Ayam Betutu, Tradisi Nusantara dari Bali yang Tak Lekang Oleh Waktu

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 17 April 2020 14:28
Ayam Betutu, Tradisi Nusantara dari Bali yang Tak Lekang Oleh Waktu
Om Swatyastu

Bali bukan hanya terkenal dengan keeksotisan alamnya, tetapi juga dengan kelezatan cita rasa kulinernya yang begitu menggoda.

Nah, salah satu kuliner Bali yang sangat digemari para penikmat kuliner adalah ayam betutu. Hidangan inii dijamin sukses bikin wisatawan yang menikmatinya ketagihan.

 

 

1 dari 3 halaman

Tradisi Nusantara Ayam Betutu

      View this post on Instagram      

A post shared by Susana Gracia Catrine (@susan_gracia) on

 

 


Ayam betutu adalah makanan khas Bali yang berasal dari Gianyar namun kini tersebar di seluruh daerah di Bali. Pelopor dari ayam betutu adalah Ni Wayan Tempeh yang berasal dari wilayah Abiansi, kota Gianyar di tahun 1976. Meskipun namanya ayam betutu, namun bahan baku yang digunakan bisa berupa ayam ataupun bebek dan dibungkus menggunakan daun pisang beserta pelepah pisangnya sehingga lebih harum aroma ayamnya.

 

 

 

Cara memasaknya pun cukup unik dimana ayam akan diberi bumbu yang dimasukkan ke dalam bagian perutnya kemudian hanya dibakar menggunakan api sekam. Sebelum dibakar menggunakan sekam, bungkusan ayam akan ditanam masuk menuju lubang di dalam tanah dan ditutup menggunakan bara api tersebut. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memperoleh cita rasa ayam yang empuk, gurih, bau aroma sekam bakaran dan juga cita rasa yang unik karena memang hanya menggunakan sekam api.

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Yulia (@yulia_tokarmo) on

 

 

Namun cara tersebut sedikitnya mulai ditinggalkan oleh banyak penjual ayam betutu dan mereka memilih untuk menggunakan cara yang praktis sekaligus cepat menggunakan alat masak modern sehingga ayam akan empuk hingga ke bagian tulang. Caranya adalah ayam dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus selama satu jam. Setelah dikukus, ayam kemudian dimasukkan menuju oven dan dipanggang hingga matang.

 

Oleh sebab itu, ada sedikit kekurangan ayam betutu pada jaman dahulu dengan sekarang dimana aroma bakar-bakaran sekam tidak lagi bisa tercium dan memberikan rasa tambahan pada ayam yang dimasak. Di jaman dahulu, betutu hanya disajikan pada upacara keagamaan saja namun kini semua orang bisa mencicipinya. Namun begitu disajikan harus segera dimakan karena betutu tak tahan lama.

2 dari 3 halaman

Ayam Betutu Bu Lina Gilimanuk

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Surabaya | Kuliner Sby (@cecekuliner) on

 

 

Sebagai pecinta hidangan Ayam, Menu Ayam Betutu adalah salah satu masakan yang banyak disukai. Rempahnya , Ayam Kampungnya, pedasnya, dan segala asesorinya, dari sambal Matah, sampai sayurannya.

Nah, kalau kamu sedang berknjung ke Bali, wajib banget nih nyobain salah satu tempat rumah makan ayam betutu yang tersohor. Namanya, ayam betut bu Lina.


Disini, kamu bisa memilih menu andalan berupa ayam betutu basah kuah dan goreng dengan pesanan minimal setengah ekor. Ada proses memasak yang unik di warung makan satu ini, jika biasanya ayam betutu diolah dengan diungkep dalam daun pisang, namun jika di warung makan ayam betutu bu Lina kamu akan menemukan ayam betutu dengan olahan presto. Olahan presto ini digunakan untuk memberikan cita rasa ayam betutu yang khas dengan cita rasa bumbu yang meresao hingga ke bagian dalam daging.

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies) on

 


Harga seekor ayam betutu dibandrol dengan hara Rp. 90.000. Cukup mahal namun sepadan karena memang citarasanya mewah, kuat dalam rasanya.


Jadi pastikan kalau ke Gilimanuk, mampirlah ke Warung ini.
Mari kita lestarikan masakan Nusantara, dengan cara setia mengkonsumsinya, baik beli maupun masak sendiri.

3 dari 3 halaman

Resep Ayam Betutu

      View this post on Instagram      

A post shared by Banu Eko Susanto (@banususanto) on

 

 

Tenang, kalau kamu sedang ingin menikmati sajian ayam betutu, tak usah repot-repot datang ke Bali. Apalagi, di tengah pandemi coorna yang makin merajalela ini. Tetap stay at home dengan menikmati sajian ayam betutu yang menggugah selera. Mau coba? Yuk langsung siapkan bahan daan simak cara pembuatannya di bawah ini ya.


Bahan:

- 1 ekor ayam jantan, belah vertikal perutnya
- 5 sendok minyak goreng untuk menumis
- 2 dari 3 halaman
Bumbu Halus:
- 10 butir bawang merah
- 7 buah cabai merah
- 5 siung bawang putih
- 5 buah kemiri, sangrai
- 5 buah cabai rawit merah
- 4 buah cabai rawit hijau
- 4 lembar daun jeruk purut
- 3 ruas jari kunyit
- 2 ruas jari kencur
- 1 sendok teh terasi
- 1 sendok makan ketumbar, disangrai
- 1 batang serai, iris halus
- 1 ruas jari lengkuas muda
- 1 ruas jari jahe
- 1/2 sendok teh pala bubuk
- garam secukupnya
- gula secukupnya


Cara Membuat Ayam Betutu Bali:

- Panaskan minyak di penggorengan, kemudian tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Angkat dan bagi menjadi dua.
- Lumuri ayam dengan separuh bumbu. Panaskan panci kukusan yang sudah diisi air, lalu kukus ayam selama 30 menit.
- Siapkan kawat pemanggang. Tusuk ayam, kemudian bakar sambil sesekali diolesi bumbu sampai menghasilkan aroma semangit yang sedap.

Sajikan ayam betutu bersama nasi hangat, lawar pegagan, sambal matah, kacang goreng, dan atau plecing kangkung.

Beri Komentar