Gandeng Teman Tuli, Burger King Indonesia Semarakan Gerakan Sunyi Bersuara

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 5 Desember 2020 11:16
Gandeng Teman Tuli, Burger King Indonesia Semarakan Gerakan Sunyi Bersuara
Gerakan Sunyi Bersuara ini dimaksudkan agar perusahaan bisa merekrut penyandang disabilitas untuk mendapatkan kesempatan kerja yang sama.

Burger King Indonesia merupakan restoran waralaba yang sudah nggak asing lagi di telinga kita. Selain punya menu burger yang khas dengan Whoppers-nya, Burger King juga dikenal selalu punya gebrakan-gebrakan unik dalam sebuah gerakan sosial.

Awal November lalu, Burger King melakukan ajakan kepada seluruh masyarakat untuk membeli produk McDonald's. Hal ini dilakukan sebagai ajakan kepada masyarakat untuk membantu para karyawan di semua restoran di Indonesia agar tetap bisa bertahan di tengah pandemi ini.

Nampaknya, Burger King juga tak bosan untuk membuat sebuah gerakan-gerakan kemanusiaan. Ya, Burger King kini juga mempromosikan perekrutan orang penyandang disabilitas di lapangan kerja. Mereka menyebutnya dengan gerakan Sunyi Bersuara.

1 dari 3 halaman

Sunyi Bersuara

Burger King Sunyi Bersuara © Diadona

Burger King Indonesia mengumumkan #SunyiBersuara " Voice of The Silnet" , sebuah gerakan untuk inklusivitas dan kesempatan yang setara di dunia kerja, khususnya bagi komunitas tuli.

Sebelumnya, Burger King Indonesia telah mempekerjakan 100+ anggota kru tuli di seluruh restoran di Bali, Makassar, dan Jakarta.

“ Kami memulai proses perekrutan menjelang akhir 2018 – yang menuntut kami untuk membangun prosedur ketenagakerjaan dan pelatihan dari awal, serta kami telah belajar banyak selama proses tersebut. Kami memahami bahwa bisnis mungkin memiliki beberapa pertimbangan sebelum melakukan perjalanan ini, seperti yang terjadi pada kami di awal,” ucap Frida Marpaung, Head of HR & CSR di Burger King Indonesia.

Burger King Sunyi Bersuara © Diadona

Burger King telah melakukan survei kepuasan tamu dan menemukan bahwa toko khusus itu bekerja lebih baik secara signifikan. Maka dari itu, Burger King ingin menjangkau perusahaan dengan Surat Terbuka dan menerbitkan tool-kit untuk membantu mereka yang memulai perjalanan khusus mereka.

2 dari 3 halaman

Peringati Hari Penyandang Disabilitas Internasional

Burger King Sunyi Bersuara © Diadona

Gerakan ini #SunyiBersuara ini dilakukan pada tanggal 3 Desember 2020, yakni bertepatan pada Hari Penyandang Disabilitas Internasional ILO karena Burger King adalah anggota kunci dari Jaringan Disabilitas Bisnis Internasional (IBDN) ILO.

“ Membangun masa depan yang lebih baik dan masyarakat inklusif, bergantung pada tindakan kita hari ini. Jaringan kerja bisnis dan disabilitas di Indonesia adalah sekelompok perusahaan yang memiliki kesamaan pikiran guna mempromosikan ketenagakerjaan penyandang disabilitas.” tutur Kazutoshi Chatani Employment specialist di ILO, Jakarta.

3 dari 3 halaman

Tool-kit #SunyiBersuara

Burger King Sunyi Bersuara © Diadona

Tool-kit #Sunyi Bersuara ini memberikan sebuah panduan yang jelas tentang mempekerjakan orang dengan disabilitas, yang berfokus pada empat langkah utama. Pendidikan tentang berbagai jenis disabilitas, memahami kebutuhan organisasi, menjangkau pihak-pihak terpilih yang bisa membantu dalam perekrutan hingga pelatihan, serta kontak untuk LSM dan pemangku kepentingan yang mendukung orang-orang disabilitas.

Tool-kit ini juga telah tersedia di website sunyibersuara.id. Agar lebih mendorong perusahaan, Burger King telah mempublikasikan video yang memperlihatan bagaimana hari-hari kru spesial mereka yang tak berbeda dengan orang lain pada umumnya.

Beri Komentar