Rp 95 ribu per Buah, Apel Hitam Ini Hanya Tumbuh Subur di Tibet

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 20 Februari 2020 06:00
Rp 95 ribu per Buah, Apel Hitam Ini Hanya Tumbuh Subur di Tibet
Kalau apel biasanya berwarna merah, berbeda dengan Black Diamond Apple yang cenderung berwarna hitam gelap.

Siapa sih yang nggak mengenal buah ini? Biasanya apel sangat dominan dengan warna merah ataupun hijau. Namun berbeda dengan apel langka ini. Namanya, Black Diamond Apple. Sesuai namanya, apel ini bagaikan permata hitam.

Bagaimana buah ini bisa berwarna hitam? Yuk kita simak.

1 dari 2 halaman

Sebenarnya, warna ini diperoleh karena faktor geografis di Nyingchi, Tibet bersuhu rendah. Perbedaan suhu yang sangat signifikan antara siang dan malam, menjadikan tanaman apel ini mendapat sinar matahari dan ultraviolet yang melimpah. Sinar ini menyebabkan kulit apel berubah menjadi merah gelap keungu-unguan bahkan mendekati hitam.

Untuk memperoleh warna hitam ini siendiri ternyata membutuhkan waktu yang nggak sebentar lho. Bahkan untuk mendapat warna ini perlu waktu sekitar 8 tahun. Keunikan ini menyebabkan buah hitam hanya dijual di supermarket kelas atas di beberapa kota di Cina. Dilansir dari beberapa sumber, apel ini hanya dijual di supermarket kelas di kota Beijing, Shanghai, Guangzhou, dan Shenzen.

 

2 dari 2 halaman

Harganya sendiri nggak main-main, lho. Kalau biasanya apel dijual dengan harga Rp 25 ribu per kilogramnya, apel hitam ini dijual dengan harga 50 yuan atau sekitar Rp 95 ribu rupiah. Cukup mahal, ya. Mau coba?

 

Beri Komentar