Mengulik Perbedaan Bakso Cuanki vs Bakso Malang, Udah Tau Belum?

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 14 Desember 2020 18:10
Mengulik Perbedaan Bakso Cuanki vs Bakso Malang, Udah Tau Belum?
Bedanya apa, ya?

Sebagai penikmat makanan, terutama bakso, mungkin kamu suka lupa sama jenis atau nama bakso yang di makan. Bahkan, karena saking sukanya, jenis-jenis bakso yang kamu konsumsi pun bermacam-macam namanya. Mulai dari cuanki, bakso malang, hingga baso aci.

Nah, supaya kamu nggak salah untuk membedakan dan sebagai wawasan baru soal dunia kuliner, berikut kami akan membahas tentang perbedaan antara bakso malang dan bakso cuanki yang jarang diketahui publik. Penasaran? Yuk, simak pembahasannya berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Asal Usul Nama Bakso Cuanki dan Bakso Malang

Ilustrasi Bakso Malang © Diadona

Bagi orang awam, mungkin akan merasa aneh saat mendengar nama bakso cuanki. Bahkan, tak sedikit dari kalian yang mencari tahu di internet kepanjangan dari 'cuanki' itu sendiri. Tenang, sekarang kamu gak perlu bingung mencari tahu arti nama cuanki, sebab cuanki berasal dari kata 'cari uang jalan kaki'.

Singkatnya, bakso cuanki adalah berjualan dengan gerobak gendong atau dipikul sambil jalan-jalan. Sedangkan bakso Malang atau biasa disebut dengan bakso Arema ini konon diambil dari nama panglima perang pada zaman dahulu kala.

Untuk soal topping dan isiannya baik bakso Malang ataupun cuanki, umumnya sama-sama memiliki jenis bakso dan toping isian yang banyak, namun ada beberapa hal yang membedakan. Di mana bakso cuanki memiliki isian siomay, tahu, tahu goreng, dan tahu isi bakso. Selain itu, biasanya bakso cuanki punya bentuk bakso yang lebih kecil dari bakso biasanya. Tapi kalau soal rasa, bakso cuanki pastinya punya kuah yang gurih, serta tekstur bakso yang empuk dan sedikit kriuk saat di makan.

2 dari 2 halaman

Jenis Topping Bakso Cuanki dan Bakso Malang

Ilustrasi Cuanki © Diadona

Tak cukup sampai di situ saja, ciri khas lainnya dari bakso cuanki adalah pada cara penyajiannya. Jika bakso malang disajikan dengan cara menyiramkan kuah ke isian bakso, sementara bakso cuanki justru merebus isian bakso terlebih dahulu didalam kuah bersama saus/bumbu sampai toping isiannya mengembang.

Sedangkan perbedaan isian pada bakso cuanki dan bakso Malang yaitu pada sian jenis bakso dan toping bakso Malang yang lebih banyak dan lengkap. Misalnya isian bakso urat, bakso halus, bakso goreng, pangsit, mie, kekian, dan bihun.

Nah, kalau kamu masih bingung untuk membedakaan diantara kedua makanan ini, kamu tinggal perhatikan saja isiannya. Misalnya bakso cuanki nggak pakai mie dan bihun, atau lebih gampangnya kamu bisa lihat dari gerobak jualnya. Sebab, bakso cuanki biasanya dijual dengan gerobak gendong, sementara bakso malang dijual dengan gerobak dorong.

Itulah perbedaan bakso Malang dan bakso cuanki. Gimana, gampang banget kan ngebedain dari dua bakso tersebut?

Beri Komentar