5 Resep Cara Membuat Coklat Olahan Pisang untuk Es dan Keripik hingga Puding Karakter Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 27 Januari 2020 15:51
5 Resep Cara Membuat Coklat Olahan Pisang untuk Es dan Keripik hingga Puding Karakter Sederhana
Olahan coklat memang tidak akan ada habisnya, mulai dari pisang coklat, es krim hingga puding karakter. Yuk simak resep cara membuat coklat di bawah ini!

Olahan coklat akan selalu menjadi idola dan tetap populer di antara maraknya jajanan kekinian lainnya. Rasa coklat yang manis dan memilki ciri khas tersendiri menjadikannya banyak disukai oleh semua kalangan. Coklat pun kian diminati karena dapat digunakan untuk diolah menjadi berbagai makanan.

Diantara banyaknya makanan yang bisa diolah menggunakn bahan coklat, kamu tentunya tidak asin dengan puding coklat, es krim coklat, es pisang coklat, coklat dengan dibentuk karakter, hingga keripik pisang coklat. Kamu tentunya juga bisa menerapkan kreasi resep coklat kamu di rumah atau kamu juga bisa melihat resep cara mebuat coklat dengan berbagai olahan yang telah Diadona aulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Puding Coklat

Ilustrasi Puding Coklat © Diadona

Olahan coklat pertama yang bisa kamu buat adalah puding. Rasa manis dan aroma khasnya yang nikmat ketika dibuat puding dingin dan segar cocok menemani waktu bersantaimu. Yuk simak resep cara membuat coklat diolah menjadi puding berikut ini.

Bahan:

- 1 bungkus agar-agar cokelat
- 3 gelas air
- 1 bungkus susu cair cokelat
- 200 gram Dark chocolate (lelehkan)
- 5 sdm gula pasir

Cara membuat coklat puding:

  1. Masukkan air dalam panci dan tambahkan agar-agar lalu aduk hingga rata. Tambahkan susu cair dan gula pasir.
  2. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk agar gula larut. Sebelum agar-agar mendidih, masukkan dark chocolate kemudian aduk rata.
  3. Biarkan mendidih lalu segera angkat dan tuang ke dalam cetakan puding. Agar puding segera jadi, masukkan ke dalam lemari es atau diamkan beberapa saat hingga dingin. Puding coklat siap dihidangkan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Pisang Coklat

      View this post on Instagram

Bikin snack buat anak paling gampang bikin es pisang coklat ini.. Inshaa allah anti gagal lah ini mah.. ???????????? Es pisang coklat ???????? Bahan: Pisang ambon atau pisang apa aja yg manis??aku pake 3 buah pisang ambon Meses/kacang cincang/ sprinkles dll 100 gram Coklat batang 1 sdm unsalted butter ?? kalo gak ada bisa pake minyak sayur jangan pake margarin yg asin yah karna kurang enak coklatnya jd berasa asin tapi sesuai selera saja..???? Stik es krim Cara membuat: Kupas dan Potong pisang menjadi 2 bagian atau sesuai selera, tusuk dengan stik es krim simpan di freezer sampai beku Tim butter dan coklat sampai mencair celupkan pisang beku ke coklat cair sampai rata lalu taburkan bahan topping masukan kembali ke kulkas sampai coklat nya beku, siap di sajikan.. #resepespisangcoklat #resepcamilan #resepmasakan #resepmakanan #aneka_camilan_dapurnyatiya #resepdapurnyatiya #ios

A post shared by Tiya Rahmatiya (@tiyarahmatiya) on

Es pisang coklat yang kamu buat sendiri di rumah dengan stik ini bisa menjadi list camilan rumahan yang nikmat. Cara membuat es pisang coklat ini terbilang mudah kok. Yuk langsung saja simak resep cara membuat pisang  coklat di bawah ini.

Bahan:

- 3 buah pisang ambon atau pisang yang matang dan manis
- Meses/kacang cincang/ sprinkles secukupnya
- 100 gram coklat batang
- 1 sdm unsalted butter bisa menggunakan minyak sayur
- Stik es krim secukupnya

Cara membuat coklat es pisang:

  1. Kupas dan Potong pisang menjadi 2 bagian atau sesuai selera. Tusuk dengan stik es krim simpan di freezer hingga beku.
  2. Tim butter dan coklat hingga mencair. Celupkan pisang beku dalam coklat cair hingga rata.
  3. Taburkan bahan topping dan masukkan kembali dalam kulkas hingga coklatnya beku. Es pisang coklat siap disajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Coklat Karakter

Ilustrasi Coklat Karakter © Diadona

Rasa manisnya coklat yang biasa kamu beli di toko atau supermarket memang nggak bisa di tolak. Apalagi bentuk coklatnya yang lucu dan unyu menambah kesan tersendiri dalam menikmati hidangan coklat bertekstur padat ini. Jika kamu pencinta coklat, maka kamu harus mencoba membuat olahan coklat karakter yang dibekukan ini di rumah. Yuk simak resep cara membuat coklat di bawah ini. 

Bahan:

- 1 blok coklat pekat
- 1 blok coklat stroberi

Cara membuat coklat karakter:

  1. Iris-iris coklat dan taruh dalam plastik segitiga. Panaskan coklat dengan dimasukkan ke dalam magic com.
  2. Sambil menunggu coklat meleleh, siapkan cetakan karakter. Tuangkan coklat stroberi yang telah meleleh dalam cetakan.
  3. Masukkan coklat stroberi dalam cetakan ke frezer sebentar. Jika sudah padat maka keluarkan dan tambahkan dengan coklat pekat dalam cetakan.
  4. Masukkan lagi coklat kedua yang telah ada di cetakan dalam freezer. Tunggu hingga padat dan keluarkan coklat dalam cetakan. Coklat karakter siap disajikan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Krim Coklat

Ilustrasi Es Krim Coklat © Diadona

Banyak sekali olahan makanan yang bisa dibuat dengan bahan campuran coklat, salah satu diantaranya adalah es krim. Yap, kamu tentunya bisa membuat olahan es krim coklat dengan melihat resep cara membuat coklat untuk es krim sederhana di bawah ini.

Bahan:

- 1/4 kg gula pasir putih
- 1/2 liter susu
- 3 butir telur ayam
- 3 sdm cokelat bubuk
- Garam secukupnya
- Vanili secukupnys

Cara membuat coklat es krim:

  1. Pisahkan bahan kuning dan putih telur. kemudian campurkan kuning telur dengan gula, kemudian aduk dengan mixer hingga lembut.
  2. Campur putih telur dengan vanili dan garam secukupnya. Aduk lagi hingga tercampur rata dan halus.
  3. Gabungkan kedua adonan lalu masak hingga mendidih sambil terus diaduk-aduk. Larutkan cokelat dengan susu, kemudian masukkan ke adonan yang sudah mendidih.
  4. Aduk terus hingga benar-benar mengental, kemudian angkat dan dinginkan. Setelah dingin, masukkan ke freezer sehingga es krim berubah lembut dan lezat.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Keripik Pisang Coklat

Ilustrasi Keripik Pisang Coklat © Diadona

Secara umum keripik pisang yang biasa dijual di pusat oleh-oleh atau toko dan supermarket adalah keripik pisang rasa manis dan gurih. Selain dua rasa dominan tersebut, ternyata kamu juga bisa membuat keripik dengan taburan bahan coklat. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak resep cara membuat coklat untuk keripik pisang di bawah ini.

Bahan:

- 10 buah pisang ambon
- 50 gram gula halus
- 30 gram coklat bubuk
- 30 gram tepung maizena, sangrai
- 1 sdt kapur sirih
- 1 liter air bersih
- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat coklat keripik pisang:

  1. Kupas kulit pisang kemudian iris tipis seperti logam koin. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air ke dalamnya. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  2. Masukkan pisang yang sudah diiris tipis ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam. Siapkan wadah bersih lainnya. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk hingga rata.
  3. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas. Goreng pisang hingga berwarna coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  4. Campur gula, coklat bubuk, dan tepung maizena hingga tercampur sempurna. Masukkan bubuk ke dalam wadah tertutup. Masukkan pisang yang sudah digoreng ke dalam bubuk.
  5. Tutup wadah lalu kocok hingga bubuk menempel pada pisang. Keripik pisang coklat siap disajikan.

Itulah beberapa olahan coklat yang bisa kita dapati diberbagai tempat seperti toko, supermarket, dan pusat oleh-oleh. Cara membuat coklat dengan aneka olahan di atas dapat dengan mudah kamu praktikkan di rumah. Jika kamu pecinta olahan coklat, maka nggak ada salahnya kamu ikut berkreasi dengan menu andalan coklatmu. Bagaimana dengan olahan coklat favoritmu selama ini? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar