9 Cara Membuat Sate Bumbu Sambal Kacang, Ayam, Taichan, Sapi, Kambing Khas Madura dan Padang

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 24 Februari 2020 23:06
9 Cara Membuat Sate Bumbu Sambal Kacang, Ayam, Taichan, Sapi, Kambing Khas Madura dan Padang
Masakan asli Indonesia yang menjadi favorit semua kalangan. Yuk, simak resep mudah anti gagal cara memasak sate berikut ini!

Siapa sih yang nggak suka makan sate? Pastinnya nggak ada yang bisa menolak kelezatan dan nikmatnya olahan masakan asli Indonesia ini dong.

Olahan sate selalu menjadi primadona pilihan masakan untuk setiap pencinta kuliner khususnya kamu yang suka sajian masakan nusantara. Bumbu kacang yang gurih dan manis adalah salah satu kombonasi sempurna saat menikmati olahan sate. 

Banyak sekali sate yang bisa kamu nikmati, mulai dari sate ayam, sapi, kambing, taichan, bahkan hampir setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas sate masing-masing. Sebut saja sate Madura dan Padang. Yuk daripada penasaran langsung saja simak resep cara membuat sate yang telah Diadona rangkum di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 9 halaman

1. Cara Membuat Sate Taichan

Ilustrasi Sate Taichan © Diadona

Siapa sih yang nggak tahu sate hits zaman now ini? Yap, sate taichan yang sedang digandrungi banyak orang ini menjadi salah satu pilihan olahan sate yang wajib kamu coba dan buat sendiri di rumah.

Cara membuat sate taichan ini terbilang mudah karena disajikan tanpa bumbu kacang dan kecap. Kamu cukup membakar daging ayam yang sebelumnya telah kamu bumbui dengan garam dan jeruk nipis. Yuk, langsung saja simak resep mudah cara membuat sate taichan yang enak dihidangkan dengan sambal pedas dan lontong berikut ini. 

Bahan:
- 1/2 kg ayam fillet paha
- 1 buah jeruk nipis
- Penyedap rasa (royco ayam)
- Tusuk sate

Sambal taichan:
- 5 siung bawah putih
- 3 siung bawang merah
- 20 buah cabai orange
- 1/4 sdm garam
- 1/4 sdm gula
- 1/4 sdm lada
- 1/2 jeruk limo
- Sedikit royco ayam

Cara membuat sate taichan:

  1. Potong daging ayam fillet sesuai selera, marinasi daging ayam yang sudah terpotong dengan royco ayam dan jeruk nipis. Tusuk daging ayam yang sudah dimarinasi dengan tusuk sate sesuai selera. Panggang dengan api kecil sampai matang.
  2. Buat sambal taican dengan cara campurkan semua bahan ke dalam blender dan tambahkan sedikit air. Kemudian mix sampai semua larut. Pindahkan ke dalam wadah atau panci kecil dan panaskan dengan kompor sampai matang.

2 dari 9 halaman

2. Cara Membuat Sate Ayam

Ilustrasi Sate Ayam © Diadona

Olahan sate ayam yang lembut memang nggak bisa kamu tolak begitu saja. Terbayang nggak sih ketika kamu menyantap sate dengan daging lembut serta gurih khas aroma daging bakar yang semerbak. Kamu tentunya bisa banget membuat olahan sate ayam di rumah dengan mudah. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat sate ayam di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram ayam, potong dadu
- 250 gram kacang tanah
- 2 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 2 cabe rawit merah
- Gula merah sesuai selera
- Kecap Manis sesuai selera

Cara membuat sate ayam:

  1. Rendam selama 10 menit ayam yang sudah dipotong dadu dengan air garam, lalu tusuk potongan ayam tersebut menjadi sate.
  2. Buat bumbu dengan cara blender kacang, bawang, gula merah, dan garam. Tumis bumbu kacang, lalu tambahkan kecap, bisa tambahkan daun jeruk sebagai pelengkap.
  3. Bakar Ayam yang sudah ditusuk tadi setengah matang. Kemudian olesi dengan sambal kacang agar bumbu kacang menyerap ke dalam daging ayam, lalu bakar kembali sampai matang. Jika sudah matang sajikan di wadah dan lumuri dengan saus kacang.

3 dari 9 halaman

3. Cara Membuat Bumbu Sate

Ilustrasi Bumbu Sate © Diadona

Saat kamu ingin membuat sate sendiri di rumah, tentunya kamu nggak boleh ketinggalan untuk membuat sendiri bumbu sate dari kacang lezat ini. Tenang, cara membuatnya sangatlah mudah kok. Langsung saja deh, simak resep cara membuat sate untuk bumbu kacangnya di bawah ini.

Bahan:
- 100 gram kacang tanah
- 250 ml air
- 4 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 2 butir kemiri
- 1 sdm kecap manis, sesuai selera
- 1 sdt gula merah
- Secukupnya gula
- Secukupnya garam
- Secukupnya penyedap
- 1 sendok sayur minyak goreng
- 2 lembar daun jeruk, buang tulang lalu iris-iris

Cara membuat sate untuk bumbunya:

  1. Blender kacang tanah yang sudah digoreng dengan kemiri, bawang merah bawang putih dan air sampai halus dan lembut. Panaskan minyak di wajan, lalu masukkan blenderan tadi dan tambahkan gula merah.
  2. Masak sampai meletup-letup, kemudian tambahkan bumbu, gula, garam, penyedap dan kecap manis. Masak sampai matang meletup-letup dan mengental.

4 dari 9 halaman

4. Cara Membuat Sate Padang

Ilustrasi Sate Padang © Diadona

Apakah kamu sudah pernah mencicipi sate khas Padang? Itu loh, sate yang berasal dari bahan daging sapi, lidah dan jeroan dengan bumbu bumbu kacang kental yang mirip bubur. Jika belum, maka kamu wajib banget mencobanya dengan membuat sendiri olahan sate Padang di rumah. 

Tenang saja, cara membuatnya cukup simple dengan bahan yang mudah ditemui kok. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat sate Padang berikut ini.

Bahan:
- 300 gram daging sandung lamur
- 1 sdm tepung beras
- 3 sdm tepung maizena
- Secukupnya air
- Secukupnya tusuk sate

Bumbu halus:
- 5 siung bawang merah
- 3 buah cabe keriting
- 1 sdt ketumbar
- 1/2 sdt merica
- 1/4 sdt jinten
- 3 cm kunyit
- Secukupnya gula
- Secukupnya garam

Bumbu aromatik:
- 1 cm jahe, geprek
- 2 cm lengkuas, geprek
- 1 batang serai, ambil putihnya, geprek
- 6 lembar daun jeruk
- 1/2 lembar daun kunyit, belah
- 1 sdt asam jawa

Cara membuat sate Padang:

  1. Cuci bersih daging, rebus sebentar dalam air mendidih. Buang buih coklat yang mengapung, dagingnya dicuci bersih menggunakan air mengalir dan tiriskan.
  2. Rebus 750 ml air sampai mendidih dan masukkan daging sapi bersama semua bumbu halus dan bumbu aromatik. Rebus sampai daging sapi empuk.
  3. Angkat daging dan tiriskan. Tunggu agak dingin lalu potong sesuai selera. Tusuk sampai habis dengan menggunakan tusuk sate, sisihkan. Campur tepung beras dan tepung maizena kemudian larutkan dengan air biasa/dingin, sisihkan.
  4. Didihkan air rebusan daging yang berbumbu dan tuang larutan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai kekentalannya sesuai yang diinginkan. Kuah sate siap disantap.
  5. Celupkan sate ke dalam kuah sate dan beri sedikit minyak goreng kemudian bakar bolak balik di panggangan sebentar saja sampai mulai harum dan ada sensasi gosong sedikit.

5 dari 9 halaman

5. Cara Membuat Sate Kambing

Ilustrasi Sate Kambing © Diadona

Selain sate ayam, kamu mungkin juga sering menemui sate kambing yang banyak dijual oleh pedagang lapak pinggir jalan dengan aroma yang khas yang lezat. Terbayangkan ingin rasanya untuk singgah dan mencicipinya sejenak. Kamu tentunya juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Tenang saja, nggak akan ada bau anyir yang menempel kok. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat sate kambing di bawah ini.

Bahan:
- 1 kg daging kambing
- 1 buah nanas muda

Bahan rendaman:
- 1 sdt ketumbar
- 3 siung bawang putih
- 5 butir bawang merah
- 3 sdm minyak goreng
- 1 sdt garam
- Secukupnya penyedap

Bahan saos:
- 1/4 kacang tanah
- 3 buah cabe merah besar
- 4 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 sdm gula merah
- Secukupnya air

Bahan pelengkap:
- Irisan bawang merah
- Irisan cabe rawit
- Jeruk nipis
- Kecap manis

Cara membuat sate kambing:

  1. Bersihkan daging lalu potong sesuai selera. Kemudian parut nanas muda dan lumuri pada potongan daging, diamkan selama 15 menit.
  2. Haluskan bahan rendaman yaitu ketumbar, bawang putih dan bawang merah. Campur dengan potongan daging kambing, tambahkan minyak goreng, garam dan penyedap. Aduk-aduk hingga tercampur dan diamkan selama 30 menit dalam kulkas.
  3. Sembari menunggu daging di marinasi kita buat saos kacangnya. Goreng semua bahan saos kecuali gula merah dan air. Goreng hingga matang, lalu haluskan.
  4. Masak kembali bersama air, gula merah, garam dan penyedap. Masak hingga kental dan jangan lupa cek rasa. Jika dirasa sudah pas lalu matikan api dan sisihkan.
  5. Daging kambing yang sudah dimarinasi kita tusuk dengan tusuk sate. Bakar dengan sesekali diolesi sisa bumbu marinasi. Panggang hingga matang, sajikan bersama saos kacang.

6 dari 9 halaman

6. Cara Membuat Sate Sapi

Ilustrasi Sate Sapi © Diadona

Sate sapi yang khas dengan serat dagingnya itu juga bisa kamu buat menjadi olahan sate yang empuk dan lezat. Yap, langsung saja simak resep mudah cara membuat sate sapi yang bisa kamu buat sendiri dengan sederhana dan anti ribet di rumah.

Bahan:
- 1/2 kg daging sapi tanpa lemak
- 1 lembar daun pepaya
- 1 ons kacang tanah
- 5 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 3 buah cabe merah besar
- 2 sdm kecap manis
- 1/4 buah air jeruk nipis
- 25 gram gula merah
- Garam secukupnya
- Tusuk sate seperlunya
- 200 ml minyak goreng, bekas menggoreng bumbu

Cara membuat sate sapi:

  1. Cuci bersih daging, kemudian potong-potong sesuai seratnya setebal 2 cm. Pukul-pukul daging menggunakan palu daging atau alat lain agar serat nya putus. Kemudian potong kotak-kotak sesuai selera.
  2. Letakkan daun pepaya yang telah diremas tanpa mengoyak daunnya ke dalam baskom. Tata daging yang telah dipotong kotak kotak di atas daun pepaya. Susun sedemikian rupa agar semua daging terkena permukaan daun. Lipat daun agar daging tertutup semua dengan daun pepaya.
  3. Goreng kacang tanah hingga matang jangan terlalu coklat agar sate tidak pahit nantinya. Goreng bawang merah, bawang putih, dan cabe merah.
  4. Haluskan kacang, bawang merah, bawang putih dan cabe merah yang telah di goreng, kemudian tambahkan bahan lain yang belum dimasukkan seperti air jeruk nipis, garam, dan gula merah.
  5. Ambil daging, bersihkan dari daun pepaya tanpa dicuci lagi. Lalu masukkan ke dalam bumbu halus aduk-aduk hingga semua daging tercampir rata dengan bumbu. Tusuk-tusuk daging dengan tusuk sate hingga habis.
  6. Bakar menggunakan arang atau teflon atau bakaran apa saja yang ada di rumah. Sebelum di bakar, celupkan terlebih dahulu ke dalam minyak goreng bekas menggoreng bumbu. Bakar hingga daging matang sempurna.

7 dari 9 halaman

7. Cara Membuat Sambal Kacang Sate

Ilustrasi Sambal Kacang © Diadona

Yang menjadi khas saat kita memakan sate adalah sambal kacang yang menggoda ini. Sambal kacang akan semakin nikmat dengan tambahan bahan kecap manis dan sambal pedas. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat sate untuk sambal kacangnya di bawah ini.

Bahan:
- 1 gengam kacang sambal

Bahan sambal:
- 3 buah bawang merah
- 2 bawang putih
- 7 cabe rawit
- Secukupnya kecap
- Secukupnya gula dan garam

Bahan lain:
- 2 buah bawang merah, rajang untuk dicampur ke sambal

Cara membuat sate untuk sambal kacang:

  1. Goreng bahan sambal hingga harum dan matang, jika sudah angkat dan taruh cobek. Goreng kacang hingga matang, jika sudah taruh cobek beri garam gula secukupnya kemudian uleg hingga halus.
  2. Beri kecap dan sedikit air, campur rata, cicipi, kemudian iris bawang merah rajang dan campurkan ke sambal.

8 dari 9 halaman

8. Cara Membuat Sate Maranggi

Ilustrasi Sate Maranggi © Diadona

Sate meranggi yang disajikan dengan bahan acar, sambal tomat, sambel oncom, ketan bakar atau nasi timbel khas Purwakarta dan Cianjur ini bisa banget kamu coba buat sendiri di rumah. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat sate meranggi di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram daging sapi has dalam
- 1 sdm ketumbar
- 1 sdt lada butiran
- 5 siung bawang merah
- 5 siung putih
- 1 ruas jari kencur
- 1 ruas jari jahe
- 1 ruas jari laos yang muda
- 2 sdm gula merah
- 1 sdt garam
- Penyedap, sesuai selera
- 2 sdm air asam
- Kecap manis
- (tomat, cabe rawit, bawang merah diiris untuk sambel)
- Jeruk limo

Cara membuat sate Meranggi:

  1. Haluskan bumbu ketumbar, lada, bawang merah, bawang putih, kencur, jahe, dan laos. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan gula merah dan air asam, tambahkan garam dan penyedap.
  2. Daging sapi potong dadu. Setelah bumbu dingin, masukkan ke potongan daging lalu diaduk dan diamkan di kulkas selama 1 jam atau lebih lama lebih meresap. Tusuk daging menjadi sate
  3. Bakar di atas api dengan teflon atau alat bakar lainnya. Setelah matang kita santap dengan sambal kecap yang terdiri dari cabe rawit, bawang merah, tomat diiris diberi jeruk limo dan kecap manis.

9 dari 9 halaman

9. Cara Membuat Sate Madura

Ilustrasi Sate Madura © Diadona

Sate ayam Madura memang terkenal dengan penyajiannya yang khas yaitu dengan lontong serta siraman saus kacang dan kecap yang melimpah. Kamu harus wajib membuat olahan sate varian ini jika suka dengan bumbu kacang yang menggoda. Yuk, langsung saja simak resep mudah cara membuat sate Madura di bawah ini.

Bahan:
- 350 gram daging ayam fillet potong kotak-kotak
- 1 sdm air jeruk nipis
- Garam secukupnya
- 2 sdm kecap manis
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu kacang:
- 150 gram kacang tanah goreng
- 5 buah bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 sdm gula merah sisir
- 5 butir kemiri goreng
- 5 lembar daun jeruk
- 5 buah cabe merah keriting
- Garam secukupnya
- 400 ml air

Bahan pelengkap:
- Kecap manis
- Bawang merah, iris-iris
- Bawang merah goreng
- Timun, potong-potong
- Cabe rawit merah, iris-iris

Cara membuat sate Madura:

  1. Dalam wadah campur daging ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit lalu bilas. Tusuk-tusuk daging ayam dengan lidi, panaskan happy call dengan beri sedikit minyak. Panggang sate sampai matang, sisihkan.
  2. Blender semua bumbu saus kacang kecuali daun jeruk dan garam, lalu masukkan ke dalam panci. Tambahkan daun jeruk dan garam, masak hingga matang, koreksi rasa. Ambil secukupnya saus kacang, campur dengan minyak goreng secukupnya dan kecap manis aduk rata. Sajikan sate dengan bahan Pelengkap lainnya.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat sate dengan aneka varian serta khas daerah Nusantara yang wajib kamu buat sendiri di rumah. Dijamin, kamu akan semakin disayang keluarga. Hehe... Selamat berkreasi!

Beri Komentar