Gak kalah dengan Coca-Cola, Ini Deretan Minuman Soda Asli Indonesia yang Seger Banget

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 15 November 2021 12:20
Gak kalah dengan Coca-Cola, Ini Deretan Minuman Soda Asli Indonesia yang Seger Banget
Udah pernah cobain yang mana, nih?

Cuaca panas emang paling cocok kalau minum soda. Di beberapa minimarket pun udah banyak dijual beragam minuman soda mulai dari Coca-Cola, Fanta dan lain sebagainya.

Ternyata, Indonesia juga punya produk-produk minuman soda dalam negeri yang gak kalah segarnya dengan produk-produk luar tersebut, loh. Apa aja itu? Yuk kita cicipi!

1 dari 5 halaman

1. Limun Linggarjati

Limun LinggarjatiLimun Linggarjati © instagram.com/kedaibudayaarbys

Pernah dengar Limun Linggarjati? Ternyata Limun Linggarjati ini sempat jadi minuman soda yang cukup populer di Jawa Timur. Sayangnya, kini keberadaannya sudah cukup sulit ditemukan.

Limun Linggarjati sendiri dikenal memiliki enam varian rasa dan kerap jadi oleh-oleh khas Jawa Timur. Yang menjadi ciri khas Limun Linggarjati adalah bentuk botolnya yang khas.

2 dari 5 halaman

2. Coffee Beer

Coffee BeerCoffee Beer © bukalapak.com

Coffee Beer juga jadi salah satu minuman soda dalam negeri yang sempat jadi primadona, loh. Eits, mesikupun ada nama beer-nya, tetapi minuman ini gak mengandung alkohol sama sekali, kok.

Coffee Beer merupakan produksi dari perusahaan bernama Tirta Agung yang berada di Jombang, Jawa Timur.

3 dari 5 halaman

3. Soda Cap Badak

Soda Cap BadakSoda Cap Badak © instagram.com/kozecoffee

Di Sumatera Utara ternyata cukup populer minuman Soda Cap Badak. Minuman ini selalu terhidang di atas meja makan di setiap warung-warung makan kaki lima ataupun di restoran di kota-kota Sumatera Utara khususnya di Medan.

Ternyata, Soda Cap Badak ini diciptakan oleh seorang pria kelahiran Swis bernama Heinrich Surbeck pada tahun 1916 lalu. Dia mendirikan pabrik minuman soda cap Badak di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

4 dari 5 halaman

4. Indo Saparella

Indo SaparellaIndo Saparella © instagram.com/indosaparellaofficial

Indo Saparella merupakan minuman soda yang berasal dari Yogyakarta. Indo Saparella ini sudah populer sejak tahun 1960-an. Minuman Soda ini sudah cukup melegenda dan bahkan jadi salah satu minuman favorit keluarga keraton Yogyakarta.

Yang jadi daya tarik Indo Saparella adalah bentuk botolnya yang sangat unik dan klasik banget.

Beri Komentar