Resep Cara Membuat Sushi Roll Sederhana Rumahan yang Dibuat Tanpa Nori

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 29 Januari 2020 14:19
Resep Cara Membuat Sushi Roll Sederhana  Rumahan yang Dibuat Tanpa Nori
Sushi merupakan makanan khas Jepang dengan bahan dasar nasi dengan tambahan bumbu gula, garam dan cuka dengan tambahan isian ikan dengan luaran nori. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Salah satu makanan Jepang yang disukai oleh hampir semua kalangang adalah sushi. Bahan utama pembuatan sushi adalah nasi yang diberi tambahan bahan bumbu diantaranya gula, garam, dan cuka beras. Proses selanjutnya adalah nasi yang dikepal atau digulung dengan isian ikan dan bahan laainnya.

DIlansir dari Liputan6, sushi memiliki banyak varian diantaranya sushi roll, sushi tuna, sushi avocado, ikura gukan sushi, maguro nigiri, kappa maki, sake nigiri sushi, taro sushi, uni sushi, amaebi sushi, ebi nigiri, tamago yaki sushi, dan masih banyak lagi varian lainnya.

Saat kamu pertama kali memakan sushi mungkin terkesan aneh di lidah, apalagi kamu memakan sishi dengan varian ikan mentah. Tetapi, jika kamu memang pecinbta masakan Jepang ini, kamu akan menikmati sensasi sushi yang fresh dan dengan bumbu khasnya.

Kamu tentunya bisa membuat olahan sushi ini di rumah. Daripada penasaran, langsung saja simak resep cara membuat sushi yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Sushi Sederhana

Ilustrasi Sushi © Diadona

Cara membuat sushi terbilang mudah. Jika kamu sudah menyiapkan nasi yang telah dibumbui gula, garam, dan cuka serta isian yang kamu inginkan, maka dengan dasaran nori dan nasi yang digulung dengan isian sudah jadi satu gulungan sushi sederhana ala rumahan. Lebih lengkapnya kamu bisa simak resep cara membuat sushi sederhana di bawah ini.

Bahan:
Bahan untuk nasi sushi:

- 200 gram Beras
- 20 ml cuka beras atau cuka apel
- 1/2 sdm gula
- 1/2 sdt garam

Cara membuat nasi untuk sushi:

  1. Cuci beras hingga bersih seperti mencuci beras pada umumnya. Masak nasi seperti memasak nasi pada umumnya.
  2. Setelah nasi matang pindahkan nasi ke dalam wadah atau baskom. Masukkan cuka, gula dan juga garam, kemudian aduk hingga merata.
  3. Kipas-kipas nasi agar uap dari nasi tersebut cepat menghilang kurang lebih sekitar 15 menit. Setelah nasi mendingin, nasi pun siap digunakan.


Bahan isian:

- Nori (rumput laut kering) berbentuk lembaran
- 1 buah mentimun Jepang, buang bijinya potong memanjang
- 2 butir telur, dikocok dan dimasak menjadi telur dadar, potong memanjang
- 1 buah alpukat atau secukupnya
- Crab stik secukupnya

Bahan pelengkap dan alat:

- Pasta wasabi
- Shoyu (kecap asin)
- Acar jahe
- Mayonaise
- Penggulung sushi

Cara membuat sushi sederhana:

  1. Siapkan penggulungan sushi. Taruh lembaran nori di atas penggulangan. Bagian mengkilap dari nori ditaruh menghadap ke bawah.
  2. Taruh nasi di atas nori dan ratakan hingga setengah dari lembaran nori. Susun bahan-bahan isian yang telah disiapkan sebelumnya.
  3. Gulung sushi hingga nasi menjadi padat. Agar lembaran norinya menempel, kamu bisa mengoleskan sedikit air pada ujung lembaran nori tersebut.
  4. Potong sushi menggunakan pisau tajam, umumnya 1 gulungan nasi sushi dapat dibagi menjadi 6 hingga 8 potong atau sekitar 1,5 cm perpotongnya. Sushi siap disajikan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Sushi Roll

Ilustrasi Sushi © Diadona

Banyak sekali variasi sushi yang bisa kamu con=ba untuk dibuat di rumah. Salah satu sushi yang yang gampang dibuat adalah sushi roll ini. Yuk langsung saja simak resep cara membuat sushi roll yang telah Diadona rangkum di bawah ini.

Bahan:

- 2 genggam beras
- 2 genggam beras ketan
- 2 lembar nori/rumput laut
- 1 sendok makan kecap asing
- 1 sendok makan cuka beras
- 1 butir telur
- 1 buah timun
- 1/2 wortel
- 1 sosis bratwurst ukuran sedang
- 1 siung bawang putih cincang
- Mayones secukupnya
- Garam secukupnya

Cara membuat sushi roll:

  1. Siapkan penanak nasi. Masak terlebih dahulu nasi sushinya dengan mencampurkan beras biasa dan beras ketan dengan air sekitar 250 ml.
  2. Gunakan api kecil dan masak nasi hingga setengah matang. Selama menunggu, potong bahan timun, wortel, dan sosis, dengan potongan memanjang.
  3. Jika nasi sudah setengah matang, kukus kembali nasi bersama dengan sosis dan wortel yang sudah dipotong. Biarkan hingga nasi matang dan pulen, pindahkan dalam wadah lain.
  4. Tambahkan kecap asin dan cuka beras, aduk rata. Goreng bawang putih hingga kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  5. Goreng telur dadar lalu tambahkan garam dan lada. Potong telur dadar dengan memanjang. Siapkan penggulung sushi, atau bisa juga dengan plastik segi empat.
  6. Letakkan nori di paling bawah. Selanjutnya nasi, ratakan di atas nori. Susun sosis, wortel, dan telur di atasnya.
  7. Taburkan bawang putih goreng. Tambahkan mayones. Gulung sushi dengan memberikan sedikit tekanan agar padat. Potong seukuran 1,5 cm dengan pisau tajam. Sushi roll siap dihidangkan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Sushi Rumahan

      View this post on Instagram

Yuk @berbagiresep masakan lezat SIMPLE SUSHI ROLL Oleh @jessika_goh Bekal Skul hari ini... Simpel Gak Ribet... Sekali bikin 8 potong Langsung Di Hap... Tinggal Kotaknya... Bikinnya Gak Usah Pake Resep Resepan... isinya juga sesuai selera... kalau mau nyontek tinggal lihat fotonya atau dibawah ini ? SIMPLE SUSHI ROLL BAHAN ???? Nasi putih (sy gak campurin apa2... kalau mau mirip sushi2 yg di resto tinggal tambahin cuka apel plus gula aduk hingga rata) ???? 1 lbr nori ???? 1 bh timun potong panjang, buang bijinya ???? 2 ptg imitation crabstick di tumis dgn sedikit mentega ???? Abon ayam/ sapi/ ???? CARA Taruh nasi diatas nori. Susun semua bahan2nya. Gulung sambil dipadatkan. Potong menjadi 8 bagian. Sajikan dengan cocolan yang disukai. Selesai. #Resepsushi #berbagiresep_sushi

A post shared by Berbagi Resep (@berbagiresep) on

Jika kamu ingin membuat sushi dengan bahan seadanya di rumah, maka kamu wajib membaca resep di bawah ini. Simak cara membuat sushi mudah rumahan yang tentunya bisa kamu praktikkan sendiri. Selamat mencoba!

Bahan:

- Nasi putih ( bisa ditambahin cuka apel dan gula aduk hingga rata)
- 1 lembar nori
- 1 buah timun potong panjang, buang bijinya
- 2 potong imitation crabstick di tumis dengan sedikit mentega
- Abon ayam atau sapi

Cara membuat sushi rumahan:

Taruh nasi diatas nori. Susun semua bahan-bahannya. Gulung nasi sembari dipadatkan. Potong menjadi 8 bagian. Sajikan dengan cocolan saus yang disukai.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Nasi Sushi

Salah satu rahasia dalam membuat sushi adalah nasi yang kamu gunakan. Yap dibawah ini telah Diadona rangkum cara membuat nasi untuk sushi agar mudah digulung serta memberikan hasil akhir rasa sushi yang nikmat. 

Bahan:

- 1 kg beras rojolele
- 200 gram beras ketan
- 1350 ml air

Bahan saus cuka:

- 250 ml cuka beras
- 200 gram gula putih
- 10 gram garam

Cara membuat nasi sushi:

  1. Cuci beras secara bersama sama antara beras dan ketan sampai bersih dan putih, lalu rendam selama 30 menit.
  2. Sambil menunggu beras di rendam, panaskan cuka, masukan gula dan garam. Aduk hingga gula dan garam larut lalu dinginkan.
  3. Masak beras dengan campuran air. Setelah nasi sudah masak, masukan kedalam tempat yang memadai untuk mencampur nasi dengan cuka.
  4. Campurkan saus cuka yang sudah dingin dengan nasi sambil di aduk pelan sampai rata. Tunggu hingga sedikit dingin dan nasi sushi siap digunakan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Sushi Tanpa Nori

Ilustrasi Sushi © Diadona

Cara membuat sushi bisa dikatakan anti ribet. Jika kamu tidak memiliki nori di rumah, maka kamu juga bisa membuat sushi ini tanpa nori sekali pun. Yap, langsung saja simak resep mudah cara membuat sushi tanpa menggunkan nori di bawah ini.

Bahan:

- 100 gram beras yang pulen
- 50 gram beras ketan
- 4 lembar plastik atau kertas minyak
- 4 buah sosis
- 8 buah stik kentang
- 4 buah nugget
- 3 butir telur ayam yang sudah didadar
- 1 buah wortel ukuran sedang
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdt garam
- 3 sdm air matang
- Cuka secukupnya

Cara membuat sushi tanpa nori:

  1. Buat isiannya terlebih dahulu dengan merebus wortel hingga matang, potong memanjang telur yang sudah didadar. Goreng nuget dan jangan lupa stik kentang dan sosisnya juga digoreng.
  2. Aron nasi sebentar kemudian dikukus hingga nasinya matang. Campurkan larutan gula, garam, cuka dan tiga sendok makan air matang ke dalam nasi yang telah dikukus.
  3. Siapkan satu lembar plastik atau kertas minyak dan tambahkan nasi diatas plastik atau kertas minyak nya. Ratakan nasinya sampai ketebalannya kira-kira sekitar 0,5 cm.
  4. Tambahkan sosis, telur dadar, stik kentang, wortel dan bahan isian lainnya di atas nasi. Letakkan isiannya dengan rapi untuk memudahkan proses menggulung.
  5. Gulung dengan hati-hati sambil sedikit ditekan supaya bentuknya bagus. Terakhir, potong-potong sushi yang telah digulung. Sushi siap disajikan.

Demikian beberapa resep cara membuat sushi yang telah Diadona rangkum. Jika kamu penggemar setia masakan Jepang, maka kamu harus wajib mencoba mempraktikkan resep ini di rumah. Bagaimana dengan pengalaman bersantap kamu dengan olahan Jepang ini? Share jawaban kamu pada kolom komentar ya!

Beri Komentar