambut dan menggunakan produk yang mengandung protein, manfaat air tahu membantu mendukung perbaikan rambut dari dalam. Bukan hanya bikin rambut jadi terasa lebih lembut dan berkilau, konsumsi makanan atau minuman kaya protein juga dapat memicu pertumbuhan rambut, tanpa takut rontok atau menipis.

7 dari 10 halaman

Tulang yang Lebih Kuat

©Shutterstock © Diadona

Banyak orang yang ragu menjajal gaya hidup vegan, salah satunya takut tubuh kekurangan asupan kalsium harian, yang biasanya didapat dari produk susu dan olahannya. Alternatifnya, penuhi kebutuhan kalsium setiap hari dengan manfaat air tahu. Kandungan kalsium di dalamnya meningkatkan kesehatan tulang dengan menjaga strukturnya tetap utuh. Hasilnya, risiko patah tulang berkurang.

Konsumsi susu kedelai juga jadi pilihan tepat bagi pencegahan osteoporosis bagi perempuan pasca menopause. Rendah lemak dan kalori, susu kedelai bukan hanya akan menjaga kesehatan jantung tapi juga menjaga kepadatan tulang.

8 dari 10 halaman

Pemulihan setelah Berolahraga

Demi mendapatkan body goal, nggak sedikit yang rela bekerja keras di gym untuk membakar kalori dan lemak berlebih. Namun, pemulihan energi yang tepat wajib dilakukan agar tubuh nggak terasa lemas sehingga dapat terus beraktivitas.

Jika kamu termasuk seorang vegan atau alergi produk susu, manfaat air tahu bisa dijadikan cara yang sempurna untuk memastikan pemulihan yang baik setelah berolahraga. Riboflavin dalam susu kedelai dapat membantu mengembalikan semua energi yang hilang setelah beraktivitas fisik.

9 dari 10 halaman

Memperbaiki Mood

©Shutterstock © Diadona

Sedang mencari minuman tepat untuk memperbaiki mood yang berantakan di akhir minggu? Coba pesan soy latte ketimbang memadukan minuman kopi dengan susu sapi. Susu kedelai dipercaya mampu meningkatkan mood, berkat kandungan vitamin B6 dan vitamin B kompleks di dalamnya. Selain itu, susu kedelai kaya akan magnesium yang melepaskan hormon serotonin dalam tubuh, sebagai antidepresan.

10 dari 10 halaman

Memiliki Efek Antioksidan

Efek antioksidan isoflavon kedelai dapat bermanfaat melawan penyakit kronis tertentu. Manfaat air tahu memiliki sifat hepatoprotektif yang membantu mengurangi stres oksidatif yang memicu kerusakan hati. temuan lainnya, sifat antioksidan dalam susu kedelai dapat membantu mengurangi gejala-gejala menopause pada perempuan.

Manfaat air tahu bagi kesehatan memang cukup lengkap, tapi sebaiknya ikuti rekomendasi American Institute for Cancer Research (AICR) tentang banyaknya konsumsi kedelai. Setiap hari, masih diperbolehkan makan satu atau dua porsi kedelai utuh, termasuk susu kedelai.

Misalnya jika berencana untuk memasak tumis tahu untuk makan malam, masih bisa kok memasukkan 1 cangkir susu kedelai ke dalam smoothie pagi. AICR mencatat jika konsumsi susu kedelai hingga tiga porsi sehari masih terbukti aman.

Baik membelinya di pasaran atau membuatnya sendiri di rumah, siapa sangka manfaat air tahu alias susu kedelai bukan hanya baik bagi kesehatan tubuh, tapi juga kecantikan, bahkan mood-mu. Yuk, konsumsi sekarang juga! (eth)

Beri Komentar