5 Resep Cara Membuat Cake Pisang, Coklat, Tape, hingga Rainbow yang Dipanggang Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 23 Januari 2020 18:26
5 Resep Cara Membuat Cake Pisang, Coklat, Tape, hingga  Rainbow yang Dipanggang Sederhana
Apakah kamu termasuk pencinta olahan manis menggoda ini? Yap, cake merupakan olahan yang selalu memanjakan lidah para penikmatnya. Yuk simak resep cara membuat cake di bawah ini!

Siapa sih yang nggak suka makan olahan manis dan lembut ini? Cake merupakan olahan makanan manis yang terbuat dari campuran bahan tepung, telur, lemak dan gula. Cake sendiri sering kita jumpai dijual di kedai atau toko roti. Tak jarang pula banyak resto yang menyediakan menu cake sebagai makanan pembuka.

Jika kamu yang sebelumnya selalu membeli cake, maka kamu harus mencoba membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat cake cukup sederhana. Dengan beberapa bahan dan hiasan yang telah kamu siapkan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Penasaran bagaimana cara membuat cake yang manis, lembut dan menggoda? Yuk langsung saja simak resep cara membuat cake yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Cake Pisang

      View this post on Instagram

Assalamu’alaikum.... . Selamat sore, punya pisang ambon ndalu (kematengen) sayang banget ya kalau dibuang, Mamak sulap jadi bolu aja biar gak mubadzir, nah supaya anak2 tertarik kasih topping chocochip dan sedikit irisan pisang , Alhamdulillah pada suka ???? ______________________________________________ . BOLU PISANG . Bahan: 200 gram pisang ambon matang sekali (lumat dengan garpu) 180 gram terigu segitiga 4 butir telur ukuran besar 110 gram gula pasir 15 gram maizena 20 gram susu bubuk 150 gram butter, lelehkan lalu dinginkan 1 sdt ovalet 1/4 sdt garam 1/4 sdt vanila bubuk Topping: Pisang potong bulat tipis Chocochip Cara membuat: 1. Olesi loyang tulban diameter 20 cm dengan margarin, taburi terigu tipis2, sisihkan. 2. Campur terigu, maizena, vanili dan susu bubuk, ayak dan sisihkan. 3. Campur telur, gula, garam dan ovalet lalu mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan kental (kurleb 10-15 menit tergantung mixer masing2). 4. Turunkan speed mixer masukkan pisang, mixer rata, masukkan campuran terigu, mixer sampai rata, matikan mixer, terakhir masukkan butter cair, aduk balik dengan spatula sampai rata (jangan over mix) 5. Tuang adonan ke dalam loyang, beri topping pisang dan chocochip, panggang dengan suhu 170 darcel selama 45 menit atau sampai matang (tergantung oven masing2), angkat, keluarkan dari loyang, dinginkan baru dipotong-potong dan sajikan. ______________________________________________ #bolupisang #cakepisang #olahanpisang #cakedankue #belajarbaking #shareresep #berbagiresep #bisabikin #foodporn #halalfood #resepmudah #resepbolupisang #resepcakepisang #halalrecipes

A post shared by Susi Agung (@susie.agung) on

Selain bahan dasar tepung terigu, telur, dan gula, kamu juga bisa membuat cake dengan menggunkaan bahan campuran pisang. Penasaran kan bagaimana cara membuat cake pisang ini? Yuk langsung saja simak resep selengkapnya yang telah Diadona rangkum di bawah ini. 

Bahan:

- 200 gram pisang ambon matang (haluskan dengan garpu)
- 180 gram tepung terigu (segitiga)
- 4 butir telur (ukuran besar)
- 110 gram gula pasir
- 15 gram maizena
- 20 gram susu bubuk
- 150 gram butter (lelehkan lalu dinginkan)
- 1 sdt ovalet
- 1/4 sdt garam
- 1/4 sdt vanila bubuk

Bahan topping:

- Pisang potong bulat tipis
- Chocochip

Cara membuat cake pisang:

  1. Olesi loyang berdiameter 20 cm dengan menggunkaan margarin kemudian taburi dengan tepung terigu dan sisihkan. Tambah dan campur bahan tepung terigu, maizena, vanili dan susu bubuk, ayak dan sisihkan.
  2. Campur telur, gula, garam dan ovalet lalu mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang juga kental. Proses mixer kurang lebih selama 10-15 menit.
  3. Turunkan kecepatan mixer lalu masukkan pisang, mixer rata. Masukkan campuran terigu mixer sampai rata. Matikan mixer, terakhir masukkan butter cair lalu aduk balik dengan spatula sampai rata dan jangan sampai over mix.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang, beri topping pisang dan chocochip. Panggang dengan suhu 170 darajat celsius selama 45 menit atau sampai matang. Angkat dan keluarkan dari loyang. Dinginkan lalu potong-potong dan sajikan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Rainbow Cake

Ilustrasi CakeIlustrasi Cake © Kapanlagi.com

Cake memang memiliki banyak varian bentuk dan proses pengolahannya. Salah satu variasi cake yang wajib kamu buat sendiri di rumah adalah rainbow cake. Cake yang penuh warna ini pastinya disukai oleh semua kalangan khususnya anak-anak. Yuk langsung saja simak rsesp cara membuat cake rainbow yang telah Diadona ulas di bawah ini.

Bahan:

- 100 gram tepung terigu
- 75 gram gula pasir
- 10 gram susu bubuk
- 100 gram mentega lelehkan
- 5 putih telur
- 3 kuning telur
- 1/4 sdt garam
- 1 sdt emulsifier/TBM
- Pewarna makanan merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu secukupnya (sesuai selera)

Topping/Olesan Kue:

- Butter cream warna putih atau whipped cream
- Meses warna warni
- Permen coklat warna-warni

Cara membuat rainbow cake:

  1. Kocok telur, gula pasir, garam dan emulsifier hingga mengembang lalu matikan mixer. Masukkan sedikit demi sedikit bahan tepung terigu dan susu bubuk yang telah diayak lalu aduk rata.
  2. Tambahkan mentega cair sedikit demi sedikit, aduk rata. Bagi adonan menjadi enam bagian dalam wadah terpisah, masih-masing beri pewarna makanan yang berbeda. Tuang satu adonan dalam loyang bundar dengan diameter 22 cm. Olesi loyang dengan mentega tipis.
  3. Panggang adonan dalam loyang selama 25 menit dengan suhu 180 derajat celsius atau hingga matang. Lakukan hal yang sama pada adonan lain hingga enam cake matang.
  4. Susun cake dengan warna ungu pada bagian bawah, oles dengan butter cream atau whipped cream, lalu tumpuk dengan cake warna biru. Lakukan hal yang sama dengan urutan ungu, biru, hijau, kuning, jingga dan merah. Tutup semua bagian luar kue dengan dengan butter cream atau whip cream.
  5. Taburi dengan meises warna warni, permen cokelat warna-warni atau butiran hundreds and thousand untuk taburan, sesuai selera. Rainbow cake siap dihidangkan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Cake Coklat

Ilustrasi Cake CoklatIlustrasi Cake Coklat © Rawpixel.com

Rasa coklat memang selalu menjadi andalan setiap olahan kue. Kamu pastinya bisa membuat olahan kue coklat sendiri di rumah. Yuk langsung saja simak resep cara membuat cake di bawah ini. Selamat mencoba!

Bahan:

- 6 butir telur
- 150 gram gula pasir
- 25 ml susu cair
- 25 gram cokelat bubuk
- 175 gram tepung terigu
- 1/4 sdt cokelat pasta
- 1/2 sdm emulsifer
- 1/2 sdt baking powder
- 100 gram margarin lelehkan

Cara membuat cake coklat:

  1. Kocok bahan telur sampai mengembang kemudian tambahkan gula dan emulsifer. Pastikan adonan mengembang dengan baik. Tambahkan bahan tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder secara pperlahan dan ayak. Aduk hingga benar-benar rata, hal ini dilakukan agar tercipta cake lembut.
  2. Tambahkan susu cair, margarine yang telah dilelehkan dan cokelat pasta. Masukkan sedikit demi sedikit secara perlahan sambil diaduk hingga rata.
    Tuang adonan dalam sebuah loyang yang telah diolesi dengan margarin dan diberi alas roti.
  3. Panggang adonan dalam oven dengan suhu 180 derajat celsius selama kurang lebih 30 menit atau hingga benar-benar matang. Cake cokelat sudah matang dan siap untuk dihidangkan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Cup Cake Panggang

Ilustrasi Cup CakeIlustrasi Cup Cake © Rawpixel.com

Siapa sih yang nggak suka olahan mungil dan manis ini? Yap, cup cake merupakan salah satu olahan kue yang wajib kamu coba dan buat sendiri di rumah. Cara membuat cake yang satu ini sangat mudah kok. Langsung saja dari pada penasaran yang berkepanjangan, yuk langsung simak resep cara membuat cake di bawah ini.

Bahan:

- 200 gram tepung terigu protein sedang
- 150 gram gula pasir
- 125 gram hula palem
- 100 gram Dark Cooking Chocolate (DCC) cincang kasar
- 100 ml susu cair
- 75 ml cream kocok
- 50 gram margarin
- 4 kuning telur yang dibagi menjadi dua mangkok
- 2 putih telur
- 1 sdt baking owder
- 1 sdt garam halus
- 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat cup cake panggang:

  1. Panaskan oven pada suhu 175 derajat celcius. Beri cup kertas khusus di cetakan cup cakes lalu sisihkan. Masukkan gula palem, 125 ml susu cair, dan 2 kuning telur ke dalam wadah.
  2. Mixer dengan kecepatan sedang hingga rata bahan tersebut. Masukkan cokelat leleh yang masih panas ke dalam adonan. Aduk hingga semua bahan meleleh sempurna dan sisihkan.
  3. Masukkan mentega dan gula pasir ke dalam wadah. Mixer dengan kecepatan sedang hingga mengembang. Masukkan 2 kuning telur ke dalam adonan. Mixer kembali hingga rata.
  4. Masukkan adonan coklat ke dalam wadah tersebut. Aduk hingga rata dan sisihkan. Masukkan tepung terigu, baking powder dan garam halus ke wadah lainnya. Tambahkan krim kocok, sisa susu cair, dan vanili bubuk ke dalam wadah. Aduk dengan menggunakan spatula kayu.
  5. Masukkan adonan sebelumnya ke dalam wadah. Aduk kembali hingga semua adonan tercampur rata. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga terisi 3/4 bagian. Panggang selama 20-25 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan. Berilah topping sesuai dengan selera. Cupcakes panggang cream telah siap untuk dihidangkan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Cake Tape

      View this post on Instagram

Klik LOVEnya ???? dulu sebelum baca resep ya ???? Cake Tape Keju @cookandgym source @cicie_kitchen yummy???? Credit @resepcakerumahan CAKE TAPE KEJU --------------------------- 250gr tape singkong 60gr SKM 5 btr telur 120gr gula pasir (me 70gr) 170gr tepung pro rendah 30gr tepung maizena 100gr butter 100gr margarin 1sdt vanilli bubuk (boleh skip) 100gr keju cheddar parut (bagi 2 utk toping dan campuran adonan) CARA BUAT ------------------- Olesi loyang dgn margarin ,saya pake uk 24cm Haluskan tape,buang sumbunya,campur dgn SKM ,sisihkan Lelehkan butter dan margarin,jgn sampai mendidih ,sisihkan Kocok telur dan gula sampai kental dan pucat ,dgn speed tinggi Lalu rendahkan speed sambil masukan tepung dan maizena ,sedikit2 ,aduk rata ,jgn over mix Masukan tape halus ,keju parut dan vanilli ,aduk asal rata dgn spatula Tambahkan butter n margarin ,aduk balik sampai tercampur Tuang adonan ke dlm loyang,taburi dgn topping Panggang dlm suhu 180°c selama 40mnt..atau sesuaikan oven masing2 Kunjungi & Follow ???? @resep_kue_dan_masakan . . #resepcaketape #resepkuetape #resepkue #berbagiresepkue #berbagiresep #resepmasakannusantara #resepmakanannusantara #fotokue #resepenak #yukbelajarmasak #resepmudah #resepindonesia #resepsederhana #fotomasak #shareresep #resepkoki #resepcemilan #reseplezat #resepmakanansederhana #resepbaking #bisabikin #videomakanan

A post shared by Berbagi Resep Untuk Indonesia (@resep_kue_dan_masakan) on

Jika kamu biasanya memakan olahan tape singkong dengan dimakan langsung atau hanya sekedar dibuat bola-bola digoreng, maka kamu wajib mencoba membuat olahan tape yang berbeda. Yap, kamu bisa membuat cake tape yang pastinya mudah dipraktikkan dan memiliki rasa yang nggak kalah enak dari cake pada umumnya. Yuk langsung saja simak resep cara membuat cake tape di bawah ini.

Bahan:

- 250 gram tape singkong
- 60 gram SKM
- 5 butir telur
- 120 gram gula pasir
- 170 gram tepung terigu protein rendah
- 30 gram tepung maizena
- 100 gram butter
- 100 gram margarin
- 1 sdt vanilli bubuk
- 100 gram keju cheddar parut (bagi 2 untuk topping dan campuran adonan)

Cara membuat cake tape:

  1. Olesi loyang ukuran 24 cm menggunakan margarin. Haluskan tape dan buang serabutnya jika ada. Campur dengan SKM lalu sisihkan. Lelehkan butter dan margarin dan jangan sampai mendidih dan sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula hingga kental dan pucat dengan kecepatan tinggi. Kemudian turunkan kecepatan sambil masukan tepung dan maizena sedikit demi sedikit dan aduk rata jangan sampai over mix.
  3. Masukan tape halus, keju parut dan vanilli. Aduk asal rata dengan menggunakan spatula. Tambahkan butter dan margarin, aduk balik sampai tercampur.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang, taburi dgn topping. Panggang dalam suhu 180 derajat selcius selama 40 menit. Jika sudah matang sempurna, maka angkat dan hidangkan.

Nah sudah tahu kan bagaimana cara membuat cake dengan berbagai variasi dan bahan campurannya. Kamu lebih suka variasi olahan cake apa? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar