Cara Membuat Abon Ikan Tuna, Tongkol, dan Lele yang Tahan Lama, Mudah, juga Enak

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 12 Mei 2020 01:29
Cara Membuat Abon Ikan Tuna, Tongkol, dan Lele yang Tahan Lama, Mudah, juga Enak
Cara membuat abon ikan ini bisa Moms praktikkan di rumah. Moms bisa menggunakn bahan ikan tuna, tongkol, dan lele yang dimasak kering hingga olahan ini mampu bertahan lama.

Cara membuat abon ikan sangatlah mudah Moms. Beberapa ikan yang dapat diolah untuk dijadikan abon adalah tuna, tongkol, dan lele. Moms hanya perlu menyiapkan bahan bumbu halus, rempah seperti kemiri, jinten, dan ketumbar, serta daun-daunan seperti jeruk dan salam. Moms tentunya harus mengolah bahan abon ini hingga kering agar bumbu benar-benar meresap serta mampu bertahan lama.

Abon sendiri merupakan makanan yang terbuat dari serat daging hewan. Hewan yang digunakan selain ikan adalah sapi dan kambing. Warna olahan abon ini secara umum adalah coklat kehitaman. Warna ini didapatkan karena komposisi bumbu yang diolah dengan menggunakan kecap dan gula merah. Karena teksturnya yang kering dan tidak menyimpan bnayak kadar air, membuat olahan abon ini awet disimpan hingga berminggu-minggu, loh.

Moms tentunya harus membuat olahan abon ikan ini di rumah. Selain karena rasanya yang enak, abon ini juga cocok dimasak sebagai bahan persediaan makan keluarga yang sewaktu-waktu bisa dinikmati. Yuk Moms langsung saja simak resep cara membuat abon ikan kan tuna, tongkol, dan lele yang tahan lama, mudah, juga enak ynag telah Diadona ulas di bwah ini. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Abon Ikan Tuna

Cara Membuat Abon Ikan © Diadona

Cara membuat abon ikan pertama yang bisa Moms coba praktikkan di rumah adalah menggunakan bahan tuna. Bahan ini sangat umum dibuat karena tektur dan rasa ikan tuna yang sangat cocok diolah menjadi abon. Yuk, simak saja langsung resep cara membuat abon ikan tuna yang enak berikut ini.

Bahan cara membuat abon ikan tuna:
- 1 kg ikan tuna yang dibakar atau dikukus
- 100 gram kelapa setengah tua yang diparut memanjang
- 100 gram lengkuas parut
- 2 batang serai yang dimemarkan
- 2 lembar daun salam
- 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt garam

Bahan halus:
- 2 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 2 butir kemiri
- 1/4 sdt jinten bubuk
- 2 sdt ketumbar bubuk

Cara membuat abon ikan tuna:

a. Cuci bersih bahan ikan tuna, lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam, lalu diamkan selama 15 menit. Bakar ikan hingga matang, angkat, dan suwir-suwir dagingnya tanpa gunakan tulang.

b. Panaskan minyak, tumis bahan bumbu hingga harum. Beri bahan daun salam, lengkuas parut, dan serai. Masak hingga bumbu matang dan bahan bumbu berminyak.

c. Masukkan kelapa parut, santan, garam, dan gula. Masak menggunakan bara api kecil hingga setengah matang. Masukkan juga ikan tuna suwir, dan aduk hingga kering.

d. Cara membuat abon ikan tuna sudah selesai. Angkat dan siap untuk disajikan.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Abon Ikan Tongkol

Cara Membuat Abon Ikan © Diadona

Nggak mau kalah dengan ikan tuna, tongkol juga sangat cocok loh diolah untuk resep cara membuat abon ikan. Yap, tekturnya yang kering dan berserat, membuat ikan tongkol menjadi salah satu pilihan tepat untuk olahan abon ikan. Yuk Moms, praktikkan saja langsung resep cara membuat abon ikan tongkol berikut ini.

Bahan cara membuat abon ikan tongkol:
- 800 gram ikan tongkol
- 3 sdm bawang merah goreng
- 1 buah jeruk nipis
- 5 lembar daun jeruk yang dibuang tulangnya
- 2 lembar daun salam
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt gula pasir
- 200 ml santan kental
- 2 sdm minyak untuk menumis

Bahan bumbu halus:
- 4 butir bawang putih
- 6 butir bawang merah
- 2 buah cabe merah besar
- 3 buah cabe rawit
- 3 cm jahe
- 3 cm lengkuas
- 2 cm kunyit
- 1 sdt ketumbar

Cara membuat abon ikan tongkol:

a. Cuci hingga bersih ikan tongkol, lumuri menggunakan perasan air jeruk nipis dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kukus ikan hingga matang, angkat dan suwir-suwir dagingnya.

b. Tumis bumbu halus, daun salam, dan daun jeruk. Masukkna juga bahan santan, gula pasir, dan garam. Masak hingga kental dan buang sisa bahan daun salam dan daun jeruk.

c. Masukkan suwiran daging ikan tongkol kemudian masak hingga matang dan kering menggunakan bara api kecil. Setelah bahan kering, angkat dan masukkah bawang merah. Aduk rata dan siap dihidangkan.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Abon Ikan Lele

Cara Membuat Abon Ikan © Diadona

Selain dibuat olahan pecel lele, ikan ini juga bisa loh diolah menjadi resep enak yang cocok dipraktikkan di rumah. Yap, nggak perlu bingung lagi, langsung saja simak resep cara membuat abon ikan lele yang enak berikut ini.

Bahan cara membuat abon ikab lele:
- 500 gram ikan lele
- 5 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah untuk bumbu halusnya
- 5 siung bawang merah untuk bawang goreng
- 1/2 sdm ketumbar
- Santan
- Jahe
- Kunyit
- Kemiri
- Gula merah dan gula pasir
- Sedikit garam
- Daun jeruk
- Jeruk nipis

Cara membuat abon ikan lele:

a. Lumuri bahan ikan dengan perasan air jeruk nipis kemudian diamkan selama 10 menit. Kukus ikan lele hingga matang selama 20 menit.

b. Sambil menunggu ikan lele yang dikukus matang, Moms bisa menyiapkan bahan bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, dan jahe.

c. Untuk bahan 5 siung bawang merah tadi bisa diiris tipis lalu digoreng kering dan sisihkan dulu.

d. Angkat ikan kemudian pisahkan daging dari tulangnya. Hancurkan ikan dengan menggunakna garpu.

e. Tumis bahan bumbu halus hingga keluar aroma wanginya. Masukkan gula merah dan gula pasir, garam, dan santan. Aduk hingga bahan tercampur hingga mendidih.

f. Masukkan daun jeruk dan ikan. Aduk hingga bahan kering, baru kemudian masukkan bawang goreng. Aduk hingga benar-benar kering dan abon ikan lele siap untuk disajikan.

Itulah tadi beberapa resep cara membuat abon ikan ikan tuna, tongkol, lele yang Mudah, Enak dan Tahan Lama. Cocok sekali nih Moms dijadikan lauk makan keluarga. Yuk, coba praktikkan di rumah, ya!

Beri Komentar