Cara Membuat Pastel Basah dan Kering yang Digoreng Renyah Isi Sayur dan Abon Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 7 Januari 2020 11:54
Cara Membuat Pastel Basah dan Kering yang Digoreng Renyah Isi Sayur dan Abon Sederhana
Jajanan pastel yang terbuat dari tepung sebagai kulit tipis dengan isian abon, sayur, dan telur kemudian digoreng dengan minyak panas. Rasa renyah pada kulit dan lezat dalam isian pastel bikin nagih.

Diazens, tentunya familiar dong dengan jajanan yang satu ini. Yap, jajanan yang sering kita jumpai di lapak penjual kue basah maupun kering yaitu pastel. Selain dijual, tak jarang kita juga menemui pastel dalam kotak hidangan waktu hajatan.

 

 
 
 
View this post on Instagram

Pencet ???????? dulu Mak • • • • • PASTEL ISI ABON RENYAH by : @elliyeyin Isian nya : Abon Resep Kulit Source : @ phobee Bahan 250 gr tepung terigu segitiga biru 1 sdm tepung maizena 100 ml air Es 2 sdm margarin 1/2sdt Kaldu bubuk 1/2 sdt garam CARA: campur tepung terigu dan maizena ke dlm wdah, lalu tambahkan Kaldu bubuk ,garam, margarin kemudian aduk sampai berbulir -Tuang air sedikit demi sedikit sambil uleni sampai tidak lengket lagi di tangan -Tutup adonan dengan palstik lalu diamkan 15 menit. -Gilas adonan bentuk bulat.. Isi dengan abon, lipat bagian ujungnya -Goreng sampai Kuning kecoklatan angkat tiriskan. -Biarkan sampai dingin lalu simpan di toples Mari FOLLOW ???? ???? @resepjajananpasar

A post shared by Resep Jajanan Pasar (@resepjajananpasar) on

Mungkin kamu belum tahu nih kalau jajanan ini berasal dari Brasil dan Portugis, loh. Pastel Brasil dibuat dengan bentuk setengah lingkaran dengan isian daging sapi cincang, keju mozarela, cream cheese, daging ayam, dan udang. Sedangkan di Portugis berbentuk segitiga dengan rasa cenderung manis dan gurih.

Ketika masuk Indonesia, cara membuat pastel berubah yang disesuaikan dengan selera Nusantara yaitu yang sering kita dengar ada pastel basah dan kering.

Yuk, langsung saja kita simak bersama cara membuat pastel yang telah Diadona rangkum berikut ini. Selamat membaca!

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Pastel Basah

Ilustrasi Kue Pastel Basah © Diadona

Cara membuat pastel basah terbilang mudah. Ada beberapa tahap dari mulai membuat kulit pastel, isian pastel, dan tahap menggoreng. Yuk simak bersama cara membuat pastel basah di bawah ini.

Bahan kulit pastel:
- 250 gram tepung terigu
- 1 butir telur (kocok lepas)
- 40 gram margarin
- 100 ml air
- 1 sdt garam
- Minyak secukupnya

Bahan isi:
- 150 gram bihun (rendam dengan air panas dan tiriskan)
- 200 gram ayam fillet (potong dadu)
- 3 buah wortel (potong dadu kecil)
- 2 batang daun bawang (cincang halus)
- 3 butir elur ayam (rebus dan iris menjadi 8 bagian)

Cara membuat pastel basah:
1. Isi kulit yang sudah dicetak dengan bihun, ayam fillet, wortel, daun bawang, dan telur ayam.
2. Rekatkan kedua sisi dan plintir.
3. Siapkan wajan isi minyak dan tunngu hingga minyak benar-bemar panas.
4. Goreng adonan hingga matang berwarna coklat keemasan dengan bara api sedang.
5. Angkat dan siap pastel basah siap disajikan.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Pastel Kering

Ilustrasi Kue Pastel Kering © Diadona

Patel kering pada umumnya menggunakan isian abon untuk menambah kelezatan dan rasa gurih. Pastel jenis ini bisa menjadi rekomendasi juga untuk menu camilan keluarga. Yuk, kita simak resep cara membuat pastel kering di bawah ini.

Bahan:
- 200 gram abon ayam
- 300 gram tepung terigu
- 100 gram margarin
- 1 sdm tepung sagu
- 1 butir telur yang dikocok lepas
- 1 sdt garam
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat pastel kering:
1. Siapkan wadah atau baskom bersih lalu masukan tepung terigu dan tepung sagu. Aduk bahan hingga tercampur sempurna kemudian masukan margarin dan ulangi pengadukan.

2. Masukkan telur dan garam lalu aduk adonan hingga tercampur sempurna. Jika adonan yang sudah siap maka keluarkan dari wadah.

3. Giling adonan dengan menggunakan rolling pin. Adonan yang sudah melebar kemudian cetak dengan menggunakan tutup botol air mineral.

4. Adonan yang telah dicetak menggunakan tutup botol bisa dilebarkan lagi atau dibiarkan saja. Adonan sisa kemudian jadikan satu, giling lalu dan cetak lagi hingga tidak ada adonan tersisa.

5. Taruh sedikit abon pada tiap adonan yang sudah dicetak. Lipat adonan yang sudah diisi abon, lalu bagian pinggir diplintir kecil-kecil. Lakukan hal tersebut pada semua adonan.

6. Siapkan penggorengan dengan api sedang, tuang minyak hingga panas. Goreng adonan hingga matang atau berwarna coklat keemasan. Pastel kering siap dihidangkan.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Pastel Goreng

Ilustrasi Kue Pastel Goreng © Diadona

Sudah tau dong pastinya bahwa hampir semua pastel dibuat dengan cara digoreng menggunakan minyak. Salah satu jenis pastel goreng adalah pastel isi bihun. Simak resep cara membuat pastel goreng di bawah ini, yuk!

Bahan kulit pastel:
- 250 gram tepung terigu
- 1 butir telur yang (kocok lepas)
- 40 gram margarin
- 100 ml air
- 1 sdt garam
- Minyak goreng secukupnya

Bahan isi:
- 150 gram bihun
- 1 buah wortel (parut)
- 3 buah bawang bombay (cincang halus)
- 4 siung bawang putih
- 1 sdt merica bubuk
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula
- 1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
- 2 buah telur ayam (kocok lepas)

Cara membuat kulit pastel:
1. Siapkan wadah atau baskom bersih untuk adonan. Masukkan tepung terigu dan margarin kemudian aduk hingga tercampur rata.

2. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas kemudian aduk hingga tercampur rata Sambil adonan terus diaduk, tuang air sedikit demi sedikit.

3. Adonan yang sudah kalis kemudian keluarkan dari wadah. Giling dengan menggunakan rolling pin. Cetak bundar dengan diameter kira-kira 10 cm.

Cara membuat isi pastel:
1. Haluskan bawang putih dengan merica bubuk, garam, gula, dan kaldu bubuk. Siapkan penggorengan dengan api sedang, tuang minyak tunggu hingga panas.

2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga berbau harum. Masukkan bawang bombay yang sudah dicincang, kemudian tumis lagi.

3. Masukkan wortel yang sudah diparut, kemudian tumis hingga wortel matang. Masukkan bihun yang sudah direndam air panas. Aduk hingga semua tercampur rata.

Cara membuat pastel goreng isi bihun:
1. Kulit yang sudah dicetak kemudian diisi dengan bihun. Rekatkan kedua sisi, lalu plintir.

2. Siapkan penggorengan dengan api sedang dan tuang minyak hingga panas. Goreng adonan hingga matang atau berwarna coklat keemasan. Pastel goreng isi bihun siap dihidangkan.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Pastel Renyah

Ilustrasi Kue Pastel Renyah © Diadona

Kamu tentunya sangat suka memakan sesuatu yang renyah seperti olahan jajanan pastel ini. Kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Yuk, simak resep cara membuat pastel renyah di bawah ini.

Bahan:
- 250 gram tepung terigu
- 30 ml minyak goreng
- 50 gram margarin
- 80 ml air
- 1/2 sdt gula
- 1/2 sdt aram
- Isian pastel sesuai selera

Cara membuat pastel renyah:
1. Panaskan minyak goreng dan margarin sampai larut dan panas. Campurkan bahan tepung, garam, dan gula. Tuangkan minyak panas dalam tepung. Masukkan air dan aduk rata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

2. Bagi adonan menjadi bulatan-bulatan kecil sesuai dengan ukuran pastel yang mau dibuat. Ambil adonan dan gilas tipis. Masukkan isian dan tutup setelah lingkaran. Pilin pinggiran pastel.

3. Goreng pastel pada minyak panas dengan bara api sedang. Angkat pastel jika sudah matang dengan ciri warna keemasan dan tiriskan. Pastel renyah siap dihidangkan.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Pastel Sayur

Ilustrasi Kue Pastel Sayur © Diadona

Selain isian abon pastel juga bisa dibuat dengan isian sayur, loh. Nggak sabar bagaimana cara membuat pastel isian sayur? Yuk, simak resepnya di bawah ini!

Bahan:
- 200 gram wortel (potong dadu)
- 100 gram kentang (rebus dan potong dadu)
- 1 batang daun seledri (cincang)
- 2 sdm tepung terigu
- 1 sdt kalu bubuk
- 2 sdt gula pasir
- 1 siung bawang putih (cincang)
- 1 pcs bawang bombay (cincang)
- 1/8 sdt pala bubuk
- 50 ml air
- merica secukupnya
- minyak goreng secukupnya

Cara membuat pastel sayur:
1. Siapkan wajan dengan minyak. Masukan bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicincang. Tumis sampai tercium bau harum.

2. Masukkan tepung terigu, aduk-aduk sampai merata dan berubah warna. Masukkan irisan wortel dan kentang lalu aduk kembali sampai semua bahan layu.

3. Tuang kaldu ayam bersama dengan merica bubuk, gula pasir dan daun seledri kemudian aduk sampai tercampur rata.

4. Masukkan air yang sudah disiapkan kemudian aduk sampai mendidih dan tercampur rata.

5. Tes rasa dan tambahkan gula pasir atau kaldu bubuk jika terasa kurang. Angkat dan tunggu dingin sebelum dimasukan ke dalam kulit pastel.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Pastel Abon

Ilustrasi Kue Pastel Abon © Diadona

Memang pastel isi abon tidak ada duanya, ya. Kamu tentunya nggakl boleh melewatkan resep cara membuat pastel abon di bawah ini. Selamat membaca!

Bahan:
- 300 gram tepung terigu
- 1 sdm tepung sagu
- 1 butir telur (kocok)
- 200 gram abon sapi
- 100 gram margarin
- garam secukupnya
- minyak secukupnya

Cara membuat pastel abon:
1. Siapkan wadah bersih lalu masukan tepung terigu dan tepung sagu. Aduk hingga tercampur sempurna. Masukkan margarin, telur dan garam. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur.

2. Adonan yang sudah jadi kemudian keluarkan dari wadah. Giling adonan menggunakan rolling pin. Adonan yang sudah melebar kemudian dicetak dengan menggunakan tutup botol air mineral. Adonan yang telah dicetak, bisa dilebarkan lagi atau diabiarkan begitu saja. Adonan sisa kemudian dijadikan satu, gilling dan cetak lagi sehingga tidak ada adonan yang tersisa.

3. Taruh sedikit abon pada tiap adonan yang sudah dicetak. Lipat adonan atau kulit yang sudah diisi abon, lalu bagian pinggir diplintir kecil-kecil. Lakukan hal tersebut ke semua adonan.

4. Kemudian siapkan wajan untuk menggoreng dengan api sedang, tuang minyak hingga panas. Goreng adonan hingga matang atau berwarna coklat keemasan. Pastel kering isi abon siap disajikan.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara membuat pastel dengan aneka isian dan cara pengolahannya? Tentunya resep cara membuat pastel di atas mudah untuk diikuti. Kamu tim pastel yang mana nih?

Beri Komentar