Mengenal Kuliner Khas Hungaria, Adakah yang Kamu Kenali?

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 27 Januari 2020 15:14
Mengenal Kuliner Khas Hungaria, Adakah yang Kamu Kenali?
Makanan Hungaria bisa mengatasi hungry nggak ya?

Beberapa waktu lalu, tepatnya 23 Januari 2020, Presiden Joko Widodo menerima kedatangan Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban, di Istana Merdeka. Kedatangan tersebut dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Hungaria. Negara tersebut terletak di Eropa Tengah dengan Budapest sebagai ibukotanya.

Saat ini, mungkin nggak banyak informasi yang kita ketahui tentang Hungaria. Padahal, sebenarnya Hungaria menyimpan banyak hal menarik, salah satunya dari sisi kuliner.

Jika dibandingkan dengan negara Eropa lain seperti Italia atau Perancis, restoran Hungaria memang belum umum keberadaannya, atau bahkan nggak ada. Namun demikian, menu makanan yang berasal dari Hungaria seringkali menyebar di banyak restoran. Salah satu yang khas dari kuliner Hungaria adalah penggunaan bumbu paprika.

Dilansir dari Liputan6 (27/01), berikut adalah kuliner-kuliner khas dari Hungaria.

1 dari 5 halaman

Goulash

Ilustrasi goulash © Diadona

Makanan ini berbentuk sup berkuah pekat dengan isian daging sapi, kentang, saus tomat, dan paprika. Semua bahan dimasak hingga daging menjadi empuk. Sekilas, makanan ini terlihat seperti masakan Indonesia, semur daging. Goulash bisa juga dinikmati dengan diguyurkan di atas pasta.

2 dari 5 halaman

Halaszle

Ilustrasi halaszle © Diadona

Halaszle atau biasa juga disebut sebagai 'fisherman's soup' adalah sup berkuah merah dengan isian ikan di dalamnya. Sup ini terdiri dari ikan sebagai bahan utama serta campuran bawang merah dan paprika. Makanan ini adalah menu favorit untuk dinikmati saat momen natal.

3 dari 5 halaman

Porkolt

Ilustrasi porkolt © Diadona

Porkolt, secara harafiah berarti 'dipanggang dan hangus', karena memang begitulah cara makanan ini diolah. Menu sup dengan saus merah pekat ini terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan bubuk paprika. Untuk isiannya sendiri opsional, antara daging sapi, domba, atau ayam. Umumnya, porkolt disajikan dengan pangsit, kentang rebus, atau pasta.

4 dari 5 halaman

Strudel

Ilustrasi strudel © Diadona

Untuk yang terakhir ini mungkin sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. Walaupun di sini brandingnya menjadi oleh-oleh khas suatu kota, namun sebenarnya strudel berasal dari Hungaria. Kudapan ini berbentuk pastry kering gurih di luar dengan isian manis--biasanya terbuat dari apel atau berri--di dalam.

5 dari 5 halaman

Bagaimana, apakah setelah membaca artikel di atas kalian jadi tertarik untuk mencicipi kuliner khas Hungaria? Yang mana yang paling membuatmu penasaran? Isi di kolom komentar ya!

Beri Komentar