Punya Aroma yang Khas, Ini lho Fungsi Bunga Lawang pada Masakan yang Belum Kamu Ketahui

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 7 Januari 2021 17:20
Punya Aroma yang Khas, Ini lho Fungsi Bunga Lawang pada Masakan yang Belum Kamu Ketahui
Bunga Lawang atau Star Anise kerap ditemukan di masakan kaya rempah-rempah seperti kari atau sup.

Siapa, nih, yang sering menemukan Bunga Lawang di menu makanannya? Bagi kamu yang masih asing dengan Bunga Lawang, rempah yang bernama lain Star Anise ini merupakan salah satu rempah tradisional yang memiliki bentuk cantik laiknya bunga.

Beberapa makanan India seperti kari India selalu menggunakan bunga Lawang sebagai hiasan makanannya. Namun apakah Bunga Lawang hanya berfungsi sebagai penghias makanan? Apa fungsi sebenarnya Bunga Lawang?

Daripada bertanya-tanya, yuk kita ulas!

1 dari 4 halaman

Bunga Lawang

Bunga Lawang © Diadona

Bunga Lawang atau Star Anise merupakan rempah yang berasal dari Tiongkok. Bunga Lawang merupakan salah satu dari lima bumbu utama negara China selain cengkih, kayu manis, adas, dan lada Szechuan.

Meskipun berasal dari China, namun Bunga Lawang tengah menjadi bahan utama di berbagai Negara. Seperti di India, Bunga Lawang sering dipakai dalam masakannya seperti Kari.

Di Asia Tenggara, Vietnam dan Thailand juga banyak digunakan untuk penyedap masakan. Tak terkecuali di Indonesia, berbagai masakan seperti sup, gulai, kari, rendang dan masakan lainnya juga kerap menggunakan Bunga Lawang.

2 dari 4 halaman

Fungsi Bunga Lawang Pada Masakan

Bunga Lawang © Diadona

Ternyata, Bunga Lawang ini menghasilkan aroma wangi dan memiliki rasa manis. Sehingga Bunga Lawang kerap dijadikan bahan penyedap untuk masakan-masakan di Asia yang kaya akan rempah-rempah.

Namun, Bunga Lawang tak hanya eksis sebagai bumbu masakan saja. Bahkan, Bunga Lawang juga menjadi campuran untuk minuman-minuman herbal. Beberapa contoh minuman yang kerap menggunakan Bunga Lawang antara lain wedang pekak, teh, maupun infused water. Bunga Lawang akan memberikan aroma wangi dan manis dalam minumanmu.

3 dari 4 halaman

Kandungan Bunga Lawang

Bunga Lawang © Diadona

Selain mengharumkan dan melezatkan makanan atau minuman, ada alasan kesehatan yang mendasari dipakainya bumbu ini dalam makanan.

Bunga Lawang mengandung asam shikimat dan antioksidan yang tinggi. Hal ini dipercaya bisa mengobati flu dan juga bisa melawan radikal bebas.

Beri Komentar