Resep Cara Membuat Roti Maryam Coklat Sederhana yang Lembut dan Enak Khas Arab

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 23 Januari 2020 21:09
Resep Cara Membuat Roti Maryam Coklat Sederhana yang Lembut dan Enak Khas Arab
Cuaca hujan dan dingin seperti saat ini sangat cocok jika ditemani dengan kudapan roti maryam. Kamu tentunya bisa membuatnya sendiri di rumah dengan melihat resep di bawah ini.

Roti maryam merupakan salah satu kudapan khas dari timur tengah. Roti maryam atau yang dikenal juga sebagai kue canai / cane merupakan salah satu jenis roti yang dibuat dengan cara dipipihkan dan tidak menggunakan bahan pengembang. Roti ini cukup terkenal di Indonesia karena memiliki rasa manis dan lembut yang khas.

Kamu tentunya bisa membuat roti maryam ini di rumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung saja simak resep cara membuat roti maryam yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Maryam Coklat

Ilustrasi Roti Maryam © Diadona

Salah satu bahan yang bisa dijadikan campuran kudapan roti maryam ini adalah coklat. Kamu bisa menambahkan bahan meses dalam proses pembuatannya. Yuk langsung saja simak resep cara membuat roti maryam coklat di bawah ini.

Bahan kering:

- 300 gram tepung protein tinggi
- 10 gram susu bubuk
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm gula halus

Bahan basah:

- 1 butir telur uk. sedang
- 50 gram minyak
- 150 ml air hangat

Bahan tambahan:

- Mentega
- Meses
- Minyak

Cara membuat roti maryam coklat:

  1. Campurkan semua bahan basah ke dalam campuran bahan kering. Aduk rata hingga tidak lengket di tangan dan permukaannya licin.
  2. Timbang dan bagi rata menjadi 8 bulatan. Rendam bulatan dalam minyak selama 1-2 jam. Jika dibiarkan dalam minyak hingga 8 jam maka adonan akan semakin elastis.
  3. Ratakan adonan hingga tipis. Oleskan mentega merata pada semua permukaan dan tabur meises. Gulung adonan dari kedua sisi hingga membentuk huruf S lalu angkat salah satu gulungan, timpa gulungan yang satu diatas gulungan lainnya.
  4. Ratakan bulatan dan diamkan selama 10 menit. Panggang di atas teflon anti lengket dengan api kecil. Roti maryam coklat siap disajikan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Maryam yang Lembut

Ilustrasi Roti Maryam © Diadona

Sensasi yang ditunggu saat menikmati roti maryam adalah tektur lembut saat masuk di lidah. Tentunya kamu juga bisa membuat roti maryam yang lembut ini di rumah. Langsung saja simak resep cara membuat roti maryam selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

- 250 gram tepung terigu serbaguna
- 100 ml susu cair
- 1 butir telur
- 5 sdm margarin yang dicairkan
- 5 sdm minyak goreng
- 1/2 sdt garam
- Air secukupnya

Cara membuat roti maryam yang lembut:

  1. Campurkan bahan susu cair, telur, margarin cair, minyak goreng, garam dan 100 ml air. Aduk menggunakan garpu atau whisk hingga semua bahan tercampur merata. Masukkan tepung terigu dan aduk rata.
  2. Uleni menggunakan tangan hingga adonan kalis dan tidak lengket sambil ditambah air sedikit demi sedikit untuk menyelsuaikan tekstur adonan. Adonan yang diinginkan adalah bertekstur lembek namun tidak bisa dituang, mudah dibentuk dan elastis.
  3. Diamkan adonan kurang lebih selama 1 jam. Tutuplah adonan menggunakan serbet bersih yang dibasahi atau menggunakan plastik agar kelembabannya tidak hilang.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan bentuklah bulatan-bulatan kira-kira sebesar bola pingpong. Diamkan lagi kurang lebih selama 10-15 menit.
  5. Ambil 1 bulatan adonan, kemudian olesi dengan minyak goreng. Pipihkan adonan setipis mungkin dan selebar mungkin. Setelah pipih, gulungkan adonan sehingga membentuk gulungan memanjang.
  6. Gulungkan lagi adonan dari kedua ujungnya secara berlawanan. Kalau adonan diletakkan melintang, gulung ujung kanan ke sebelah atas dan kiri ke sebelah bawah hingga kedua gulungan bertemu di tengah. Tumpuk kedua gulungan sedemikian rupa. Pipihkan gulungan adonan menggunakan botol dengan ketebalan antara 0,5-1cm atau sesuai selera.
  7. Panaskan wajan datar anti lengket, panggang roti maryam diatas api kecil sampai matang dan permukaan berwarna kecoklatan. Roti maryam lembut siap disajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Maryam Khas Arab

Ilustrasi Roti Maryam © Diadona

Roti maryam memang terkenal dengan olahan yang berasal dari Timur Tengah. Yap, kamu tentunya tidak perlu pergi ke sana jika ingin memakan roti maryam yang khas ini, karena kamu juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Simak resep cara membuat roti maryam khas Arab di bawah ini.

Bahan:

- 500 gram tepung terigu protein tinggi
- 1 1/2 sdt garam
- 200 ml air
- 2 butir telur
- 80 ml minyak goreng
- 50 gram margarin / butter

Cara membuat roti maryam khas Arab:

  1. Masukkan semua bahan bahan kecuali margarin dalam alat pembuat roti / mixer kemudian uleni selama 15 menit hingga tercanpur rata. Diamkan adonan selama 15-20 menit.
  2. Bagi adonan rata masing-masing 50 gram, bulatkan dan celupkan dalam minyak selama 30-40menit. Pipih dan lebarkan adonan lalu olesi dengan butter dan gulung memanjang. Setelah itu bentuk melingkar.
  3. Taruhlah diatas wajan pipih yang sudah panas dan beri sedikit minyak goreng, tekan dengan spatula hingga melebar, lakukan hingga matang kuning kecokelatan. Roti maryam siap disajikan selagi hangat.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Maryam Sederhana

      View this post on Instagram

Kepanjen, 23 Agustus 2019 . Assalamualaikum.. Alhamdulillah akhirnya keturutan juga bikin Roti Canai/ Roti Maryam buatan sendiri.. Selain rasanya yang gurih, Roti maryam akan semakin enak kalo kita tambahkan toping dengan varian rasa.. Kali ini aku pake toping madu Multi Sari dari @helenafood, yaitu madu murni yang di jamin kualitasnya.. Awali hidup sehat dengan mengkonsumsi madu secara rutin setiap hari. Untuk info dan order, silahkan langsung ke IG : @helenafood @helenafood @helenafood ROTI CANAI/ ROTI MARYAM Bahan : 500 gr tepung cakra 2 sdm susu bubuk 2 butir telur 200 ml air/ susu 2 sdm margarin 2 sdm minyak goreng 1/2 sdt garam Olesan : margarin Perendam : minyak goreng Cara membuat : 1. Campur semua bahan, uleni sampai kalis. 2. Bagi adonan masing2 50 gr dan bulatkan, kemudian rendam minyak selama 1 jam. 3. Pipihkan adonan setipis mungkin, oles margarin dan linting memanjang. 4. Gulung adonan berlawanan arah membentuk huruf S, kemudian tumpuk sampai menyerupai konde. Diamkan 15 menit. 5. Ambil satu adonan, pipihkan dengan tangan dan masak di atas teflon yg sdh di beri sedikit margarin. Panggang sampai kedua sisi nya kecoklatan. Angkat. 6. Beri toping madu dan siap di sajikan. Untuk resep di atas jadi 10 pcs. #helenafood #produkhelenafood #maduhutan #maduasli #madumurni #roticanai #rotimaryam #reseprotimaryam #shareresep #berbagiresep #resepmudah #belajarbaking #bakingvideo #instagram #instafood #instalike #instagood #instafoodie #endorsement #endorse #dhiahoddie_endorse

A post shared by Dhiah Oddie (@dhiahoddie) on

Bahan:

- 500 gram tepung cakra
- 2 sdm susu bubuk
- 2 butir telur
- 200 ml air/ susu
- 2 sdm margarin
- 2 sdm minyak goreng
- 1/2 sdt garam
- Margarin sebagai olesan
- Minyak goreng sebagai merendam

Cara membuat roti maryam sederhana:

  1. Campur semua bahan dan uleni hingga kalis. Bagi adonan masing-masing 50 gram dan bulatkan. Rendam pada minyak selama 1 jam. Pipihkan adonan setipis mungkin, oles margarin dan linting memanjang.
  2. Gulung adonan berlawanan arah membentuk huruf S, kemudian tumpuk sampai menyerupai konde. Diamkan 15 menit. Ambil satu adonan, pipihkan dengan tangan dan masak di atas teflon yang sudah di beri sedikit margarin.
  3. Panggang hingga kedua sisi berwarna kecoklatan. Angkat dan beri toping madu. Roti maryam siap dihidangkan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Maryam yang Enak

Ilustrasi Roti Maryam © Diadona

Nikmatnya roti maryam ini akan sangat cocok dimakan saat cuaca hujan dan dingin seperti saat ini. Yap, kamu bisa membuat camilan untuk mengisi hari-hari santaimu di rumah dengan melihat resep cara membuat roti maryam enak di bawah ini.

Bahan:

- 500 gram tepung terigu
- 75 gram margarine atau mentega
- 2 sdt garam
- 200 ml air
- 2 butir telur ayam
- 150 ml minyak goreng atau secukupnya

Cara membuat roti maryam sederhana:

  1. Masukkan tepung terigu dalam wadah yang cukup besar. Masukkan telur ayam, garam, dan air kira-kira 50 ml. Aduk hingga tercampur merata. Uleni adonan sambil sesekali dibanting sehingga adonan menjadi kalis.
  2. Ambil adonan dan buat bulatan kemudian masukkan dalam wadah yang bisa ditutup. Diamkan selama kurang lebih 2 jam hingga adonan mengeras.
  3. Ambil adonan bulat kemudian potong atau iris-iris. Pisahkan setiap 50 gram irisan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Ambil adonan yang diiris kemudian kembali iris dengan menggunakan tangan.
  4. Ambil wadah besar dan olesi dengan minyak goreng. Ambil irisan adonan lalu bentangkan sehingga keluar guratan tipis. Perciki dengan menggunakan mentega cair. Kemudian satukan guratan adonan tersebut. Gulung hingga berbentuk bulatan padat. Masukkan dalam kulkas dan diamkan selama 15 menit.
  5. Keluarkan adonan dan tuang minyak dalam wajan anti lengket. Masukkan adonan kemudian pipihkan dengan menekan permukaan adonan di atas wajan. Tuang minyak dalam penggorengan dan panaskan dengan menggunakan api sedang. Masukkan adonan dan masak satu per satu hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara membuat roti maryam di rumah dengan mudah dan sederhana. Roti maryam ini bisa juga menjadi menu hidangan meja dan acara besar di rumah. Bagaimana persiapan membuat roti maryammu? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar