7 Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Sambal Pedas Bumbu Kacang Sederhana Khas Cirebon

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 24 Maret 2020 11:23
7 Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Sambal Pedas Bumbu Kacang Sederhana Khas Cirebon
Ingin yang pedas-pedas dan nggak ribet? Buat aja tahu gejrot di rumah! Sensasi pedasnya bikin nagih.

Waktu sore hari lebih enak dengan jajanan pedas. Mantap nih kalau jalan ke luar buat nyari jajanan sambil melihat suasana baru. Eits, tapi yakin kamu mau keluar gitu aja? Padahal udah ada himbauan untuk #Dirumahsaja selama masa belum kondusif karena wabah COVID-19 ini. Hayo, nggak boleh bandel! Mending kamu berkreasi di dapur, dengan menu resep cara membuat tahu gejrot.

Olahan tahu gejrot ini merupakan salah satu jajanan pedas yang cocok banget kamu coba dengan keluarga saat masa berdiam diri di rumah. Daripada kamu bingung dan stres belajar dan bekerja mulu di rumah, mending mengalihkan pikiranmu di dapur dengan membuat olahan ini. Penasaran kan bagaimana sih cara embuatnya? Yuk langsung saja simak resep cara membuat tahu gejrot yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 7 halaman

1. Cara Membuat Kuah Tahu Gejrot

Ilustrasi Kuah Tahu Gejrot © Diadona

Tahu gejrot yang pedas dan tentunya enak ini akan semakin nikmat saat kamu merasakan seruputan kuahnya. Sensasi pedasnya akan langsung kamu rasakan. Yuk, buat saja langsung resep cara membuat tahu gejrot kuah nikmat berikut ini.

Bahan:
- 10 buah tahu goreng biasa atau sumedang
- 100-150 ml air
- 50 gram gula merah
- 1 sdt gula pasir
- 1 sdm kecap manis
- 2 sdm air asam jawa kental
- Secukupnya garam

Bumbu yang diulek kasar:
- 2 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 10 buah cabe rawit ijo atau sesuai selera

Cara membuat tahu gejrot kuah:

  1. Buat kuahnya dengan cara rebus air, gula merah, gula pasir, kecap manis, garam, dan air asam hingga mendidih. Saring dan dinginkan.
  2. Masukkan atau campur bumbu yang sudah diulek kasar ke dalam air kuah, aduk rata, tes rasa sesuai kadar manis, asam, dan pedas yang diinginkan.
  3. Sajikan dalam wadah. Potong-potong tahu goreng, siram dengan kuah gula merah berbumbu dan siap dihidangkan.

2 dari 7 halaman

2. Cara Membuat Bumbu Tahu Gejrot

Cara membuat tahu gejrot sangatlah mudah. Dengan bahan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai, kamu bisa langsung menikmati bumbu tahu gejrot yang pedasnya nempol abis. Nggak boleh ketinggalan bahan gula merah, garam, dan air asam jawanya, ya. Nah, daripada bingung, mending langsung saja deh simak resep cara membuat tahu gejrot dengan bumbunya yang nempol berikut ini.

Bahan:
- 4 buah tahu kuning
- 1 sdm kecap
- 1 sdm gula merah
- 1/2 sdt gula pasir
- 1 sdt garam secukupnya
- 1 sdt penyedap rasa secukupnya
- 2 biji asam jawa
- Air secukupnya

Bumbu ulek kasar:
- 3 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- Cabai sesuai selera

Cara membuat tahu gejrot bumbu:

  1. Potong tahu menjadi empat bagian atau sesuai selera. Goreng tahu hingga keemasan. Ulek bumbu kasar, rebus air hingga mendidih.
  2. Masukkan garam, gula, kecap, penyedap rasa, asam jawa dan bumbu kasarnya. Tes rasa, pipihkan tahu dan siram dengan kuahnya. Tahu gejrot siap disajikan.

3 dari 7 halaman

3. Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon

Ilustrasi Tahu Gejrot Khas Cirebon © Diadona

Kamu nggak perlu pergi jauh-jauh ke Cirebon jika ingin memakan tahu gejrot. Kamu bisa banget membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang sederhana. Langsung saja deh simak resep cara membuat tahu gejrot khas Cirebon di bawah ini.

Bahan:
- 10 buah tahu pong atau tahu sumedang, goreng
- 50 gram gula merah
- 1 sdm kecap manis
- Secukupnya asam jawa
- Secukupnya garam
- 150-200 ml air
- 2 bawang merah
- 2 bawang putih
- 3 buah cabe rawit, sesuai selera

Cara membuat tahu gejrot khas Cirebon:

  1. Siapkan wadah panci, masukkan bahan gula merah, kecap manis, asam jawa, garam dan air. Aduk rata lalu diamkan hingga mendidih, sisihkan. Ulek bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit, lalu siram dengan kuah tadi.
  2. Siapkan 2 piring kecil, potong-potong tahu. Siram bumbu dan kuah yang sudah diulek. Siram lagi dengan kuah tadi di atasnya. Tahu gejrot khas Cirebon siap disajikan.

4 dari 7 halaman

4. Cara Membuat Sambal Tahu Gejrot

Sambal tahu gejrot yang super duper pedas dengan perpaduan manis dan asam ini memang sangat cocok untuk kamu pencinta olahan makanan pedas ekstrim. Nggak hanya itu, kamu akan merasakan sensasi nikmat di lidah saat mencocolkan tahu gorengnya ke dalam sambal ini. Nah, nggak perlu ribet, buat saja sendiri di rumah dengan melihat resep praktis cara membuat tahu gejrot dengan sambanya yang nendang di bawah ini.

Bahan:
- 10 biji tahu pong

Bahan sambel:
- 5 buah cabe rawit oren
- 4 buah cabe rawit ijo
- 1 siung bawang merah
- Garam secukupnya
- Gula merah secukupnya
- Air asem secukupnya

Cara membuat tahu gejrot sambal:

  1. Kukus tahu pong, potong-potong dan sisihkan. Siapkan semua bahan sambal dicobek kecuali air asam.
  2. Ulek semua bahan bumbu sambal lalu tuang air asamnya. Siram sambal ke dalam tahu yang sudah dipotong, tahu gejrot siap disajikan.

5 dari 7 halaman

5. Cara Membuat Tahu Gejrot Pedas

Ilustrasi Tahu Gejrot Pedas © Diadona

Siapa sih yang bisa menolak sajian kuliner pedas? Mungkin kamu bisa menolak, karena pantangan makanan dari dokter. Eits, kalau kamu bandel mungkin kamu tetap memakannya, masalah sakit belakangan. Tapi, nggak boleh gitu, ya! Tetap sayangi diri sendiri dan menjaga kesehatan. Bagi kamu yang sehat dan kuat menyantap olahan ini, bisa banget mencoba menu cara membuat tahu gejrot pedas berikut ini.

Bahan:
- 10 buah tahu sumedang
- 70 gram gula merah
- 1 siung bawang putih, geprek
- 1 sdm air asam jawa
- Garam
- 1 sdm kecap manis
- Secukupnya air
- 5 siung bawang merah ukuran besar
- 10 buah cabe rawit hijau

Cara membuat tahu gejrot pedas:

  1. Goreng tahu sumedang hingga kering dengan kulitnya yang crispy, potong sesuai selera. Buat gula merahnya dengan cara rebus air sebanyak kurang lebih 150 cc. Masukkan gula merah, bawang putih geprek, garam, kecap manis, dan air asam jawa.
  2. Masak hingga gula larut, tes rasa sesuai selera. Ulek kasar bawang merah dan cabe rawit bersama sedikir garam. Sajikan tahu dengan gula merah, ulekan kasar bawang merah dan lombok tadi.

6 dari 7 halaman

6. Cara Membuat Tahu Gejrot Sederhana

Ilustrasi Tahu Gejrot Sederhana © Diadona

Tahu gejrot sederhana sangat cocok kamu makan bareng keluarga di rumah. Cara membuatnya sangatlah simple dan nggak butuh skill dewa dan S-3. Hehe... Langsung saja deh berkreasi sendiri di dapur dengan resep cara membuat tahu gejrot di bawah ini.

Bahan:
- Tahu kopong atau tahu sumedang
- Bawang merah secukupnya
- Cabe rawit sesuai selera
- Gula aren/gula merah secukupnya
- Garam secukupnya
- Kecap manis boleh ditambah sesuai selera
- Air bening matang secukupnya

Cara membuat tahu gejrot sederhana:

Ulek semua bahan kecuali tahu, tambahkan air dan kecap sesuai selera. Aduk hingga bumbu rata, pastikan jangan ada bumbu yang mengendap. Masukkan potongan tahu dan siap disajikan.

7 dari 7 halaman

7. Cara Membuat Tahu Gejrot Bumbu Kacang

Sajian tahu gejrot akan semakin nikmat dengan bumbu kacang sebagai sausnya. Nikmati saja langsung sensasi cocolan sambal kacang dengan melihat resep cara membuat tahu gejrot yang enak berikut ini.

Bahan:
- 8 buah tahu putih

Bahan sambal:
- 1 sdm kacang goreng
- 2 siung bawang putih
- 1 sdm gula merah
- 1 genggam cabe rawit
- 1/2 sdt gula
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt asam jawa
- 1 sdm kecap manis
- Air secukupnya

Cara membuat tahu gejrot bumbu kacang:

  1. Potong tahu bentuk dadu atau sesuai selera, goreng hingga kering dan tiriskan. Campur semua bahan sambal kecuali kecap dan air. Haluskan dengan blender, setelah sambal tercampur rata, masukkan kecap dan tes rasa sesuai selera.
  2. Tambahkan air pada sambal agar tekstur tidak terlalu kental. Siram bumbu di atas tahu dan siap disajikan.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat tahu gejrot di rumah. Dijamin kamu akan suka dan nggak bisa berhenti ngunyah, pas banget untuk hidangan keluarga di rumah. Sambil bercengkrama dan menikmati kebersamaan di saat mewabahnya COVID-19. Ingat, kalau nggak penting-penting amat, nggak usah keluar rumah, ya. Mending berkreasi dengan resep cara membuat tahu gejrot ini. Bagaimana, tertarik membuatnya?

Baca juga yuk: 10 Resep Cara Membuat Tahu Bulat, Crispy, Gejrot, Bakso, Hingga Tahu Sumedang Campur Sederhana

Beri Komentar