8 Manfaat Bawang Bombay Hitam, Cocok Buat Kamu yang Gampang Banget Lupa

Reporter : Iwan Tantomi
Rabu, 5 Februari 2020 21:22
8 Manfaat Bawang Bombay Hitam, Cocok Buat Kamu yang Gampang Banget Lupa
Bentuknya bulat mirip dengan bawang bombay biasa, perbedaannya ada pada tampilannya yang hitam legam.

Siapa yang tak mengenal bawang bombay? Banyak digunakan untuk meningkatkan citarasa dan diolah menjadi berbagai menu makanan, bawang bombay juga dikenal memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan hingga perawatan kecantikan.

Biasa ditemukan di pasaran dalam warna putih, kuning atau merah, kini muncul bawang bombay hitam yang memicu rasa penasaran siapa saja yang melihatnya. Bentuknya bulat mirip dengan bawang bombay biasa, perbedaannya ada pada tampilannya yang hitam legam. Kok bisa, ya?

1 dari 5 halaman

1. Hasil Fermentasi

Bawang Bombay © Diadona

Warna bawang bombay yang hitam tentunya membuat banyak orang bertanya-tanya dari mana asalnya. Berbeda dengan wortel berwarna ungu atau strawberry putih yang memang dibudidayakan, bawang bombay hitam mengalami proses fermentasi sebagai salah satu cara untuk mengawetkannya. Fermentasi dilakukan dengan menyimpan bawang bombay mentah dalam suhu 50 hingga 85°C dan kelembapan yang terjaga antara 70-95% selama 10-40 hari.

Dilakukan juga pada bawang putih, proses fermentasi inilah yang berperan mengubah warna putih menjadi hitam, sekaligus meningkatkan atau menurunkan sifat kimianya. Mulai dari rasanya yang lebih manis, aromanya yang tidak terlalu kuat, hingga tekstunya yang lebih lembut dan kenyal mirip jelly.

2. Mengalami Reaksi Kimia

Proses fermentasi yang sengaja diberikan pada bawang bombay bukan hanya mengubah warna, aroma dan tekstunya tapi juga kadar nutrisi di dalamnya. Walau pada dasarnya punya kandungan zat gizi yang sama dengan bawang bombay biasa, reaksi Mailard mengubah zat gizi di dalamnya sehingga memicu peningkatan maupun penurunan kadarnya.

Dibandingkan bawang bombay biasa, bawang bombay hitam memiliki jumlah antioksidan dua kali lipat lebih banyak. Hal ini dipicu kandungan alisin dalam bawang bombay berubah menjadi berbagai senyawa antioksidan, seperti amadori, hidroksimetilfurfural, organosulfur dan piruvat yang semuanya berkadar tinggi. Selain itu, beberapa senyawa pada bawang bombay hitam pun mengalami peningkatan seperti polifenol, flavonoid, fenilalanin, leusin dan isoleusin.

Bukan hanya meningkatkan senyawa antioksidan, ada banyak manfaat bawang bombay hitam bagi kesehatan.

2 dari 5 halaman

3. Manfaat Anti Kanker

ilustrasi © Diadona

Setelah melalui proses fermentasi, bawang bombay hitam mengandung allyl sulphide yang menjadikannya sebagai antikanker. Berbagai penelitian memperlihatkan bagaimana manfaat bawang bombay hitam mampu menghambat terbentuknya karsinogen yang menjadi pemicu kanker. Bahkan bawang bombay hitam juga efektif dalam membunuh sel-sel kanker seperti kanker paru-paru, serviks bahkan disebut-sebut mampu mengobati leukemia.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Pola hidup yang kurang sehat karena kurang berolahraga, kurang istirahat dan pola makan tinggi lemak dan kalori bisa bikin orang-orang yang masih di usia produktif menderita tekanan darah tinggi. Selain menjadi anti kanker, manfaat bawang bombay hitam lainnya adalah membantu menurunkan tekanan darah agar kembali ke kisaran normal. Cara kerjanya, kandungan organosulfur yang terkandung dalam bawang bombay hitam mampu melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan aliran darah pada dinding pembuluh darah dapat menurun.

3 dari 5 halaman

5. Kaya Nutrisi dan Rendah Kalori

Bawang Bombay © Diadona

Bawang bombay hitam menjadi salah satu herbal andalan kekinian yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat bawang bombay hitam yang bisa dirasakan adalah tingginya kadar vitamin C, kalsium dan zat besi. Dalam per 136 gram bawang bombay hitam terkandung vitamin C yang dapat memenuhi 71% kebutuhan harian, 25% kebutuhan kalsium, 13% kebutuhan harian akan zat besi hingga 25% dari kebutuhan serat harian yang direkomendasikan.

6. Sumber Antioksidan

Manfaat bawang bombay hitam yang cukup populer adalah menjadi sumber antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya mencegah berbagai gangguan kesehatan yang dipicu oleh radikal bebas, zat yang terkandung dalam bawang bombay hitam juga dikenal sebagai antivirus dan bakteri. Hasilnya, perkembangan bakteri, jamur, maupun virus yang masuk ke dalam tubuh bisa dihentikan.

4 dari 5 halaman

7. Menjaga Kecantikan Kulit

ilustrasi © Diadona

Kulit yang sehat dan cantik bukan hanya berasal dari rutinitas perawatan kulit dari luar, tapi juga kecukupan nutrisi dari dalam tubuh. Selain manfaat bawang bombay hitam untuk kesehatan, dampak baik juga akan terlihat dari kondisi kulit.

Buat yang bermasalah dengan komedo terutama di bagian hidung, coba lakukan perawatan kulit dengan menghaluskan bawang bombay hitam lalu oleskan di area kulit yang berkomedo. Begitu juga untuk mengobati jerawat, cukup oleskan bawang bombay hitam ke permukaan kulit yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit atau gunakan sebelum tidur. Keesokan harinya jerawat tampak mengempis dan mengecil, ulangi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Jika memiliki bekas luka yang bikin kurang percaya diri, manfaat bawang bombay hitam bisa membantu. Khasiat antiperadangan yang dimiliki bawang bombay hitam dapat membersihkan sisa luka pada kulit. Cukup oleskan potongan bawang bombay hitam ke bagian yang terkena bekas luka.

Proses fermentasi bawang bombay menjadi bawang bombay hitam pun meningkatkan kadar polifenol hingga 23% dan flavonoid hingga 37%. Kedua senyawa tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini akibat radikal bebas yang merusak sel-sel kulit. Terakhir, manfaat bawang bombay hitam untuk kecantikan telah terbukti mampu melindungi kulit dari sinar UVB, yang membuat kulit terasa terbakar saat terlalu lama terpapar sinar matahari.

5 dari 5 halaman

8. Mencegah Demensia

ilustrasi © Diadona

Penyakit yang umum diderita oleh mereka yang sudah memasuki usia lanjut ternyata bisa dicegah dengan cara yang tepat. Bukan hanya terus melatih otak, nutrisi yang tepat juga dapat mencegah demensia maupun penyakit Alzheimer yang dipicu oleh kerusakan saraf akibat radikal bebas. Kamu juga bisa membiasakan mengonsumsi bawnag bombay hitam untuk mencegah kepikunan dini, termasuk gejala-gejala sering lupa. 

Bawang bombay hitam dikenal memiliki kandungan antioksidan super yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Baik dalam bentuk suplemen, minuman, maupun dikonsumsi langsung, bawang bombay hitam menggabungkan khasiat antioksidan dan penurunan tekanan darah yang dapat membantu mencegah gangguan kesehatan tersebut.

Ada beberapa cara untuk menikmati manfaat bawang bombay hitam demi menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari mengolahnya menjadi bumbu dalam berbagai masakan, seperti tumisan, hingga dikonsumsi dalam bentuk irisan maupun dihaluskan dan dinikmati bersama kecap.

Namun tidak semua orang dapat memakan bawang bombay hitam. Mereka yang alergi pada bawang-bawangan, akan menjalani operasi dalam waktu dekat dan yang sedang mengalami migren sebaiknya menghindari makan bawang bombay hitam. Agar manfaat bawang bombay hitam dapat dinikmati dengan lebih optimal, simpan di tempat yang tertutup, sejuk dan jauhkan dari tempat yang lembap atau terpapar sinar matahari secara langsung.

Banyak manfaat bawang bombay hitam yang dapat berdampak baik bagi kesehatan. Tertarik untuk mencobanya sendiri?

Beri Komentar