5 Variasi Kuliner Nasi Nikmat Khas Jawa Timur

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 15 Januari 2020 14:28
5 Variasi Kuliner Nasi Nikmat Khas Jawa Timur
Belum makan kalau belum makan nasi. Kalau bosan? Ya divariasi~

Nasi adalah makanan pokok mayoritas orang Indonesia. Rasanya yang cenderung tawar membuat nasi biasa disajikan sebagai makanan dasar dengan beragam variasi olahan dan makanan pendamping. Dari satu bahan dasar nasi saja, bisa tercipta beragam menu makanan yang lezat.

Bicara tentang menu variasi nasi, Jawa Timur adalah salah satu daerah yang punya beragam cara mengolah dan menyantap makanan yang berasal dari padi itu. Dari sekian banyak menu berbahan dasar nasi, terdapat lima menu yang menjadi unggulan. Dilansir dari Liputan6 (15/01), berikut adalah ulasannya.

1 dari 6 halaman

1. Nasi Pecel

Ilustrasi nasi pecelIlustrasi nasi pecel © Liputan6.com/Asnida Riani

Nasi pecel mungkin adalah menu nasi khas Jawa Timur yang paling populer saat ini. Bahkan, nggak cuma satu kota saja yang memiliki menu pecel khas daerah masing-masing. Sebut saja pecel Kediri, Ponorogo, Blitar, dan yang paling terkenal dari Madiun. Bentuk umum dari nasi pecel ini adalah kombinasi nasi dengan beragam sayuran di atasnya yang kemudian disiram dengan bumbu pecel. Bumbu pecel ini terbuat dari olahan gula jawa, kacang, cabai, dan bawang. Kehadiran bumbu inilah yang membuat nasi pecel menjadi khas.

2 dari 6 halaman

2. Nasi Krawu

Ilustrasi nasi krawuIlustrasi nasi krawu © Liputan6.com

Olahan nasi khas selanjutnya adalah nasi krawu. Meskipun lebih terkenal sebagai makanan khas Gresik, konon kabarnya nasi krawu justru dibawa oleh para pendatang asal Madura. Karena minat yang tinggi, pada akhirnya warung nasi krawu lebih mudah ditemui di Gresik. Nasi krawu terdiri dari suwiran daging sapi yang sudah dibumbui yang kemudian ditaburi serundeng dan diberi tambahan sambal terasi. Dengan komposisi di atas, nasi krawu jadi memiliki cita rasa manis, pedas, dan gurih yang khas.

3 dari 6 halaman

3. Nasi Serpang

Ilustrasi nasi serpangIlustrasi nasi serpang © maduracity.com

Bicara kuliner khas Madura, mungkin yang pertama terlintas di kepala adalah sate. Namun ternyata, kuliner Madura lebih luas dari itu. Salah satu menu khas Madura yang jarang disebut dan layak mendapat sorotan lebih adalah nasi serpang. Nasi serpang adalah olahan nasi yang disajikan dengan berbagai lauk pendamping seperti telur asin, bakwan jagung, udang, soun kecap, sambal, dan rempeyek.

4 dari 6 halaman

4. Nasi Sodu

Ilustrasi nasi soduIlustrasi nasi sodu © brilio.net

Kuliner nasi sodu sempat ramai dibicarakan setelah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengunggah wujud makanan tersebut dengan kalimat ajakan sebagai captionnya. Kuliner khas Bondowoso ini terdiri dari nasi jagung, dicampur kacang panjang yang dimasak jadi gulai santan dan ikan tongkol yang dimasak dengan bumbu merah. Kuliner yang biasa dijual di pagi hari ini disajikan menggunakan daun pisang, semakin menambah kekhasannya.

5 dari 6 halaman

5. Nasi Karak

Ilustrasi nasi karakIlustrasi nasi karak © brilio.net

Nasi karak, oleh masyarakat Jawa biasa disebut sebagai sego karak, adalah nasi kering yang merupakan sisa-sisa nasi yang biasa menempel di dinding periuk atau magic com. Sisa-sisa nasi tersebut dibersihkan lalu dijemur di bawah terik sinar matahari. Setelah kering, sisa nasi tersebut diolah kembali dengan campuran parutan kelapa. Tambahkan lauk pendamping seperti gimbal tempe/tempe tepung dan ikan goreng serta sambal, nasi karak yang murah dan nikmat sudah siap untuk disantap.

6 dari 6 halaman

Di atas adalah menu-menu nasi khas yang berasal dari daerah-daerah di Jawa Timur. Tentu menu-menu tersebut hanya segelintir dari sekian banyak menu yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Apakah daerah tempat tinggalmu juga punya menu nasi yang khas? Bagikan di kolom komentar ya.

Beri Komentar