7 Resep Cara Membuat Keju Mozarella Homemade Sederhana yang Meleleh untuk Risoles dan Makaroni

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 17 April 2020 23:23
7 Resep Cara Membuat Keju Mozarella Homemade Sederhana yang Meleleh untuk Risoles dan Makaroni
Keju mozarella yang lumer dengan aroma dan rasanya yang khas memang sangat cocok dijadikan bahan aneka olahan makanan. Moms tentunya bisa banget mencoba membuatnya sendiri di rumah!

Mozarella merupakan salah satu jenis keju Italia yang diolah dengan diputar dan dipotong. Proses pembuatannya memanfaatkan bahan susu sapi atau kerbau. Mozarella umumnya berwarna putih, tapi ada juga yang berwarna kuning terang dengan tekstur lembut dan berkadar air tinggi.

Dilansir dari kanal Klikdokter, Pritchett, dalam Liputan.com, seorang ahli gizi dan juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan, bahwa keju mengandung berbagai nutrisi yang penting, termasuk protein, kalsium, vitamin B12, dan zink. Tapi, kalori yang dikonsumsi dapat meningkat dengan pesat bila kita mengabaikan jumlah yang dikonsumsi. Oleh karena itu, agar kita mendapatkan manfaat keju secara utuh, ada baiknya untuk mengetahui juga jumlah konsumsinya yang dianjurkan.

Banyak sekali olahan makanan yang dibuat dari bahan keju mozarella, seperti pizza, stik, pasta, seblak, cireng, martabak, dan lain seagainya. Nah Moms, jika ingin mebuat sendiri olahan keju mozarella dirumah juga bisa, loh. Cara membuat keju mozarella ini cukup mudah. Moms akan bisa mengolah berbagai jenis makanan lainnya dari bahan keju mozarella ini untuk keluarga. Yuk Moms langsung saja simak resep mudah cara membuat keju mozarela yang telah Diadona ulas berikut ini. DSelamat mencoba!

 

1 dari 7 halaman

1. Cara Membuat Keju Mozarella Asli

Ilustrasi Stik Ayam Keju Mozarella © Diadona

Bahan:
- 10 liter susu segar
- 1/4 tablet rennet, dilarutkan dg air
- 20 gram citric acid atau asam sitrat, encerkan dengan 100 ml air.
- 2 sdm garam termometer

Cara membuat keju mozarella asli:

a. Rebus bahan susu hingga suhu 60 derajat celcius dan dipertahankan selama 3 menit. Biarkan susu menjadi dingin sekitar suhu 35-40 derajat celcius. Campurkan asam sitrat yang telah diencerkan dengan air ke dalam susu. Aduk hingga rata.

b. Tutup panci susu dan diamkan selama 5 menit. Setelah susu menjadi asam, campurkan 1/4 tablet rennet yang sudah diencerkan dengan air dingin. Aduk hingga rata sebentar. Diamkan susu selama 1 jam. Cairan susu akan terbagi menjadi 2 bagian: gumpalan seperti tahu (curd) dan air bening kekuningan (whey).

c. Potong-potong curd bentuk dadu. Jika gumpalan masih terlalu lembek seperti bubur, diamkan lagi selama 1-2 jam agar kekenyalannya bertambah. Tirislah (buang) whey ini sebanyak-banyaknya sampai curd menjadi kesat.

d. Sisihkan 3 sendok makan whey sebagai campuran larutan pembeku mozza. Siapkan baskom, isi dengan air dingin (ditambah es batu). Tambahkan 2 sdm garam dan 3 sdm whey, aduk hingga rata dan larut. Sisihkan dulu di tempat dalam kulkas. Siapkan panci besar, isi dengan air hingga setengah penuh, rebus air hingga mendidih.

e. Siapkan panci kecil, isi dengan air hingga hampir penuh, tumpangkan ke dalam panci besar. Tunggu hingga air di panci kecil ini memanas hingga sekitar 75 derajat celcius. Taruh saringan di atas panci kecil hingga bagian bawah saringan terendam air. Taruh sebagian potongan curd (sekitar 250 gram ke dalam saringan, jangan terlalu penuh, dikira-kira saja agar curd bisa kita lipat-lipat dan tekan-tekan dengan mudah di permukaan saringan.

f. Tekan-tekan dan lipat-lipat curd menggunakan spatula perlahan-lahan selama sekitar 10 menit. Setelah 10 menitan, curd akan berubah teksturnya menjadi menyatu, lentur, dan mulur (elastic). Cek elastisitasnya dengan cara mencubitnya dan tarik ke atas. Jika sudah bisa menjulur seperti gulali, mozarella sudah pasti jadi.

2 dari 7 halaman

2. Cara Membuat Risoles Keju Mozarella

Ilustrasi Risoles Keju Mozarella © Diadona

Bahan kulit:
- 200 gram tepung terigu
- 100 ml susu cair
- Secukupnya air
- 2 sdm mentega, cairkan
- 1 buah telur, kocok lepas
- 1 sdt garam

Bahan isi:
- 1 buah wortel ukuran sedang
- 2 buah labu waluh kecil
- 1 buah kentang ukuran sedang
- 2 siung bawang putih
- 1/4 siung bawang bombay
- 1 tangkai daun bawang

Bahan olesan:
- Secukupnya air
- Secukupnya terigu
- Tepung panir secukupnya

Cara membuat risoles keju mozarella:

a. Buat isiannya denga cara potong dadu kecil bahan wortel, kentang, dan waluh. Tumis dengan bawang putih, bawang bombay, dan bawang daun hingga sayuran matang. Tambahkan 2 sdm tepung terigu agar adonan isi lengket.

b. Buat kulitnya dengan cara kocok lepas bahan telur, tambahkan susu cair, air, garam, merica, dan mentega yang sudah dicairkan. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.

c. Letakkan adonan kulit, masukkan isi sayuran dan keju mozarela. Lipat adonan kemudian celupkan dalam adonan tepung terigu cair dan tepung panir. Taruh dalam freezer kurang lebih 10 menit.

d. Goreng risoles dengan minyak hingga terendam semuanya. Angkat jika sudah kuning kecoklatan. Sajikan bersama saos dan sambal sesuai selera.

3 dari 7 halaman

3. Cara Membuat Keju Mozarella Homemade

Ilustrasi Keju Mozarella Homemade © Diadona

Bahan:
- 180 gram keju cheddar, serut halus
- 300 ml susu cair full cream
- 2 sdm tepung tapioka/sagu

Cara membuat keju mozarella homemade:

a. Campur bahan susu cair dan tepung dalam wadah panci, aduk rata. Panaskan dengan api kecil (hampir mati).

b. Masukkan keju serut bertahap sambil terus diaduk hingga adonan kental, kalis dan keju hampir larut selama 10-15 mnt.

c. Taruh dalam wadah, biarkan uap hilang. Masukkan ke dalam freezzer. Setelah agak keras, potong-potong, masukan per potong dalam plastik dan siap digunakan.

4 dari 7 halaman

4. Cara Membuat Keju Mozarella Sederhana

Ilustrasi Keju Mozarella Sederhana © Diadona

Bahan:
- 100 gram keju cheddar
- 200 ml susu UHT full cream
- 1 bungkus agar agar plain
- 1/2 bungkus krimer kental manis
- 2 sdm maizena
- Secukupnya garam
- Air secukupnya

Cara membuat keju mozarella sederhana:

a. Parut keju dan campur tepung maizena dengan sedikit air, sisihkan. Campurkan semua bahan kecuali larutan maizena dan aduk rata. Nyalakan kompor, cukup dengan api kecil. Aduk hingga mengental dan meletup.

b. Masukkan larutan maizena. Aduk lagi hingga meletup kembali. Setelah semua tercampur rata dan kental, matikan kompor. Masukkan ke dalam wadah cetakan, dinginkan sebentar lalu taruh di freezer.

c. Potong-potong keju dan masukkan ke dalam plastik kecil agar mudah diambil saat diperukan. Keju siap digunakan.

5 dari 7 halaman

5. Cara Membuat Makanan dengan Keju Mozarella

Ilustrasi Makanan dari Keju Mozarela © Diadona

Bahan:
- Tepung terigu
- Tepung panir
- 5 butir telur
- Keju mozarella
- Penyedap

Cara membuat makanan dengan keju mozarella:

a. Potong keju mozarella memanjang seperti nugget stick, dan jangan terlalu tbal. ketebalan jangan terlalu tebal. Siapkan telur yang sudah dikocok.

b. Siapkan juga tepung panir dan tepung terigu di tempat yang berbeda. Di dalam tepung terigu, beri penyedap royco secukupnya. Masukkan beberapa keju ke dalam telur dan balur keju sampai seluruh bagiannya terlumuri telur.

c. Ambil satu keju yang sudah dilumuri telur dan masukkan ke dalam tepung terigu. Lumuri sampai benar-benar tertutup dengan terigu. Keju yang sudah dilumuri terigu, masukkan lagi ke telur lalu basahi lagi dengan telur. Masukkan lagi ke tepung terigu dan di tutup lagi dengan tepung lalu basahi lagi dengan telur.

d. Setelah dua kali, masukkan ke dalam tepung panir. Putar-putar hingga seluruh permukaan tertutup. Lakukan hal yg sama pada keju hinga habis. Sebelum digoreng, masukkan ke dalam freezer selama 2-3 jam. Goreng keju dalam api sedang hingga matang dan siap disajikan.

6 dari 7 halaman

6. Cara Membuat Makaroni Keju Mozarella

Ilustrasi Makaroni Keju Mozarella © Diadona

Bahan:
- 2 sdm margarin
- 1 buah bawang bombay, cincang
- 3 siung bawang putih, cincang
- 6 buah sosis, potong-potong
- 100 gram smoked beef, potong-potong
- 250 gram macaroni elbow, rebus, sisihkan
- 700 ml susu cair
- 100 gram keju cheddar, parut
- 75 gram keju mozarella potong kotak kecil
- 7 butir telur
- Secukupnya garam, lada, bubuk pala, dan kaldu bubuk
- 2 lembar bayleaves
- Secukupnya oregano

Bahan saus putih/bechamel:
- 1 sdm margarin
- 2 sdm terigu
- 300 ml susu cair
- 50 gram keju cheddar parut
- Secukupnya garam, lada, pala bubuk, dan kaldu bubuk

Topping:
- Secukupnya saus bolognese
- 125 gram keju mozarella, parut
- Mayones secukupnya
- Secukupnya parsley bubuk

Cara membuat makaroni keju mozarella:

a. Tumis bahan mentega, bawang bombay, dan bawang putih hingga harum. Masukkan potongan sosis, smoked beef, bayleaves, dan oregano, aduk rata. Masukkan susu cair dan makaroni rebus.

b. Tambahkan garam, lada, pala bubuk, dan kaldu ayam bubuk, aduk rata. Tambahkan keju parut, aduk rata. Saat adonan baru mulai mendidih langsung matikan api, Sisihkan dan diamkan hingga hangat.

c. Kocok telur, masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk. Masukkan potongan keju kotak, aduk rata. Tuang ke wadah, saya pake kotak foil ukuran 20 dan masi cukup utk 3 kotak foil ukuran 7x12. Masukkan ke dalam kukusan yang telah disiapkan sebelumnya, kukus dengan api sedang hingga matang.

d. Buat saus putih/bechamel dengan cara tumis margarin, masukkan terigu sambil diaduk cepat. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk supaya terigu tidak menggumpal. Masukkan lada, garam, bubuk pala, kaldu bubuk, dan keju cheddar parut. Aduk terus hingga sedikit mendidih, matikan api.

e. Tuang saus putih ke atas makaroni schotel, tambahkan saus bolognese secukupnya, taburi dengan keju mozarella parut, beri mayones, tabur parsley bubuk.

f. Panggang dengan di rak atas oven dengan suhu 170 derajat celsius. Jangan lupa cek air di loyang bawah, tambahkan lagi jika habis. Jika warna bagian atas sudah kecoklatan, keluarkan dari oven dan siap dinikmati.

7 dari 7 halaman

7. Cara Membuat Keju Mozarella Meleleh

Ilustrasi Keju Mozarella Meleleh © Diadona

Bahan:
- 300 ml susu cair full cream
- 150 gram keju cheedar parut
- 1/4 sdt jelly bubuk plain
- 1/2 sdt garam
- 2 sdm tepung tapioka/sagu

Cara membuat keju mosarella meleleh:

a. Ambil sedikit susu cair, campur dengan tapioka dan aduk hingga larut. Siapkan panci, masukkan susu cair, keju parut, jelly bubuk, dan garam, aduk rata. Nyalakan api, masak dengan api kecil hingga keju larut.

b. Masukkan larutan tapioka, aduk dan masak hingga mengental, angkat. Masukkan ke dalam wadah bertutup, aku pake plastik opp, tutup. Masukkan freezer hingga membeku. Keju mozarella siap digunakan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat keju mozarella sendiri di rumah. Moms bisa banget mencoba mempraktikanya sendiri dan membuat aneka olahan makanan dengan keju sederhana ini. Yuk Moms, berkreasi di dapur dan persiapkan berbagai bahan cara membuat keju mozarella ini. Selamat berkreasi!

Beri Komentar