Cara Membuat Mie Ramen dari Mie Instan Sendiri di Rumah dan 8 Tips Sederhana Memasaknya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 10 Desember 2020 16:44
Cara Membuat Mie Ramen dari Mie Instan Sendiri di Rumah dan 8 Tips Sederhana Memasaknya
Cara membuat mie ramen dari mie instan emang gampang banget. Tapi udah tahu belum beberapa tips sederhananya? Misalnya segera rendam mie dengan air es biar ramen nggak lembek dan lengket.

Siapa yang kayak mimin nih, tiap kali nonton drama Korea bawaannya pengen banget tahu gimana cara membuat mie ramen. Karena siapa sih yang nggak ngiler melihat penampilannya yang mengundang selera?

Meski sering kita lihat di drama Korea, ramen sendiri sebenarnya berasal dari Jepang. Nggak sekedar mie berkuah, ramen memiliki ciri khas yakni mie yang dibuat dari terigu dijeburkan dalam sebuah mangkuk berisi kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu dan irisan daun bawang yang ditambahkan di atas mie sebagai lauk atau penyedap.

Dan saat ini nih mie ramen sendiri udah banyak tersedia di restoran, tempat makan khas Jepang dan Korea. Coba deh perhatikan, sudah ada paling tidak satu tempat makan di kota kamu yang menjual mie ramen. Ditambah lagi saat ini mie ramen sudah tersedia dalam bentuk instan layaknya mie instan sehingga cara membuat mie ramen jadi semakin mudah.

Tapi untuk kamu yang doyan memasak di dapur, mungkin kepo banget dengan cara membuat mie ramen sendiri.

Dirangkum dari berbagai sumber, yuk cari tahu gimana cara membuat mie ramen yang sederhana, enak dan juga praktis.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Mie Ramen dengan Mie Instan

Cara Membuat Mie Ramen © Diadona

Mie ramen instan memang banyak tersedia di supermarket. Tapi gimana nih kalau suatu malam kamu lagi pengen banget makan ramen tapi kamu cuman punya persediaan mie instan di dapur kamu? Tenang aja, cara membuat mie ramen dengan mie instan tetep bisa kamu lakukan kok.

Kamu bisa mengintip resep Finalis top 7 dari Masetr Chef Indonesia season 5, Devina Hermawan di channel youtube miliknya yang diungah pada 19 April 2020 lalu.

Cara Membuat Mie Ramen ala Devina Hermawan

Untuk kaldunya, kamu membutuhkan bahan-bahan berikut ini:

- mie instan kuah rasa ayam
- 1 siung bawang putih besar
- 250-300 ml air
- 1 siung bawang merah besar
- 2 cm jahe
- 30-50 ml susu evaporasi
- 1 batang daun bawang bagian putih.
- gula
- merica
- topping, seperti telur, jamur kuping, potongan ayam, sayuran dan lainnya.

Pertama, iris bawang, jahe dan daun bawang bagian putih trus masukkan ke air mendidih dan rebus selama 5 menit.

Rebus mie di panci yang berbeda. Jangan lupa juga sipkan bumbu minyak dan bumbu lainnya di mangkuk saja. Setelah mie mencapai tingkat kematangan yan diinginkan, angkat dan tiriskan. Trus masukkan air kaldu ke mangkuk yang berisi bumbu mie instan beserta dengan susu evaporasinya. Kemudian aduk rata dan tambahkan gula dan merica sesuai selera.

Yang terakhir dalam cara membuat mie ramen, letakkan topping di bagian atas ramen. Selesai deh, ramen buatanmu siap dinikmati.

Cara Membuat Mie Ramen © Diadona

Cara membuat Mie ramen ala Putri Habibie

Kamu yang doyan masak dan suka mantengin resp di instagram pasti kenal dengan sosok yangs atu ini. Putri Habibie, adalah salah satu cucu dari BJ Habibie yang menggeluti sekolah kuliner dan punya sekolah masak, yakni Laddy Bake Cooking Class. Maka dari itu nih, cara membuat mie ramen ala Putri Habibie ini wajib banget kamu cobain.

Bahan yang kamu butuhkan antara lain:

- mie telor merek apa saja
- 600 ml air matang
- 200 ml susu kedelai tawar (bisa pakai susu bearbrand)
- 2 potong paha ayam atas dengan kulut dan tulang
- 3 cm jahe iris tipis
- 2 siung bawang putih digeprek
- 2 sdm kaldu ayam bubuk
- 2 sdm kecap asin jepang/ Kikkoman / kecap asin biasa tambah gula
- 1 sdm minyak wijen

Trus kamu juga bisa menambahkan isian dan topping seperti mie telor, ayam suwir, sayuran, nori dan minyak cabai,

cara membuat mie ramen ala putri Habibie juga gampang dan sederhana banget. pertama, rebus paha atam atas tulang dengan air matang, trus tambahkan garam. Selanjutnya campur bumbu irisan jahe, kaldu ayam bubuk, kecap asin Jepang(Kikkoman), susu kedelai, minyak wijen, dalam wadah ayam yang sedang direbus, lalu aduk sampai mendidih.

Trus angkat ayam dan kuah dan swir-suwir. Di panci terpisah, masak mie ramen sampai matang, trus angkat. Letakkan dalam mangkok dan siram dengan kuah.

Yang terakhri dalam cara membuat ramen adalah tata isian ramen di bagian atasnya. Dan kini mie ramen ala Putri Habibie siap dinikmati.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Mie Ramen Sendiri

Cara Membuat Mie Ramen © Diadona

Cara membuat mie ramen sendiri dengan menggunakan mie instan memang mudah. Tapi perhatikan beberapa hal berikut biar mie ramen buatanmu nggak sekedar seperti mie instan biasanya:

Bikin Kaldu Ramen Sendiri

Buang bumbu dari mie instan kamu dan bikin kaldumu sendiri ya, karena kaldu lah yang menentukan cita rasa ramenmu. Kamu bisa menggunakan kaldu dari tulang ayam, udang, atau cuman dengan bumbu miso yang dicampur dengan air.

Kaldu yang kamu bikin sendiri dalam cara membuat mie ramen ini bakalan mengurangi penggunaan garam yang biasanya banyak terkandung pada bumbu mie instan sekaligus memberikan kamu banyak pilihan rasa.

Tambahkan Bumbu Aromatik

Menambhakan bumbu aromatik ke dalam ramen kamu bakalan ngasih cita rasa yang segar banget. Misalhnya nih, bawang putih segar, jahe, atau juga daun bawang. Cincang bawang putih dan juga jahe trus tumis sebenta r dalam minyak panas, lalu tambahkan ke kaldu ramen kamu. Sementara itu daun bawang bisa kamu tambahkan sebagai taburan saat ramen akan disajikan.

Tambahkan Saus

Bukan saos tomat ya, melainkan saos tiram, saos gochujang, kecap ikan dan yang lainnya. Perhatikan saat akan memasukkan bahan-bahan tersebut dalam ramen, pastikan dalam takaran yang tepat dan nggak berlebihan sehingga nggak merusak cita rasa dari kaldu ramen.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Mie Ramen Sederhana

ilustrasi ramen © Diadona

Dikutip dari Detik Food, ada beberapa tips sederhana yang nentuin hasil akhir dari ramen buatanmu. Tips berikut mungkin terlihat sepele, tapi ternyata penting banget lho. Apa aja nih?

Dinginkan Mie dengan Air Es

Setelah mie masak, angkat mie ramen lalu bilas ke air untuk menghilangkan pati yang menempel pada mie. Pati ini membuat testur mie jadi lengket, lembek dan juga berlendir lho. Selanjutnya, letakkan mie dalam air es selagi kamu menyiapkan bahan yang lainnya. Biar apa sih?

Dalam cara membuat mie ramen, merendam mie ramen dalam air dingin berfungsi untuk menghentikan proses pemanasan lebih lanjut yang menyebabkan mie jadi makin lembek.

Mie dan Kaldu adalah yang Terpenting

Dikutip dari The Kitchn, kalau mie dan kaldunya udah sempurna, sejujurnya kamu nggak memerlukan topping ramen yang terlalu heboh. Kalau kedua hal ini terpenuhi, maka topping pelengkap nggak terlalu kamu butuhkan.

Ilustrasi Mie Ramen © Diadona

Jangan Kasih Garam pada Kaldu Ramen

Sejujurnya nih kuah dari ramen nggak pelru berasa asin atau nggak usah ditambahkan garam, melainkan cukup dengan bahan-bahan dari kaldunya saja. Dalam cara membuat mie ramen, masyarakat Jepang biasanya menggunakan bumby dasar berupa kecap, tamari, dashi, dan beberapa bumbu tradisional lainnya.

Gimana Cara Bikin Kaldu Ramen?

Kaldu ramen biasanya terdiri dari jahe, bawang putih, minyak wijen, kecap asin, mirin atau rice wine vinegar

Tips Membuat Telur Rebus Sempurna untuk Ramen

Kalau kamu lihat di banyak fot ramen, biasanya ditambahkan telur rebus dengan bagian kuning yang setengah encer sebagai topping. Untuk membuatnya, kamu cuman perlu mendidihkan sepanci kecil air trus masukkan telur. Rebus selama 7 menit aja untuk membuat kuning telur yang agak encer atau 8 menit untuk kuning telur yang lembut.

Selanjutnya keluarkan telur dari panci dan tempatkan dalam semangkuk air es untuk menghentikan proses memasak. Setelah beberapa menit, kupas kulitnya dengan hati-hati dan potong telur menjadi dua secara memanjang

Cara membuat mie ramen sendiri gampang banget kan? Yuk cobain!

Beri Komentar