Cobain Permen Salmiakki yang Punya Rasa Unik Dari Senyawa Amonium Klorida!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 21 Oktober 2020 17:20
Cobain Permen Salmiakki yang Punya Rasa Unik Dari Senyawa Amonium Klorida!
Berani coba?

Permen adalah makanan ringan dengan rasa manis yang cukup digemari oleh anak-anak. Rasa manis, bentuk unik, dan warna yang cerah membuatnya menjadi makanan yang digemari oleh anak-anak. Kandungan gula dalam permen membuat rasanya yang manis sangat bersahabat untuk kalangan anak-anak.

Namun, gimana ya kalau ada permen yang punya warna seperti arang dengan rasa yang asin? Beneran ada, lho. Namanya adalah Permen Salmiakki. Kamu mau coba?

1 dari 1 halaman

Permen Salmiakki

Permen Salmiakki © Diadona

Melansir dari berbagai sumber, Salmiakki merupakan permen akar manis yang biasa ditemukan di negara-negara Nordik. Namun, berbeda dengan permen pada umumnya, permen Salmiakki ini justru punya rasa yang asin, tajam, dengan sedikit rasa manis.

Rasanya yang sangat menyengat inilah yang bisa membuat lidah orang jadi kelu dibuatnya. Sehingga beberapa orang mungkin tidak akan bisa menikmatinya jika nggak biasa.

Untuk teksturnya, permen ini sangat lembut dan kenyal mirip permen yuppy. Sedangkan warnanya sangat hitam atau cokelat tua.

Ternyata rasa asin dari permen ini bukan berasal dari garam. Melainkan dari amonum klorida. Kandungan amonium klorida ini yang menjadikan sumber rasa asin unik dari permen Salmiakki. Amonium ini yang juga menimbulkan sensasi yang kuat.

Permen Salmiakki © Diadona

Amonia Klorida sendiri awalnya digunakan dalam obat batuk dan dipercaya bisa mengeluarkan dahak. Akar manis dicampurkan dalam senyawa ini agar anak-anak lebih menyukainya.

Sejak tahun 1930-an salmiakki telah diproduksi di Swedia, Finlandia, Norwegia, Denmark, dan Belanda sebagai manisan yang cukup digemari.

Tertarik mencobanya?

Beri Komentar