Cara Membuat Bolu Pisang Kukus dan Oven dengan Pisang Terlalu Matang, Enak dan Ekonomis

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 27 September 2021 12:23
Cara Membuat Bolu Pisang Kukus dan Oven dengan Pisang Terlalu Matang, Enak dan Ekonomis
Kalau kamu sering mati gaya dengan stok pisang di rumah yang cepat busuk, nggak ada salahnya buat mantengin cara membuat bolu pisang di artikel berikut

Yup, buah pisang memang enak dan kaya manfaat. Harganya juga murah dan mudah banget didapatkan sehingga banyak orang yang memutuskan buat bikin stoknya di rumah. Sayangnya, buah ini mengalami pematangan dengan cepat.

Alhasil bila nggak segera dikonsumsi, pisang yang terlalu matang jadi menunjukkan penampilan dan tekstur yang nggak menarik minat. Kalau sudah begini, jangan dibuang ya! Pisang yang terlalu matang bisa kamu oleh dengan cara membuat menjadi bolu pisang lho. Cocok banget buat jadi menu sarapan atau camilan teman minum teh.

Bolu pisang punya rasa dan aroma pisang yang kuat dengan tekstur cenderung padat dan beremah. Cara membaut bolu pisang ini tuh gampang banget! Dan yang pasti, ,ue ini juga ekonomis. Wah kalau udah begini nih pasti ibu-ibu pada demen!

Ada banyak ragam resep dan cara membuat bolu pisang di internet. Tapi kadang suka ragu nggak sih mana yang ngasih hasil terbaik? Nah kali ini Diadona udah ngumpulin nih beragam resep dan gmana cara bikin bolu pisang dari berbagaisumber terpercaya. Pantengin aja ya!

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Bolu Pisang Lembut ala Tintin Rayner

Cara Membuat Bolu PisangCara Membuat Bolu Pisang © 2021 taste.com

Baking enthuasiast pasti kenal dengan nama Tintin Rayner. Resep resepnya dikenal yummy banget, mulai dari kue, cookie, puding dan lainnya. Jadi nggak diragukan lagi, resep bolu pisangnya pasti nggak kalah menggoyang lidah!

Bahan :

  • 120 gr pisang ambon
  • 2 butir telur
  • 60 gr gula pasir
  • 100 gr tepung Kunci Biru
  • 60 gr butter

Bisa ditambahkan dengan bahan berikut:
bubuk cinnamon, essens pisang/vanilla.
sebagai topping bisa tambahkan keju, chococip, almond atau kismis.

Langkah :

  • Pertama, panaskan oven sampia suhu 180 derajat. Cara membuat bolu pisang dan kue lainnya sellau diawali dengan memanaskan oven. Kenapa demikian? Agar saat adonan selesai dibuat, oven sudah berada dalam suhu yang siap.
  • Lalu siapkan loyang yang dialasi kertas roti
  • Cairan butter atau margarin sampai meleleh saja. Jangan sampai mendidih ya karena bsia bikin bolu jadi kering
  • Hancurkan pisang dengan menggunakan garpu. Jangan diblender ya!
  • Mixer gula dan telur sampai pucat dan mengembang
  • Masukkan pisang, aduk dengan spatula, masukkan tepung secara bertahap dan aduk dengan spatula
  • Terakhir, masukkan margarin cair dan aduk bali. Jangan berlebihan ya!
  • Selanjutnya tuang adonan ke loyang. panggang selama kira-kira 25-30 menit.

Ada tips dari Tintin Rayner nih dalam cara membuat bolu pisang yang mengkilap. Saat bagian luarnya sudah mulai berkulit namun bagian dalam adoann masih basah, berikan belah tengan menggunakan pisau trus oles kulitnya dengan madu agak manis kecoklatan. Sebisa mungkin lakukan tahap ini di awal kulit terbentuk ya karena ketika adonan masih basah maka adonan bisa sedikit naik.

Bolu pisang siap dinikmati deh!

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Bolu Pisang Irit Telur

Cara Membuat Bolu PisangCara Membuat Bolu Pisang © 2021 Rina M via langsungenak.com

Nah kalau cara membuat bolu pisang ini dilakukan dengan bahan-bahan yang irit, bahkan cukup dengan satu telur dan tanpa mentega lho! Cobain yuk!

Bahan A

  • 3 buah pisang ambon matang, lumatkan. Jangan sampai halus banget ya!
  • 1 sachet susu kental manis100 ml minyak sayur
  • 60 m air
  • 1 butir telur, kocok lepas. Campur seluruh bahan hingga rata

Bahan B (campur dan ayak)

  • 200 gr terigu
  • 100 gr gula pasir
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt baking powder
  • Sejumput garam dan vanili

Cara membuat

  • Olesi loyang dengan mentega dan tabur tepung tipis-tipis aja, panaskan oven sampai 160 derajat. Cara membuat bolu pisang ini juga bisa dengan dikukus lho! Langkahnya pun hampir sama yakni panasi kukusan lalu alasi tutupnya dengan serbet agar airnya tak menetes ke kue
  • Tuang bahan cair ke bahan ke kering, aduk mengunakan whisk sampai tercampur rata. Dalam cara membuat bolu pisang ini, jangan aduk bahan-bahan tersebut dalam waktu yang lama ya karena bisa bikin bantet.
  • Tuang adonan ke loyang, masukkan ke oven atau kukusan. Penting banget diingat kalau kamu memilih untuk mengukusnya, pastikan adonan dimasukkan dalam kukusan saat uapnya sudah banyak banget ya! Kukus selama 30 menit dan jangan dibuka-buka. Kalaupun sudah matang, keluarkan dari kukusan tapi tunggu 5 menit lagi agar dikelaurkan dari loyang. Bila menggunakan oven, panggal 45 menit dengan 10 menit terakhir menggunakan api atas.

Resep dan cara membaut bolu pisang ala Dina Syamer ini udah direcook 700 orang lho! Kamu wajib cobain!

3 dari 3 halaman

Bolu Pisang Super Lembut dengan Metode All in One

Resep dan cara membuat bolu pisang kali ini adalah hasil ngintip resenya Dian Nurindah yang disebut bisa ngasih hasil bolu yang sangat lembut. Caranya juga gampang banget karean pakai metode all in one. Penasaran?

Bahan

  • 5 butir telur
  • 300 gr pisang matang, haluskan dnegan garpu
  • 150-180 gram gula pasir. Kurangi n jadi 150 gram aja kalau pisang udah manis ya
  • 200 gram tepung terigu
  • 20 gram maizena
  • 1 bungkus susu bubuk
  • 1/2 sdt vanilli bubuk
  • 1,5 sdt emulsifier
  • 100 gr mentega, lelehkan
  • 50 ml minyak

Cara Membuat

  • Pertama siapkan loyang dan panaskan oven kayak cara membuat bolu pisang lainnya.
  • Siapkan baskom dan mixer, masukkan semua bahan kecuali emulsifier, margarin dan minyak. Mixer emuanya dengan kecepatan rendah sampai rata trus masukkan emulsifiernya. Lanjutkan dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang, kental, pucat dan berjejak.
  • Ambil beberap sendok adonan trus masukkan ke campuran makragirn dan minyak yang berada di tempat lain. Aduk, trus masukkan campuran tad ke adonan utama. Aduk balik dengan spatula dan jangan terlalu lama ya!
  • Panggang selama 30 hingga 40 menit dan lakukan tes tusuk untuk mengecek kematangan. Bolu pisang lembut super lezat siap dinikmati deh!

Cara membuat bolu pisang di atas ternyata gampang, dengan bahan sederhana dengan hasil yang nggak main-main. Selamat mencoba!

Beri Komentar