9 Resep Cara Membuat Rawon Sederhana Daging Sapi dan Ayam Khas Surabaya yang Enak

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 23 Maret 2020 22:55
9 Resep Cara Membuat Rawon Sederhana Daging Sapi dan Ayam Khas Surabaya yang Enak
Sudah nggak asing dong dengan olahan rawon? Itu loh, menu kuliner nusantara dengan daging dan kuah hitam yang khas. Yuk, buat sendiri di rumah!

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dong dengan olahan rawon? Yap, rawon merupakan salah satu kuliner nusantara yang terkenal di Surabaya. Tak hanya di dalam negeri saja, rawon ternyata juga dikenal oleh masyarakat dunia. Tidak diragukan lagi, kelezatan olahan rawon memang nggak ada duanya. Kuliner dengan ciri khas kuah hitam ini menjadi primadona. Rawon dengan kuah hitam pekat ini didapatkan dari perpaduan bumbu rempah dan keluwak.

Kamu tentunya nggak boleh melewatkan sajian satu ini. Tentunya, kamu juga bisa membuat rawon lezat di rumah. Meski terbilang sedikit repot karena menyiapkan bumbu rempah komplitnya, nggak ada salahnya kamu mencoba berkreasi dengan masakan nusantara ini. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat rawon yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 9 halaman

1. Cara Membuat Rawon Ayam

Ilustrasi Rawon Daging Ayam © Diadona

Sajian rawon lebih dikenal dengan olahan makanan dengan menggunakan daging sapi. Tapi kamu juga bisa mengolahnya dengan bahan daging ayam sederhana. Rasanya juga nggak kalah kok dengan sajian rawon daging sapi pada umumnya. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat rawon ayam berikut ini.

Bahan:
- 1 ekor ayam, kurang lebih 1 1/2 kg

Bumbu halus:
- 8 bawang merah
- 6 bawang putih2019 https://www.diadona.id/@rawpixel
- 5 cm jahe
- 5 cm lengkuas
- 4 kemiri - 1 bungkus ketumbar halus
- 2 bungkus lada
- 2-3 buah kluwek, blender terpisah dengan bumbu

Bumbu pelengkap:
- 2 bungkus masako sapi
- 2 sdt micin ajinomoto
- 2 sdt gula
- 2 liter air
- 4 daun salam
- 3 daun jeruk
- 2 batang serai, geprek
- 6 helai daun bawang, iris
- 5 cm lengkuas, geprek
- 5 helai daun sop, iris
- 500 gram kecambah, rebus

Cara membuat rawon ayam:

  1. Cuci hinga bersih daging ayam, ungkep hingga matang tanpa bumbu, jangan buang kuahnya. Potong suwir ayam sesuai selera, jangan terlalu kecil dan besar. Siapkan semua bahan bumbu halus, pecahkan dan rendam kluwak menggunakan air hangat lalu blender dengan sedikit air.
  2. Iris daun bawang dan sop, sebagian dimasukkan ke dalam kuah rawon dan sebagiannya lagi sebagai taburan saat dihidangkan dalam mangkok.
  3. Tumis bumbu hingga wangi, masukkan daun salam, serai, daun jeruk, lengkuas, dan ketumbar halus. Aduk rata lalu masukkan juga kluwak yang sudah dihaluskan, beri air satu gelas dan tunggu hingga mendidih. Jika sudah mengental dan wangi, matikan kompor.
  4. Rebus lagi air ungkepan ayam, masukkan bumbu rawon yang sudah ditumis dan aduk hingga rata. Masukkan juga bahan penyedap, masako, micin, dan gula. Aduk hingga mendidih, lalu masukkan potongan ayam. Aduk hingga rata dan tes rasa sesuai selera.
  5. Rebus atau rendam kecambah dengan air panas. Hidangkan dengan masukkan cambah di mangkok secukupnya, masukkan kuah rawon dengan daging ayam, taburkan daun bawang, sop, dan bawang goreng. Rawon ayam siap dinikmati.

2 dari 9 halaman

2. Cara Membuat Rawon Daging

Ilustrasi Rawon Daging © Diadona

Olahan rawon memang pilihan bersantap lezat dengan kuah hitam pekat yang khas. Perpaduan bumbu rempahnya menjadikan rawon ini hidangan primadona salah satu kuliner Indonesia. Kamu nggak boleh melewatkan sajian ini, yuk buat saja sendiri di rumah dengan resep cara membuat rawon daging berikut ini.

Bahan:
- 300 gram tetelan
- 500 gram sengkel
- 3 liter air
- 7 daun jeruk
- 4 batang serai, geprak
- 2 batang daun bawang
- Secukupnya garam, gula, kaldu jamur dam merica

Bumbu halus:
- 8 buah bawang merah
- 6 buah bawang putih
- 8 buah kluwak
- 2 cabe merah besar, buang biji
- 1 ruas jahe
- 1 kelingking kecur
- 1 kelingking kunyit
- 5 buah kemiri
- 1 sdt jinten

Pelengkap:
- Kerupuk udang
- Telur asin
- Sambal terasi

Cara membuat rawon daging:

  1. Tumis bumbu halus dengan serai dan daun jeruk hingga matang. Masukkan daging yang telah dicuci dan dipotong hingga berubah warna. Pindahkan ke dalam panci yang berisi 3 liter air.
  2. Rebus rawon dengan api sedang sampai daging lunak. Masukkan daun bawang yang sudah diiris sesuai selera. Tambahkan garam, gula, kaldu jamur, dan merica. Tes rasa sesuai selera dan didihkan lagi. Sajikan rawon dengan bahan pelengkap dan nasi hangat.

3 dari 9 halaman

3. Cara Membuat Bumbu Rawon

Ilustrasi Bumbu Rawon © Diadona

Kelezatan sajian rawon nggak lepas dari racikan bumbu rempah komplitnya. Meski pun sedikit repot, kamu nggak bakal menyesal deh saat menikmati sedap, empuk dan segarnya kuah rawon ini. Buat saja langsung dengan resep cara membuat rawon untuk bumbunya berikut ini.

Bahan:
Bumbu yang dihaluskan A:
- 300 gram keluwak, sekitar 8-9 biji

Bumbu yang di haluskan B:
- 150 gram bawang merah
- 100 gram bawang putih
- 1 jempol jahe
- 1 jempol lengkuas/laos

Bumbu yang dihaluskan C:
- 10 butir kemiri
- 2 sdm ketumbar biji
- 1 ruas kunyit
- 1 sdt merica butir

Bumbu tambahan:
- 3 batang serai, geprek
- 1/2 ruas jahe, geprek
- 1/2 ruas lengkuas/laos, geprek
- 8 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- 1-2 sdm bumbu kare/kari bubuk merk apa saja
- 200 ml minyak goreng
- 1 sdt garam
- 1 bungkus kaldu sapi bubuk

Cara membuat rawon untuk bumbunya:

  1. Keluarkan isi keluwak dan masukkan dalam wadah mangkok. Siram keluwak dengan air panas secukupnya, rendam hingga keluwak lunak. Blender dengan airnya rendamannya kemudian sisihkan.
  2. Siapkan bahan bumbu B, potong-potong bawang, jahe dan lengkuas untuk memudahkan saat proses blender. Tumis bumbu C hingga wangi, ulek sebentar untuk memudahkan proses blender dengan bumbu lainnya.
  3. Masukkan dalam blender bumbu B dan C, beri air secukupnya agar mudah diblender. Masukkan bumbu halus yang sudah diblender dalam wajan, masak dengan api sedang dan biarkan hingga airnya menguap sambil diaduk-aduk.
  4. Setelah air dalam bumbunya berkurang, masukkan bumbu A, aduk-aduk hingga semua bumbu tercampur rata dan tercium aroma khas keluwak. Masukkan minyak goreng, aduk rata lalu masukkan bahan tambahan seperti serai, daun jeruk, daun salam, jahe, dan laos geprek, aduk lagi.
  5. Masak bumbu dengan api kecil agar bumbunya matang sempurna dan aroma rempah keluar. Tambahkan juga bahan garam dan kaldu sapi bubuk. Masak sambil terus diaduk-aduk sampai bumbu set dan matang sempurna.
  6. Setelah matang, tambahkan bumbu kari, aduk rata. Matikan api, angkat dan sisihkan rempahnya. Biarkan dingin sebelum disimpan ke lemari es. Simpan dalam wadah tertutup. Untuk pemakaian jangka lama, bekukan dalam freezer.

4 dari 9 halaman

4. Cara Membuat Rawon Daging Sapi

Ilustrasi Rawon Daging Sapi © Diadona

Rawon daging sapi ini memang menjadi pilihan lezat saat acara makan nikmat bersama keluarga tercinta. Kamu bisa banget membuatnya di rumah. Dengan bahan rempah komplit pilihan, kamu bisa berkreasi dengan menu resep cara membuat rawon daging sapi ini. Yuk, berkreasi di dapur, segera persiapkan bahan-bahannya, ya!

Bahan:
- 250 gram daging sapi
- 4 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 1 ruas jahe
- 1 ruas kunyit
- Salam
- Sereh
- Lengkuas
- 2 butir keluwak
- Bunga pekak 1 buah
- 1 buah kapulaga
- Minyak sayur untuk menumis
- Air
- Daun bawang
- Tomat
- Bawang goreng
- Toge soto
- Daun jeruk
- Garam
- Gula

Cara membuat rawon daging sapi:

  1. Rebus bahan daging sapi hingga empuk selama 1/2 jam menggunakan presto. Haluskan bumbu bawang merah dan bawang putih, jahe, kunyit dan keluwak, tumis hingga harum. Masukkan salam, sereh, lengkuas, daun jeruk, bunga pekak, dan kapulaga. Tumis lagi sebentar hingga bumbu harum.
  2. Masukkan air rebusan daging, biarkan mendidih dan masukkan garam, gula dan penyedap rasa. Masukkan daging, tunggu mendidih dan tes rasa sesuai selera. Rawon daging sapi siap dihidangkan dengan pelengkap toge, tomat, daun bawang, dan bawang goreng.

5 dari 9 halaman

5. Cara Membuat Sambal Rawon

Ilustrasi Sambal Terasi © Diadona

Menyantap rawon nggak bakal nikmat tanpa sajian sambalnya yang pedas super nendang di lidah. Kamu harus membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat sambal rawon sangatlah sederhana kok. Bahan-bahan sambalnya hanya perlu kamu kukus sebentar dan diulek dengan garam dan gula. Selengkapnya, yuk simak resep cara membuat rawon untuk sambalnya berikut ini.

Bahan:
- 2 buah tomah
- 1 genggam cabe rawit
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt gula
- 250 ml air putih
- secukupnya Minyak goreng
- 1 bawang putih
- 1 bawang merah
- Sedikit terasi

Cara membuat sambal rawon:

  1. Potong tomat menjadi dua bagian dan buang tangkai cabe rawit. Goreng tomat, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih. Angkat lalu ulek, tambahkan gula, garam, dan terasi.
  2. Goreng lagi sambel yang sudah halus, tambahkan air dan tunggu hingga meletup-letup, tes rasa sesuai selera dan sajikan bersama rawon.

6 dari 9 halaman

6. Cara Membuat Rawon Surabaya

Ilustrasi Rawon Surabaya © Diadona

Rawon dengan ciri khas kuah hitam pekat ini memang terkenal dari Surabaya. Kamu tentunya bisa banget  membuatnya di rumah dengan mudah. Jangan lupa, sajikan rawon ini dengan bahan pelengkap seperti kerupuk, tempe, dan telur asin. Dijamin kamu bakal suka dan nggak bakal nolak. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat rawon Surabaya di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram daging sandung lamur
- 3 liter air
- 6 lembar daun jeruk
- 1 ruas lengkuas, geprek
- 3 batang serai, geprek

Bumbu halus:
- 8 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 4-5 buah keluwak ukuran sedang
- 1 1/2 sdt ketumbar bubuk
- 4 butir kemiri, sangrai
- 2 cm kunyit
- 1 sdt merica
- 1 cm jahe
- Secukupnya gula dan garam

Bahan pelengkap:
- Secukupnya bawang goreng
- Secukupnya daun bawang
- Secukupnya tauge pendek
- Sambal terasi
- Kerupuk udang
- Telur asin

Cara membuat rawon Surabaya:

  1. Rebus daging hingga setengah lunak, potong dadu. Saring air kaldu rebusa tadi, kemudian masukkan kembali daging yang telah dipotong. Masak lagi dengan bahan serai, daun jeruk dan lengkuas.
  2. Tumis bumbu halus dengan minyak sedikit hinga matang. Masak hingga benar-benar matang. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging, aduk hingga tercampur rata, masak hingga bumbu meresap ke dalam daging.
  3. Koreksi rasa sesuai selera. Apabila air menyusut dan daging belum empuk, tambahkan air panas secukupnya. Sebelum diangkat, masukkan irisan daun bawang, biarkan emendidih. Angkat dan siap disajikan dengan bahan pelengkap.

7 dari 9 halaman

7. Cara Membuat Rawon Sederhana

Ilustrasi Rawon Sederhana © Diadona

Rawon sederhana ini bisa banget menjadi salah satu menu makan yang pas. Dengan nasi putih, kamu bisa menikmati kelezatan rawon dengan kuahnya yang nikmat. Yuk, berkreasi di dapur dengan melihat resep cara membuat rawon sederhana berikut ini.

Bahan:
- 500 gram daging sapi yang sudah dipotong kotak- kotak.
- Secukupnya tulang sapi
- 1 batang serai, geprek
- 1 ruas lengkuas, geprek
- 5 lembar daun jeruk
- 1 batang daun bawang, iris- iris
- 2 buah tomat potong-potong
- Secukupnya garam, gula dan kaldu bubuk

Bumbu halus:
- 3 buah keluwak, pilih yang warnanya hitam pekat, kalau dikocok berbunyi.
- 3 buah kemiri, sangrai
- 7 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 buah cabai merah besar
- 1 ruas kunyit
- 1 ruas jahe
- 1 sdt merica
- 1/2 sdt ketumbar

Pelengkap:
- Touge pendek
- Bawang merah goreng
- Kerupuk udang

Cara membuat rawon sederhana:

  1. Haluskan bumbu bersama keluwak, presto daging dan rebus tulang sapi untuk mendaatkan kaldunya. Potong kotak-kotak daging lali sisihkan. Tumis bumbu halus, lenngkuas, daun jeruk, dan serai. Tumis hingga berbau harum.
  2. Tuang bumbu tumis ke dalam air rebusan kaldu dan tulangan. Sisakan juga sedikit bumbu untuk menumis potongan daging. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. Tes rasa sesuai selera. Rebus hingga bumbu meresap dan masukkan daun bawang.
  3. Beri potongan tomat, tunggu hinga mendidih dan angkat. Jangan lupa tumis sebentar potongan daging dengan bumbu yang disisakan tadi. Beri sedikit kuah rawon lalu beri juga garam dan gula. Biarkan sampai air habis dan kering. Masak dengan api kecil.
  4. Sajikan rawon dengan menata daging di atas nasi, beri toge, siram kuah dan taburi bawang merah goreng. Tambahkan juga telur asin, tempe, sambal dan kerupuk udang.

8 dari 9 halaman

8. Cara Membuat Rawon yang Enak

Ilustrasi Rawon yang Enak © Diadona

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan sajian rawon ini? Karena enak dan banyak yang suka, rawon menjadi salah satu olahan yang dijajakan oleh pedagang lapak dan restoran. Eits, kamu nggak perlu beli, mending membuat sendiri di rumah dengan bahan sederhana yang dijamin sehat dengan melihat resep cara membuat rawon yang enak berikut ini.

Bahan:
- 500 gram daging sapi, potong ukuran 3x3 cm atau sesuai selera
- 1 ruas lengkuas, geprek
- 2 batang serai, geprek
- 1 ruas jahe, geprek
- 5 lembar daun jeruk
- 4 lembar daun salam
- 2 batang daun bawang, rajang halus
- 2 liter air
- 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:
- 7 butir bawang merah
- 5 butir bawang putih
- 6 butir kemiri
- 5 buah keluwek ambil isinya
- 1 sdt ketumbar bubuk
- 1 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt kunyit bubuk
- 3 sdt garam atau sesuai selera
- 3 sdt gula atau sesuai selera
- 1 sdt kaldu sapi bubuk
- 1 sdt terasi

Bahan pelengkap:
- Toge pendek
- Sambal cabai
- Bawang goreng
- Kerupuk

Cara membuat rawon yang enak:

  1. Rebus daging sapi hingga empuk, tumis bumbu halus hingga muncul aroma wangi, masukkan daun salam, daun jeruk purut, lengkuas, jahe dan serai. Tumis hingga bahan layu.
  2. Masukkan bumbu halus ke dalam rebusan daging, masak hingga daging empuk. Masukkan daun bawang lalu angkat. Rawon siap disajikan bersama bahan pelengkap.

9 dari 9 halaman

9. Cara Membuat Rawon Jawa Timur

Ilustrasi Rawon Jawa Timur © Diadona

Masakan Jawa lebih dikenal dengan bumbunya yang pekat dan terasa rempahnya. Selain itu, rasa pedas manisnya lebih dominan. Seperti halnya sajian rawon ini, diolah menggunakan bahan rempah dan empon-empon, menjadikannnya memiliki rasa yang sedap dan khas. Kamu tentunya bisa banget membuat sendiri di rumah. Langsung saja simak resep mudah cara membuat rawon Jawa Timur berikut ini.

Bahan:
- 500 gram daging sapi yang ada lemaknya (tetelan 250 gram daging 250 gram)

Bumbu halus:
- 4 buah keluwek, pecahkan ambil bagian dalamnya
- 10 bawang merah
- 2 bawang putih
- 3 kemiri
- Seruas jahe
- Seruas kunyit
- 1 sdt ketumbar
- 1 sdt lada
- 1/2 sdt jinten

Bumbu pelengkap:
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 2 batang serai
- Seruas lengkuas
- Kayu manis
- 2 buah kapulaga
- 10 buah cabai rawit utuh
- Gula
- Garam

Bahan pelengkap:
- Kecambah
- Bawang goreng
- Kerupuk

Cara membuat rawon Jawa Timur:

  1. Sangrai ketumbar, jinten, bawang merah, bawang putih, jahe dan kunyit. Haluskan bersama keluwak. Tumis dengan sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk, kayu manis dan kapulaga. Setelah harum, tambahkan air sedikit.
  2. Masukkan daging, aduk lalu tambahkan air. Rebus daging hingga empuk. Masukkan cabai rawit utuh dan bawang goreng. Sajikan dalam mangkok dengan kecambah dan kerupu. Rawon siap disajikan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat rawon yang bisa banget kamu praktikkan sendiri di rumah. Cocok banget kamu hidangkan untuk keluarga atau acara kumpul di rumah. Bagaimana, tertarik membuatnya? Segera persiapkan bahan dan bumbu rempahnya, ya!

Baca juga yuk: Cara Membuat Opor Ayam Kuning Dan Putih Sederhana Dengan Resep Bumbunya Cocok Untuk Menu Lebaran

Beri Komentar