Mesin Ini Ubah Minuman Bir Menjadi Es Krim, Gimana Rasanya?

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 25 November 2021 16:20
Mesin Ini Ubah Minuman Bir Menjadi Es Krim, Gimana Rasanya?
Mesin ini menggunakan teknik tertentu untuk mengubah cairan beralkohol menjadi es krim.

Es krim merupakan salah satu makanan unik dengan tekstur yang lembut dan dingin. Makanan yang kerap jadi desert ini cocok dikonsumsi saat cuaca terik. Rasanya manis dan biasanya terbuat dari susu yang dibekukan sehingga bisa disantap anak-anak hingga dewasa.

Namun, bagaimana jika ada es krim yang terbuat dari alkohol? Bakal seperti apa rasanya?

1 dari 3 halaman

Es Krim dari Alkohol

Below Zero Es KrimBelow Zero Es Krim © facebook.com/Below Zero

Rupanya, es krim ini dibuat menggunakan The Below Zero. Melansir dari Oddity Central, mesin ini menggunakan teknik unik untuk membekukan alkohol yang memungkinkan kamu mengubah bir, koktail, atau minuman beralkohol lainnya menjadi sebuah es krim yang lembut dan lezat.

Will Rogers, penemu dan pemilik WDS Dessert Station di Hinkley, Illinois yang menciptakan ide gila ini. Rogers yang menjalankan toko es krimnya sendiri, sedang mencoba menciptakan rasa es krim espreso berkafein tinggi, menyadari bahwa ia juga bisa menggunakan teknik yang sama dengan minuman beralkohol.

Ia akhirnya mulai bereksperimen dengan berbagai permen karet dan stabilisator yang biasa digunakan di dalam industri es krim. Akhirnya, ia mematenkan sesuatu yang disebut gel NEA.

Ramuan ajaib inilah yang memungkinkan alkohol membeku hingga hampir padat di dalam mesin es.

2 dari 3 halaman

Es Krim Alkohol Below ZeroEs Krim Alkohol Below Zero © facebook.com/Below Zero

Meskipun Below Zero mengubah tekstur minuman beralkohol menjadi es krim yang lembut, hal ini ternyata tak memengaruhi kandungan alkohol sama sekali. ABV (Alcohol by Volume) tetap sama persis yang membuat siapa saja yang mengonsumsinya akan mendapat efek yang sama ketika minum minuman beralkohol dalam bentuk cair seperti biasa.

Will Rogers mengkalim bahwa hanya dibutuhkan sekitar 30 menit saja untuk bir berubah bentuk menjadi es krim. Namun, untuk minuman alkohol dengan kandungan lebih tinggi membutuhkan waktu yang lebih lama. Kabarnya, mesin ini dijual dengan harga USD 6.000 atau sekitar Rp85,6 juta.

3 dari 3 halaman

Es Krim Alkohol Below ZeroEs Krim Alkohol Below Zero © facebook.com/Below Zero

Below Zero bukan menjadi pembuat es krim alkohol pertama di dunia. Sebelumnya, es krim alkohol juga pernah diperkenalkan dengan nama Buzz Pop Cocktails.

Buzz Pop Cocktails merupakan es loli dengan kandungan alkohol yang terbuat dari buah-buahan segar dan minuman keras premium.

Tertarik untuk mencobanya?

Beri Komentar