Memakan Nasi yang Dingin, Apakah Menyehatkan?

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 28 Januari 2020 13:37
Memakan Nasi yang Dingin, Apakah Menyehatkan?
Mengkonsumsi nasi yang sudah dingin apakah bermanfaat apa malah merugikan?

Nasi adalah makanan pokok yang dibutuhkan hampir di seluruh penjuru dunia, apalagi di negara-nagara Amerika Latin, Afrika dan di Asia tentunya. Di Indonesia sajian makanan yang dinikmati menggunakan nasi yang masih hangat akan terasa lebih nikmat. Tapi kalian yahu nggak kalau nasi yang baik untuk untuk kesehatan bukanlah nasi yang hangat apalagi panas, menalinkan nasi yang sudah dalam kondisi dingin.

Dilansir dari www.healthline.com, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu mengkonsumsi nasi yang sudah dingin. Apa saja? Simak artikel ini baik-baik, ya.

1 dari 3 halaman

Kelebihan Nasi yang Sudah Dingin dari Pada Nasi yang Hangat ataupun Panas

Pertama, Nasi yang sudah dingin mempunyai serat pati yang sangat bagus untuk sistem pencernaan kita. Pati merupakan serat yang tidak bisa diserap oleh tubuh. Namun, bakteri yang berada dalam usus bisa memfermentasi serat tersebut. Nasi dingin ini bisa menjadi prebiotik untuk badanmu dan juga sekaligus menjadi makanan untuk bakteri tersebut.

Kedua, Nasi yang sudah dingin juga mengandung hormon antidiabetes dan antiobesitas. Hormon tersebut akan meningkatkan sensivitas insulin dan juga berfungsi meminimalisir lemak dalam perut.

2 dari 3 halaman

Terlepas dari semua itu, jangan mengkonsumsi nasi dingin yang sudah lebih dari 2 hari karena pada waktu tersebut nasi yang akan kamu konsumsi sudah ditumbuhi spora atau sering kita ketahui sebagai jamur. Spora atau jamur ini ketika kamu konsumsi akan menimbulkan efek buruk pada sistem pencernaan seperti diare.

Ilustrasi Sakit PerutIlustrasi Sakit Perut © aidsmap.com

3 dari 3 halaman

Nah, itulah beberapa fakta tentang mengkonsumsi nasi yang sudah dingin. Secara keseluruhan, mengkonsumsi nasi yang sudah dingin dapat meningkatkan kesehatan ususmu, serta kadar gula dan kolesterol, karena kandungan patinya yang lebih tinggi dari pada nasi yang masih hangat atau bahkan panas.

Beri Komentar