Resep Cara Membuat Telur Gulung Sosis Papeda juga Didadar Sederhana Khas Korea

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 27 Januari 2020 20:37
Resep Cara Membuat Telur Gulung Sosis  Papeda juga Didadar Sederhana Khas Korea
Olahan telur gulung menjadi andalan jika kamu ingin memasak dengan cara yang praktis. Telur gulung juga disukai semua kalangan terutama anak-anak, Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sih yang nggak suka olahan telur gulung yang super nagih dan disukai semua kalangan? Telur gulung belakangan ini menjadi banyak digandrungi karena rasanya yang nikmat jika dimakan langsung dengan keadaan hangat dari proses penggorengannya. Dengan dicocol pada saus pedas akan semakin menambah rasa gurih pada camilan ini.

Jika biasanya kamu membeli olahan telur gulung yang termasuk dalam jajanan camilan ini, maka nggak ada salahnya kamu membuat telur gulung sendiri di rumah. Cara membuat telur gulung cukup sederhan kok. Yuk langsung saja simak proses pembuatannya dalam resep yang bisa kamu simak di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Papeda Telur Gulung

      View this post on Instagram

Yuk @berbagiresep camilan enak Papeda / telur puyuh gulung / cilung Oleh @nanaardiyanti Kepingin banget makanan anak Sekolahan berhubung dekat rumah yg jualan tutup terus lebih baik buat sendiri lbh murah meriah dan proses masaknya dg cinta hahahah, serta pakai telur biasa klo pakai telur puyuh pertama mahal kedua kolestrolx tinggi jd pakai telur ayam aja hemat hahahahah (310716) Papeda / telur puyuh gulung / cilung Bahan A 130g T.Kanji 30g T.beras 30g T.terigu 1sdt garam 1/2sdt lada bubuk 1sdt roico ayam 400ml air Bahan B 3 butir telur / telur puyuh sesuka hati 1/2sdt roico / garam Bahan C Bon cabe Bubuk balado, keju, pedas sesuai selera Bisa pakai cocolan saos saja Tusuk sate Cara buat * campur semua bahan A kocok rata pakai whisk * di tempat terpisah mangkok kocok bahan B * siapkan teflon di usahakan pakai api kecil sekali * minyak sedikit biar teflon tdk lengket * pertama tama masukan telur 2sdm di tengah agak setengah kering trs masukan bahan A pakai centong sayur buat dadar, masukan bahan C sesuai selera kalau sudah matang gulung siap dihidangkan ?Kalau saya makai serundeng dan cocolan saos saja? #Reseppapeda papeda #berbagiresep_papeda #cilung #resepcilung

A post shared by Berbagi Resep (@berbagiresep) on

Olahan telur gulung pertama yang bisa kamu buat di rumah adalah papeda telur. Bahan yang digunakan selain telur adalah beberapa tepung dan bumbu seperti lada dan kaldu bubuk. Daripada penasaran, yuk simak langsung resep cara membuat telur gulung papeda di bawah ini.

Bahan:
Bahan A:

- 130 gram tepung kanji
- 30 gram tepung beras
- 30 gram tepung terigu
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1 sdt kaldu bubuk ayam
- 400 ml air

Bahan B:

- 3 butir telur/telur puyuh sesuka hati
- 1/2 sdt kaldu bubuk/garam

Bahan C:

- Bon cabe
- Bubuk balado, keju, pedas sesuai selera
- Tusuk sate

Cara membuat telur gulung papeda:

  1. Campur semua bahan A kemudian kocok rata menggunakan whisk. Lakuakan hal yang sama untuk bahan B pada wadah yang berbeda. Siapkan teflon dan gunakan api kecil. Tambahkan sedikit minyak pada teflon agar didak lengket.
  2. Masukkan telur 2 sdm di tengah agak setengah kering kemudian masukan bahan A menggunakan centong sayur buat dadar. Masukan bahan C sesuai selera kalau sudah matang gulung dan siap dihidangkan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Telur Gulung Korea

Ilustrasi Telur Gulung © Diadona

Jika kamu termasuk golongan orang yang memilkiki rutinitas kerja dan mobilitas tinggi, maka menu masakan ini cocok untuk kamu buat di rumah. Cara pembuatannya yang praktis menjadikan olahan telur gulung khas korea ini menjadi pilihan menu sarapan. Yuk simak resep cara membuat telur gulung ala Korea di bawah ini.

Bahan:

- 3 butir telur, bisa telur ayam atau telur bebek
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt kaldu jamur, bisa diganti keju
- 2 batang daun prei, rajang halus
- 1 buah wortel potong kotak-kotak kecil, bisa direbus terlebih dahulu
- 1 buah sosis ayam/sapi, potong kotak-kotak kecil
- 1 buah tomat ukuran kecil, buang bijinya dan iris kotak


Cara membuat telur gulung Korea:

  1. Siapkan bahan dan kocok telur bersama garam dan penyedap. Panaskan teflon dengan api kecil, tambahkan minyak goreng sedikit saja. Masukkan 1/4 adonan telur kocok. Ratakan membentuk lingkaran dengan cara memutar teflon.
  2. Taburkan wortel dan sedikit bawang prei. Gulung telur setelah bagian bawahnya mulai kokoh (jangan terlalu kering). Gunakan bantuan 2 spatula kayu saat menggulung supaya telur tidak robek.
  3. Bawa gulungan telur tadi ke pinggir teflon, kemudian tuang kembali adonan telur kocok. Taburi sosis dan bawang prei. Gulungkan telur gulung pertama, lakukan searah agar hasil lebih rapi.
  4. Pinggirkan lagi gulungan telur. Tuang kembali adonan telur kocok. Taburi dengan tomat dan bawang prei. Gulung lagi telurnya dan sisihkan di pinggir. Tuang adonan kocokan telur terakhir dan gulung lagi.
  5. Balik telur hingga semua permukaannya agak kecoklatan dan matang merata. Setelah dingin, potong telur dan sajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Telur Gulung Sosis

Ilustrasi Telur Gulung © Diadona

Telur gulung yang dibuat dengan mudah juga bisa kamu kreasikan dengan bahan tambahan sosis. Rasa telur gulung yang gurih akan semakin nikmat dengan tambahan sosis dengan aroma daging yang khas. Langsung saja simak resep cara membuat telur gulung dengan sosis di bawah ini.

Bahan:

- 4 butir telur
- 90 ml air
- 1 blok kaldu ayam
- 1 sdt garam
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1/2 sdt lada bubuk
2- 4 tusuk sate, salah satu ujungnya diserut lebih kecil
- 3 buah sosis
(potong sosis menjadi dua, masing-masing potongan belah empat, jadi 1 sosis bisa dapat 8 potong, total 24 potong)
minyak goreng secukupnya

Cara membuat telur gulung sosis:

  1. Tusukkan potongan sosis pada tusukan sate. Masukkan semua sisa bahan ke dalam wadah yang berujung lancip (atau bercorong). Kocok hingga rata.
  2. Panaskan minyak dalam penggorengan, kemudian celupkan 1/2 batang tusuk sate dengan tetap dipegang, diamkan sebentar hingga sosis matang. Dengan posisi tusuk sate masih terendam di minyak, tuang kocokan telur secukupnya sambil diaduk-aduk dengan arah melingkar menggunakan tusuk sate.
  3. Gulung secepatnya ke pinggir rantang untuk membantu telur tergulung dengan rapi. Setelah berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Lakukan hinjgga semua adonan habis. Sajikan dengan saus sesuai selera.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Telur Dadar Gulung

Ilustrasi Telur Gulung © Diadona

Jika kamu biasanya membuat telur dadar dengan polosan dan hanya dilipat menjadi dua, maka kamu perlu membuat variasi telur dadar dengan cara digulung. Simak resep cara membuat telur gulung dadar selengkapnya telah Diadona rangkum di bawah ini. 

Bahan:

- 3 butir telur
- 1 sdm susu
- 1 sdm wortel potong kecil dadu
- 1 sdm bawang potong kecil dadu
- 1 sdm bawang preh
- Garam secukupnya
- Merica secukupnya

Cara membuat telur gulung dadar:

  1. Kocok telur dan saring dari kolesterolnya. Ini akan membuat tekstur dadar jadi lebih bagus. Masukkan susu, bawang, wortel, garam dan merica. Kemudian aduk hingga rata.
  2. Masak sebanyak 1 bagian dulu, kemudian gulung hingga separuhnya. Kemudian masak bagian kedua, dan gulung kembali. Begitu seterusnya hingga adonan habis dan telur menjadi satu gulungan matang. Selesai, sajikan selagi hangat.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Sate Telur Gulung

Ilustrasi Telur Gulung © Diadona

Sate telur gulung merupakan olahan telur yang digulung dalam tusuk sate. Tusuk sate ini akan mempermudah kamu dalam menyantap gulungan telur dengan berbagai saus bumbu yang pilih sesuai selera. Yuk langsung saja simak resep selenghkapnya cara membuat telur gulung sate di bawah ini.

Bahan:

- 2 butir telur
- 50 ml air
- 1 sdm tepung maizena, larutkan dalam air
- Garam, lada, dan kaldu bubuk secukupnya
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat telur gulung sate:

  1. Kocok dua butir telur hingga tercampur. Tambahkan garam, lada, dan kaldu bubuk secukupnya. Masukkan maizena cair dan kocok lagi sampai rata. Tambahkan sedikit air dan kocok lagi.
  2. Panaskan minyak goreng. Masukkan tusuk sate dulu dalam minyak setelah itu tuang telur. Tarik telur dengan tusuk sate ke pinggir wajan dan gulung. Angkat dan ulangi terus proses ini hingga telur habis.

Demikian beberapa resep cara membuat telur gulung yang bisa kamu buat seniri di rumah. Bagaimana pengalaman kamu menikmati jajanan telur gulung selama ini? Bagi pengalaman kamu menikmati jajanan telur gulung yang murah meriah ini di kolom komentar ya!

Beri Komentar