15 Menu Rice Bowl 10 Ribuan untuk Jualan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 23 Januari 2024 13:41
15 Menu Rice Bowl 10 Ribuan untuk Jualan
Mungkin nggak sih bikin menu rice bowl 10 ribuan untuk dijual? Tentu saja! Ada pilihan beragam olahan ayam, telur, jamur, sosis hingga tempe!

Rice bowl masih terus menjadi andalan bisnis makanan rumahan yang menjanjikan. Kelebihan dari makanan ini terletak pada penyajiannya yang mudah dibawa kemana-mana, estetik, punya beragam menu dengan harga yang bisa disesuaikan. Kelebihan tersebut menjadi salah satu daya tarik dari makanan ini. Ada rice bowl ayam dengan ragam saus menggoda, rice bowl sambal matah yang segar dan masih banyak lagi.

Untuk memulai bisnis rice bowl rumahan ini, tentu ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini cara memulai bisnis makanan rice bowl ala rumahan : 

Melakukan Riset Pasar

Jangan pernah memulai suatu bisnis tanpa melakukan riset pasar. Riset pasar bisa ngasih tau kamu siapa aja target pasar kamu, menganalisa persaingan, hingga menentukan harga yang tepat sesuai dengan pasar.

Menentukan Menu Rice Bowl

Nah dari data riset pasar tersebut, kamu bisa menentukan menu rice bowl yang akan dijual. Menu bisa disesuaikan dengan harga pasaran, preferensi atau kebiasaan konsumen hingga siapa aja pesaing kamu.

Menghitung Modal Awal

Dalam memulai bisnis apapun, modal adalah elemen yang penting. Coba hitung secara cermat apa saja kebutuhan yang diperlukan sebagai modal awal dan hitung juga modal yang dikeluarkan setiap bulan.

Menentukan Harga Jual

Setelah penghitungan modal dan juga keuntungan, baru deh kamu bisa menentukan berapa harga jual. Sesuaikan juga dengan target pasar dan kualitas makanan kamu ya!

Nah selanjutnya apakah kamu sudah menentukan varian menu rice bowl yang akan kamu jual? Jika kamu sudah memiliki target harga sebesar Rp10 ribu untuk setiap porsinya, maka pilihan menu rice bowl yang cocok untuk dilirik adalah sebagai berikut :

1 dari 4 halaman

Menu Rice Bowl 10 Ribuan dari Masakan Ayam

Menu rice bowl ayam masih masih menjadi menu untuk bisnis makanan yang paling diandalkan. Harganya tergolong murah, banyak digemari dan punya banyak variasi menu masakan. Walau demikian, sesuaikan harga dengan porsinya ya!

Rice Bowl Ayam Lada Hitam

Menu Ricebowl 10 Ribuan untuk Jualan - Ayam Lada Hitam © Diadona

Daging ayam yang lembut dengan lapisan tepung renyah dan saus lada hitam yang kaya rasa. Lengkapi tampilan menu rice bowl ayam lada hitam Rp10 ribuan dengan beragam sayuran, misalnya tumisan. 

Untuk menekan harga agar menjadi rice bowl ayam dengan harga Rp10 ribuan saja, ganti tumis sayuran dengan irisan bawang bombay serta cabe merah besar dalam masakan. Lengkapi dengan selada.

Rice Bowl Ayam Sambal Matah

Menu Ricebowl 10 Ribuan untuk Jualan - Ayam Sambal Matah © Diadona

Menu rice bowl ayam Rp10 ribuan yang tak kalah enak dan mudah dibikinnya yakni ayam goreng sambal matah. Lapisan tepung pada ayam yang crispy dan gendut menambah kerenyahan dan isian dalam rice bowl. Selanjutnya, siram dengan sambal matah yang segar.

Rice Bowl Ayam Saus Teriyaki

Menu Rice Bowl 10 ribuan Ayam Teriyaki © Diadona

Ayam saus teriyaki adalah hidangan yang berasal dari Jepang, terdiri dari potongan-potongan ayam yang dimasak dengan saus teriyaki. Rasanya cenderung manis, gurih, dan sedikit asin karena kecap dan mirin yang digunakan dalam saus. Aromanya juga khas banget dengan lapisan karamel yang lezat.

Meskipun merupakan hidangan dari Jepang, namun menu ini populer banget hingga ke manacegara dan udah diadopsi di berbagai belahan dunia.

Rice Bowl Ayam Cincang Thailand

Menu Rice Bowl 10 Ribuan untuk Jualan - Ayam Cincang Thailand © Diadona

Setelah dari Jepang, yuk menjajal rice bowl dengan cita rasa wangi gurih dari Thailand. Ayam cincang Thailand ini dibuat dengan menumis ayam dengan bahan-bahan sederhana seperti bawang merah, bawang putih, kecap asin dan cabe rawit. Yang membuatnya khas yakni penambahan daun kemangi di bagian akhir proses memasak yang menambah cita rasa masakan.

Menu Rice Bowl 10 Ribuan untuk Jualan - Ayam BBQ dan Terong Cabe Garam

Menu Rice Bowl 10 Ribuan untuk Jualan - Ayam BBQ dan Terong Cabe Garam © Diadona

Untuk menambah kuantitas sajian pada rice bowl kamu, kamu bisa lho menggunakan terong yang lembut. 

Bahan : 

  • 500 gr ayam fillet, potong dadu
  • 1 siung bawang putih, cacah halus
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kecap asin
  • 1/2 sdt merica
  • 1-2 sdt garlic powder
  • 1 putih telur
  • 250 gr tepung maizena

Bahan bumbu BBQ :

  • 1/2 bawang bombay, potong-potong
  • 2 siung bawang putih cacah halus
  • 6 sdm kecap inggris
  • 7 sdm saus tomat
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir atau sesuai selera
  • secukupnya merica
  • secukupnya wijen

Bahan terong :

  • 1 terong ukuran besar, potong kotak
  • 2 siung bawang putih cacah halus
  • 1 daun bawang
  • sesuai selera Cabai rawit dan cabe merah
  • 1/2 sdt kecap ikan (boleh diskip)
  • secukupnya kecap asin
  • Garam secukupnya 

Cara Membuat

  1. Masukkan potongan ayam dalam wadah, campur dengan putih telur, kecap asin, bawang putih, merica. Aduk dan sisihkan.
  2. Di wadah terpisah, campur tepung maizena dengan garlic powder, merica dan garam. Aduk rata.
  3. Pindahkan ayam ke campuran tepung sedikit demi sedikit, balurkan dengan tepung kering, bolak balik. Goreng dengan api sedang, sisihkan ketika matang.
  4. Buat bumbu BBQ dengan cara : tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, lalu masukkan saus tomat, kecap inggris dan gula. Boleh ditambah air sedikit, lalu angkat ketika sudah mengental. Sisihkan.
  5. Selanjutnya buat terong cabe garam dengan cara berikut : potong-potong terong, lalu goreng sebentar. Sisihkan.
  6. Tumis bawang putih, bawang daun dan cabe hingga harum. Masukkan terong, tambahkan kecap ikan, kecap asin dan garam. Aduk sampai kering, angkat lalu sisihkan.
  7. Letakkan nasi di atas mangkuk, susun ayam crispy di bagian atasnya lalu siram dengan bumbu BBQ. Taburkan wijen. Lalu tambahkan terong cabe garam di sampingnya.

2 dari 4 halaman

Menu Rice Bowl 10 Ribuan dari Masakan Telur

Ngomongin makanan murah dan nikmat, menu telur bisa kamu jadikan andalan. Telur bisa diolah untuk beragam masakan dengan bahan tambahan sesuai selera. Satu porsi rice bowl harga 10ribuan bisa terdiri dari nasi, sayuran dan masakan yang dibuat dari 2 butir telur.

Menu Rice Bowl 1- ribuan Telur Geprek

Menu Ricebowl 10 Ribuan untuk Jualan - Telur Geprek Sambal Bawang © Diadona

Menu ayam geprek sih udah biasa, tapi bagaimana dengan telur geprek? Nikmatnya tentu nggak kalah dengan daging ayam, dengan balutan tepung pelapis yang kriuk ala ayam goreng tepung dan lezatnya sambal bawang.

Telur geprek dibuat dengan cara yang mudah. Pertama, dadar telur seperti biasa, lalu ceelupkan ke adonan tepung basah dan gulingkan ke adonan tepung kering. Goreng di minyak panas, geprek dan sajikan dengan sambal bawang.

Menu Rice Bowl 10 ribuan Scrambled Egg

Menu Rice Bowl 10 ribuan Scrambled Egg © Diadona

Scrambled egg yang lembut dan gurih banget berapdu dengan nasi hangat. Tambahkan dengan bahan lain sesuai selera, misalnya rumput lain kering, hingga potongan daun bawang.

Membuat scrembled egg yang berhasil memang memerlukan banyak latihan. Tapi kalau kamu udah mengusainya, scrambled egg yang lezat dan cantik bsia terhidang kurang dari 10 menit saja. Untuk menjadikannya sebagai menu jualan rice bowl 10 ribuan, jangan lupa tambahkan dengan bahan lain ya!

Menu Rice Bowl 10-ribuan Terung Gulung Omelet

Menu Ricebowl 10 Ribuan untuk Jualan -  Terung Gulung Omelet © Diadona

Menu rice bowl 10 ribuan ini merupakan kombinasi dari manis dan lembutnya terong serta gurihnya telur. Begini nih resep dan cara membuatnya :

Bahan :

  • 1 buah terung ungu
  • 2-4 butir telur
  • 1 sdt kaldu bubuk (sesuai selera)
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1-2 mangkok nasi putih
  • 1/2 sdm margarin ricemix rasa BBQ

Bahan Saos :

  • 2 sdm saos tomat
  • 2 sdm kecap manis
  • 3 buah cabe rawit (sesuaikan selera)

Cara Membuat

  1. Bakar terung sampai matang/lembut. Kupas kulitnya lalu belah dua bila ingin membuat dua porsi atau biarkan utuh bial ingin membuat satu porsi aja. 
  2. Campur telur, daun bawang, dan kaldu bubuk, aduk rata. Bikin sedikit agak asin aja ya untuk menyeimbangkan rasa terung
  3. Panaskan wajan datar, olesi sedikit minyak. Dadar sebagian adonan telur, langsung letakkan terung di pinggirnya, gulung perlahan saat telur masih setengah matang. Taruh telur gulung di pinggir wajan, masukkan lagi sisa adonan telur, gulung lagi saat telur setengah matang. Masak sampai adonan habis dan telur gulung benar-benar set. Angkat. Iris melintang.
  4. Campur bahan saos : kecap manis, saos tomat, dan cabe rawit cincang. Aduk rata.
  5. Campur nasi dengan margarin ricemix, aduk rata.
  6. Ambil mangkok, tata nasi putih dan telur gulung diatasnya, beri saos, dan taburkan irisan daun bawang dan sajikan.

Menu Ricebowl 10 Ribuan Telur Tumis Bawang Merah

Menu Ricebowl 10 Ribuan untuk Jualan -  Telur Tumis Bawang Merah © Diadona

Masakan tumis bawang merah emang lagi viral banget beberapa waktu yang lalu. Rasanya unik banget, yakni perpaduan manis dan lembut dari bawang merah yang digoreng, pedas dan juga gurih dan khas dari terasi.

Tampilannya menarik banget karena bahan-bahan yang digunakan, makin menambah cantiknya menu ricebowl jualan kamu deh!

3 dari 4 halaman

Menu Rice Bowl 10 ribuan Jamur Crispy Sambal Matah

Menu Rice Bowl 10 ribuan - Jamur Crispy Sambal Matah © Diadona

Jamur memang jadi andalan saat bokek, termasuk buat bikin menu yang murah meriah. Kalau menu jamur biasanya ada di lalapan, kali ini kamu bisa mengolahnya dengan sambal matah yang lezat sebagai menu rice bowl kamu.

Harganya mungkin malah tak sampai 10 ribu!

Menu Rice Bowl Tahu Cabe Garam + Telur

Menu Rice Bowl Tahu Cabe Garam dan Telur © Diadona

Walaupun cuan tahu, cabe dan garam, namun menu ini bisa banget jadi andalan jualan rice bowl 10 ribuan kamu. Pilih tahu yang lembut, lapisan tepung yang gurih dan level pedas yang bisa dietntukan oleh pembeli. Selain itu, tambah dengan telur boleh yang dimasak dengan cara diorak-arik atau lainnya.

Menu Ricebowl 10 Ribuan untuk Jualan - Kembang Kol Crispy Saus Kungpao

Menu Ricebowl 10 Ribuan untuk Jualan - Kembang Kol Crispy Saus Kungpao © Diadona

Kepikiran nggak sih untuk bikin menu rice bowl 10 ribuan khsuus mereka yang vegetarian? Salah satu menu andalannya adalah kembang kol crispy dengan saus kungpao yang pedas, manis berikut ini. Berikut cara bikinnya : 

Bahan : 

  • Kembang kol

Tepung basah :

  • 1 putih telur
  • 1 sdm maizena
  • 1 siung bawang putih (cacah halus)
  • 1 sdm susu cair (optional)
  • secukupnya garam merica

Tepung kering :

  • 5 sdm tepung maizena
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 siung bawang putih cacah halus
  • 1 sdt garam
  • secukupnya Merica dan kaldu bubuk

Saus kungpao :

  • 1/2 bawang bombay, potong-potong
  • 1 siung bawang putih cacah halus
  • 2 cabe merah keriting, potong-potong
  • 1/2 sdm minyak wijen
  • 1 sdm saus tiram
  • 1-2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm saus tomat
  • 1 sdt kecap asin
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm madu (optional)
  • Bawang daun, potong-potong
  • secukupnya merica
  • 2/3 cup air
  • 1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :

  1. Campur semua tepung basah, masukkan potongan kembang kol di dalamnya. Kemudian pindahkan ke campuran tepung kering, balur kembang kol hingga merata.
  2. Tumis bawang putih, bombay, dan cabe merah hingga harum. Masukkan minyak wijen, semua saus, kecap, gula, garam dan air, aduk rata. Masukkan larutan maizena dan bawang daun, aduk lagi hingga mengental. Koreksi rasa, lalu matikan api.
  3. Masukkan kembang kol goreng ke dalamnya, aduk hingga merata dan sajikan.

4 dari 4 halaman

Menu Ricebowl 10 Ribuan Sosis Asam Manis tambah Telur Gulung

Menu Ricebowl 10 Ribuan untuk Jualan - Sosis Asam Manis © Diadona

Menu rice bowl 10 ribuan berupa tumis sosis asam manis dan telor ceplok ini bsia kamu jual dengan branding makanan murah tapi bergizi. Gimana nggak, soalnay ada telur, sosis yang mengandung banyak protein dan juga sayuran sebagai sumber serta dan vitamin.

Bahan :

  • 2 bungkus sosis
  • Secukupnya minyak goreng

Bahan saus:

  • 1 bungkus saus tomat
  • 1/2 bonggol bawang bombay
  • 2 siung bawang putih(geprek)
  • 1 sdm maizena+sedikit air
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 100 gr brokoli(rebus)

Cara Membuat :

  1. Siapkan bahannya, potong potong sosis
  2. Panaskan minyak goreng, goreng sosis sampai mekar, sisihkan
  3. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum tambahkan sedikit air, masukkan saus tomatnya
  4. Beri larutan maizena,tambahkan garam dan gula pasir, aduk sampai mengental lalu koreksi rasa
  5. Tata sosis di piring saji, tambahkan brokoli 
  6. Siram sosis dengan saus dan sajikan.

Menu Rice Bowl Tumis Sosis Jamur Kancing dan Telur Gulung

Menu Rice Bowl Tumis Sosis Jamur Kancing dan Telur Gulung © Diadona

Untuk menu rice bowl diet, sabi banget nih bikin olahan dari jamur kancing. Diolah dengan cara yang tepat, jamur kancing tidak memiliki kandungan lemak, sodium tapi kaya akan vitamin dan mineral.

Menu Rice Bowl 10 Ribuan Sosis Cabe Bawang

Menu Rice Bowl 10 Ribuan untuk Jualan - Sosis Cabe Bawang © Diadona

Menu rice bowl sat set lainnya yakni sosis cabe garam. Tampilannya menarik banget dengan potongan cabe merah dan hijau besar. 

Bahan : 

  • 10 buah sosis sapi
  • 4 buah cabe besar hijau
  • 4 buah cabe keriting merah
  • 2 buah cabe rawit
  • 1/4 buah bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 sdt garam
  • 100 ml air

Cara Membuat :

  1. Cabe hijau besar, cabe keriting merah, cabe rawit dan bawang diiris.
  2. Panaskan minyak canola, masukan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga harum.
  3. Siapkan sosis yang sudah diiris.
  4. Masukan sosis dan air, masak hingga sosis matang.
  5. Selanjutnya masukan semua cabe dan garam, sambil diaduk.
  6. Setelah kuah agak menyusut, matikan kompor.

Menu Ricebowl 10 Ribuan untuk Jualan - Tempe Katsu Saus BBQ

Menu Ricebowl 10 Ribuan untuk Jualan - Tempe Katsu Saus BBQ © Diadona

Jangan salah, olahan tempe bisa juga dihadirkan sebagai menu rice bowl yang kekinian, enak dan tak terlihat murah. Bikin tempe katsu yang rasanya mirip banget sama daging ayam, trus tambah dengan saus BBW yang enak dan melimpah.

Nggak cuman ayam, telur, jamur hingga sosis ternyata bsia jadi kreasi menu rice bowl 10 ribuan yang murah.

Beri Komentar