Mengungkap Kelezatan Es Dawet Jembut Kecabut Khas Purworejo

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 2 Januari 2020 13:56
Mengungkap Kelezatan Es Dawet Jembut Kecabut Khas Purworejo
Lagi-lagi kuliner dengan nama yang nyentrik. Namun, kali ini adalah minuman, yang namanya Es Dawet Jembut Kecabut. Hm, es dawet macam ini apa kira-kira, ya?

Setelah Ketupat Jembut ramai dibicarakan karena namanya yang unik, kali ini ada minuman yang memiliki nama serupa, yaitu Es Dawet Jembut Kecabut.

Berkunjung ke Purwerejo, nggak lengkap rasanya kalau belum menyantab Es Dawet Jembut Kecabut. Selain rasanya yang lezat, namanya yang nyetrik nan nyeleneh ini membuat banyak orang penasaran bahkan hanya dari mendengar namanya. Bahkan, Phinemo (09/12) menyebutkan bahwa Es Dawet Jembut Kecabut merupakan minuman legendaris bagi masyarakat Purworejo.

Penamaan minuman itu nggak lain nggak bukan merupakan singkatan lokasi tempat minuman ini berada. Dilansir dari JOGJAinside (09/12), Jembut berarti Jembatan Butuh, sedangkan Kecabut berati Kecamatan Butuh.

 

1 dari 1 halaman


Katanya, awal mula keberadaan es dawet ini sudah ada sejak 1950-an, oleh Mbah Ahmad Dansri. Cucu Ahmad Dansri yaitu Wagiman, yang sekarang menjadi pewaris es dawet generasi ke-3, mengatakan bahwa Mbah Dansri dulu jualnya keliling dan biasanya pembeli adalah para petani, belum ada lokasi jualan seperti sekarang.

Detik Food (09/12) memublikasikan sebelumnya, pembuatan Es Dawet Jembut Kecabut dilakukan secara manual, tanpa penggunaan pewarna buatan.

Dawet berasal dari tepung pati gelang yang direbus sambil diaduk. Sedangkan warna hitam yang ada pada dawet diberikan dari pewarna alami yaitu hasil penyaringan abu yang dihaluskan hasil pembakarang jerami padi. Untuk racikannya berupa santan dan pemanis yang terbuat dari gula kelapa dan es.

 

Gimana, sudah ngiler dan penasaran pengin nyoba? Tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar