Resep Cara Memasak Nasi Goreng, Kuning, Uduk, dan Liwet hingga Dimasak dengan Rice Cooker

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 28 Januari 2020 19:15
Resep Cara Memasak Nasi Goreng, Kuning, Uduk, dan Liwet hingga Dimasak dengan Rice Cooker
Nasi adalah olahan wajib dan menu pokok khususnya di Indonesia. Simak resep dan rahasia memasak nasi pulen di bawah ini!

Nasi merupakan salah satu makanan pokok bagi orang Indonesia. Tak jarang banyak dijumpai kuliner masakan nasi dengan berbagai olahan variasinya. Tidak hanya nasi putih biasa saja yang dijajakan, ada pula olahan nasi liwet yang dimasak dengan rempah-rempah.

Selain nasi liwet ada pula olahan nasi kuning dan nasi goreng yang menjadi salah satu masakan favorit Presiden Amerika Serikat Ke-44, Barack Obama ketika tinggal di Indonesia. Kamu tentunya bisa membuat aneka olahan nasi yang pulen dan nikmat ketika dimakan dalam keadaan hangat. Berikut Diadona ulas resep cara mem buat nasi goreng, kuning, uduk, dan liwet hingga dimasak dengan rice cooker sederhana di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Memasak Nasi Goreng

Ilustrasi Nasi Goreng © Diadona

Salah satu olahan nasi yang bisa kamu buat adalah nasi goreng sederhana yang praktis. Yuk simak resep cara membuat nasi goreng berikut ini.

Bahan:

- 600 gram nasi putih
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt garam
- Merica secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- Kecap manis
- 1 batang daun bawang iris halus
- 1 butir telur ayam
- Sosis atau daging opsional

Cara memasak nasi goreng:

  1. Haluskan bawang putih dan garam lalu tumis hingga harum. Masukkan daging atau sosis, kemudian masukkan nasi dan aduk hingga merata.
  2. Tambahkan kecap manis dan penyedap rasa lalu aduk rata. Icip rasa nasi, dan tambahkan penyedap rasa apabila kurang. Aduk rata, dan tambahkan daun bawang, lalu aduk lagi.
  3. Setelah itu, cek rasa, dan pindahkan nasi ke piring. Untuk menambah rasa, goreng telur ayam dan taruh di atas nasi goreng.

2 dari 5 halaman

Cara Memasak Nasi Kuning

Ilustrasi Nasi Kuning © Diadona

Nasi khas berwarna kuning dari rempah kunyit ini juga cocok kamu nikmati dengan aneka pelengkap seperti serundeng, sambal goreng, perkedel dan bihun. Yuk simak selengkapnya resep cara membuat nasi kuning berikut ini.

Bahan:

- 5 cm kunyit
- 2 cm lengkuas
- 5 cm jahe
- 1 buah kelapa tua
- 2 batang serai
- 5 buah bawang merah
- 4 lembar daun salam
- 1 kg beras
- 4 sdt garam
- 2 lembar daun pandan
- 900 ml santan

Cara memasak nasi kuning:

  1. Cuci beras hingga bersih, lalu rendam di dalam air yang bersih. Haluskan bumbu, berupa lengkuas, bawang merah, kunyit, jahe dan garam. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam santan lalu aduk-aduk hingga merata.
  2. Masak santan hingga mendidih. Buang air rendaman beras, lalu tuangkan santan ke beras dengan disaring. Masukkan daun salam dan serai. Rebuslah beras dengan menggunakan api kecil. Selama merebus beras aduk-aduklah terus sampai air menyusut dan beras hampir matang menjadi nasi.
  3. Bila kira-kira tingkat kematangan sudah tercapai, ambil daun salam dan serai dari dalam beras yang hampir matang. Siapkan panci untuk mengukus, lalu rebus airnya dulu. Masukkan nasi ke dalam panci pengukus nasi. Tambahkan daun pandan. Kukuslah nasi hingga benar-benar matang.

3 dari 5 halaman

Cara Memasak Nasi Uduk

Ilustrasi Nasi Uduk © Diadona

Selian nasi kuning, olahan nasi yang wajib kamu coba adalah nasi uduk. Nasi uduk merupakan salah satu menu sarapan orang Sunda dan terkenal di sebagian wilayah di Indonesia seperti Jakarta. Yuk simak resep cara membuat nasi uduk di bawah ini.

Bahan:

- 300 gram beras
- 2 butir cengkeh
- 2 lembar daun salam muda
- 2 batang serai yang dimemarkan
- 450 ml santan kelapa kental
- 2 cm kayu manis
- 1/2 sdt merica
- 1 sdt garam

Cara memasak nasi uduk:

Bersihkan beras lalu rebus santan dan masukkan pula daun salam, cengkeh, serai, kayu manis, merica, dan garam. Aduk hingga mendidih lalu campurkan santan dan beras. Kukus hingga beras matang atau jadi nasi. Nasi uduk siap dihidangkan.

4 dari 5 halaman

Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker

Ilustrasi Nasi © Diadona

Ternyata ada tahap dan rahasia tersendiri saat kamu memasak nasi dengan rice cooker. Jika kamu terbiasa membuat nasi dengan alat ini, maka kamu harus menyimak tips cara memasak nasi dengan rice cooker di bawah ini.

Pilih beras berkualitas baik yang akan menjadi nasi pulen setelah dimasak. Selanjutnya, cuci beras dengan benar-benar bersih dan bebas kotoran. Ketika beras sudah dicuci bersih tambahkan air dengan takaran yang tepat sesuai jenis beras. Biasanya perbandingan antara beras dan air adalah 1:2. Setelah itu baru masak di rice cooker.

Setelah nasi matang jangan langsung membuka penutup rice cooker. Biarkan selama 10 menit sampai nasi benar-benar sempurna barulah dimakan. Hal ini untuk membuat nasi benar-benar sudah siap untuk dimasak dan tidak berair. Setelah itu segera aduk nasi sebelum disajikan, fungsinya adalah nasi akan bertahan pulen lebih lama.

5 dari 5 halaman

Cara Memasak Nasi Liwet

      View this post on Instagram

Assalamu alaikum.. Td sarapan skalian makan siang.. wkwkwkwk.. ngeliwet simpeel... Enakan pake margarin siih drpd minyak.. lebih guriihh ???? jangan salfok sama ayamm.. iyaa agak gosong ???? . . ???? Nasi liwet teri Bahan : - 200gr beras, cuci bersih - 2 siung bwg merah, iris tipis - 1 siung bwg putih, iris tipis - 1btg sereh, geprek - 1lbr daun salam - cabe rawit - segenggam teri, goreng dan sisihkan - minyak goreng/margarin 1sdm - 1/2 sdt garam - air untuk memasak nasi . Caranya : - masukan semua bahan dan aduk rata, masak nasi menggunakan magicom, setelah matang aduk rata dan siap di sajikan ???? . Catatan : kl teri medan, garamnya disesuaikan yaa.. krn terinya udah asin ????

A post shared by Melissa Fitria Listanti (@kummelissa) on

Selain nasi kuning dan nasi uduk, ada juga olahan nasi liwet yang bisa kamu masak praktis dengan menggunakan rice cooker. Memasak nasi liwet ini dilakukan dengan beberapa bahan rempah seperti sereh dan daun salam. Yuk langsung saja simak resep cara membuat nasi uduk di bawah ini. 

Bahan:

- 200 gram beras cuci bersih
- 2 siung bawang merah iris tipis
- 1 siung bawang putih iris tipis
- 1 batang sereh geprek
- 1 lembar daun salam
- Cabe rawit
- Segenggam teri, goreng dan sisihkan
- Minyak goreng
- 1/2 sdt garam
- Air untuk memasak nasi

Cara memasak nasi liwet:

Masukan semua bahan dan aduk rata. Masak nasi menggunakan magicom, setelah matang aduk rata dan siap di sajikan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat olahan nasi yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Kalau kamu lebih dominan menyukai olahan nasi apa? Share jawaban dan pengalaman kamu saatr menikmati olahan nasi di kolom komentar ya!

 

Beri Komentar