8 Resep Cara Membuat Karamel untuk Olahan Kue, Bolu, Roti, dan Cake dengan Pisang Saus Gula

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 5 Maret 2020 21:49
8 Resep Cara Membuat Karamel untuk Olahan Kue, Bolu, Roti, dan Cake dengan Pisang Saus Gula
Kue karamel kekinian dengan gula manis dan legit. Cocok kamu buat di rumah untuk mengisi waktu senggang!

Siapa sih yang nggak suka olahan kue karamel manis dengan warna khas kecoklatan lebih dominan ke warna hitam ini? Yap, bagi orang awam mungkin mengira ini adalah olahan kue gosong, padahal nggak demikian, lho. Olahan kue karamel yang terbuat dari tepung terigu dan tapioka, dengan gula yang dimasak terlebih dahului ini juga identik dengan tekstur lubang menyerupai sarang.

Kamu pasti bertanya-tanya, bagaimana sih cara membuatnya? Mungkin pula kamu selama ini menikmati kue karamel legit dan enak ini dengan membelinya di kedai atau toko kue dan roti bahkan dengan harga mahal. Tenang, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah dan tentunya anti gagal. Dijamin, kamu bakal suka olahan ini dan cocok banget kamu hidangkan untuk camilan keluarga tercinta.

Yuk, langsung saja simak langsung resep mudah cara membuat karamel yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 8 halaman

1. Cara Membuat Bolu Karamel

Ilustrasi Bolu Karamel © Diadona

Cara membuat karamel pertama yang bisa kamu praktikkan di rumah adalah dengan dibuat bolu bersarang. Yap, olahan yang dikatakan gosong ini memang sangat unik. Terbayangkan bagaimana tekstur lembut sekaligus sedikit kenyal karena campuran bahan tapioka? Kamu juga bisa merasakan sensasi manis legit saat memakannya. Langsung saja simak resep cara membuat karamel bolu di bawah ini.

Bahan:
- 175 gram gula pasir
- 60 gram tepung terigu protein sedang, bisa menggunakan merek segitiga biru
- 60 gram tepung tapioka
- 3 butir telur
- 1/2 sdt baking soda
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt garam
- 1 bungkus susu kental manis
- 50 grram mentega, cairkan, bisa menggunakan merek blueband
- 200 ml air panas

Cara membuat karamele untuk bolu:

  1. Panaskan gula di dalam panci. Biarkan meleleh dengan sendirinya tanpa perlu diaduk. Setelah meleleh semua, tambakan air panas dengan dituang secara perlahan lalu matikan api dan biarkan dingin pada suhu ruangan.
  2. Kocok bahan telur menggunakan wisk hingga berbusa. Campurkan bahan tepung terigu, tapioka, baking soda, baking powder, dan garam kemudian aduk rata. Tambahkan tepung ke dalam kocokan bahan telur secara bergantian dengan air gula sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  3. Masukkan susu kental manis satu bungkus ke dalam adonan dan aduk rata. Tuangkan mentega cair dan aduk lagi hingga rata. Panaskan oven lalu olesi loyang dengan mentega dan taburi dengan sedikikt terigu. Tuang adonan dalam loyang sambil disaring.
  4. Masukkan ke dalam oven dengan suhu 180 derajat celsius di 40 menit pertama. Lalu turunkan suhu menjadi 160 derajat celsius selama 20 menit. Lakukan tes tusuk, potong-potong dan siap dihidangkan.

2 dari 8 halaman

2. Cara Membuat Kue Karamel

Ilustrasi Kue Karamel © Diadona

Cara membuat karamel selanjutnya adalah dengan dibuat kue. Sebenarnya resep ini hampir sama dengan cara membuat karamel untuk bolu. Hanya sedikit berbeda dengan takaran dan porsinya. Langsung saja deh simak resep cara membuat karamel untuk kue praktis di bawah ini.

Bahan karamel:
- 125 gram gula pasir
- 150 gram air hangat

Bahan A:
- 40 gram tapioka
- 50 gram terigu
- 1/2 sdt baking soda

Bahan B:
- 3 sdm susu kental manis

Bahan C:
- 2 telur
- 1 1/2 sdm gula pasir

Bahan D:
- 30 gram margarin cair
- 2 sdm minyak

Cara membuat karamel untuk kue:

  1. Buat karamel terlebih dahulu dengan cara panaskan gula pasir hingga mencair dan berubah warna menjadi coklat. Tambahkan air dan biarkan karamel mencair, matikan api dan tunggu dingin di suhu ruangan.
  2. Campur bahan A dan sisihkan. Kocok bahan C dengan wisk sampai warnanya memucat. Tambahkan bahan A, B dan air karamel. Aduk rata dan tambahkan bahan D.
  3. Panggang adonan dalam cetakan yang sebelumnya diolesi dengan margarin. Tutup cetakan dan biarkan matang. Masak dengan menggunakan api kecil selama 30 menit.

3 dari 8 halaman

3. Cara Membuat Roti Karamel

Ilustrasi Roti Karamel © Diadona

Karamel yang terbuat dari gula yang dilelehkan ini juga bisa dibuat menjadi roti yang enak. Yap, hampir sama dengan cara membuat karamel untuk cake dan bolu, kamu bisa mengaplikasikan resep ini dengan mudah di rumah. Kamu bahkan bisa mengovennya di atas kompor sesuai dengan alat yang kamu miliki. Langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat karamel untuk roti di bawah ini.

Bahan:
- 250 gram gula
- 2 butir telur
- 60 gram tepung terigu
- 60 gram tepung tapioka
- 200 ml air
- 70 gram margarin cair
- 2 bungkus susu kental manis
- Secukupnya baking powder
- Secukupnya soda kue

Cara membuat karamel untuk roti:

  1. Cairkan bahan gula dan tambahkan air, biarkan dingin pada suhu ruangan. Lelehkan margarin lalu sisihkan dahulu.
  2. Ayak tepung terigu, tapioka, soda kue, dan baking powder, sisihkan. Kocok dua butir telur hingga berbusa. Masukkan susu kental manis dan aduk lagi hingga tercampur.
  3. Masukkan gula cair yang sudah dingin sedikit demi sedikit, aduk-aduk lalu masukkan terigu sedikit demi sedikit. Jika sudah tercampurr, masukkan mentega cairnya dan aduk lagi dan kemudian saring agar tidak bergerindil.
  4. Olesi loyang dengan margarin dan tabiri dengan sedikit terigu. Masukkan adonanya dan oven selama 1 jam sesuai oven masing-masing. Bisa menggunakan oven kompor dengan api kecil.

4 dari 8 halaman

4. Cara Membuat Karamel Kukus

Ilustrasi Karamel Kukus © Diadona

Cara membuat karamel sangatlah mudah, bahkan kamu bisa membuatnya dengan cara dikukus sederhana. Intinya, kamu hanya harus melelehkan gula pasir sebagai karamel sebelum dicampur dengan bahan-bahan pelengkap lainnya. Langsung saja simak resep mudah cara membuat karamel kukus di bawah ini.

Bahan:
- 400 gram gula pasir
- 150 gram margarin
- 120 gram tepung tapioka
- 120 gram tepung terigu
- 4 butir telur
- 3 bungkus susu kental manis
- 400 ml air panas
- 1/2 sdt soda powder
- 1/2 sdt baking powder

Cara membuat karamel kukus:

  1. Larutkan gula putih hingga menjadi karamel. Setelah mendidih dan mencair, tambahkan air panas kemudian didihkan lagi dan diamkan hingga dingin. Campurkan terigu, tapioka, soda powder, dan baking powder. Aduk semua bahan hingga rata.
  2. Cairkan abahn margarin. Kocok telur dengan susu kental manis hingga berbuih dan mengembang. Masukkan secara bergantian tepung yang sudah dicampur karamel. Ulangi mmasukikan tepung dan karamel hingga habis agar mendapatkan tekstur sarang. Kocok bahan hingga tercampur ratadan tidak ada tepung yang menggumpal.
  3. Masukkan margarin cair ke dalam adonan. Aduk lagi hingga rata dan masukkan ke dalam loyang. Kukus selama kurang lebih 60 menit. Karamel kukus siap dinikmati dengan keluarkan dari cetakan dan potong-potong sesuai selera.

5 dari 8 halaman

5. Cara Membuat Cake Karamel

Ilustrasi Cake Karamel © Diadona

Cake yang manis legit ini bisa juga kamu buat dengan bahan  karamel. Yap, cara membuat karamel untuk cake ini sangatlah mudah dipraktikkan sendiri di rumah karena menggunakan alat dan bahan sederhana. Yuk, langsung saja deh simak secara lengkap resep anti gagal cara membuat karamel untuk olahan cake di bawah ini.

Bahan:
- 250 gram gula, buat karamel dengan 750 cc air panas
- 10 butir kuning telur
- 8 butir putih telur
- 200 cc susu kental manis
- 225 gram tepung terigu, bisa gunakan merek segitiga biru
- 50 gram tepung susu, susu bendera
- 50 gram maizena
- 150 gram margarine blueband, cairkan
- 1 1/2 sdm soda kue
- 1 sdt baking powder
- 4 sdm gula pasir

Cara membuat karamel untuk cake:

  1. Cairkan gula pasir dengan menggunakan api kecil, setelah warnanya berubah menjadi coklat, amsukkan air panas dan masak hingga gula hancur, lalu dinginkan dalam suhu ruangan. Campur dan ayak semua bahan tepung, sisihkan.
  2. Mixer telur bersama dengan 4 sdm gula pasir hingga mengembang dan kental. Turunkan kecepatan mixer, masukkan perlahan bahan tepung dan susu kental manis secara bergantian. Tambahkan bahan mentega cair dan karamel secara bergantuian. Aduk hingga rata.
  3. Masukkan adonan dalam loyang yang sudah diberi margarin dan sedikit taburan tepung. Panggang selama 30-40 menit dengan api sedang. Sesudah matang, angkat dan keluarkan dari oven dan tunggu hingga dingin. Keluarkan kue dari loyang dan potong sesuai selera.

6 dari 8 halaman

6. Cara Membuat Saus Karamel

Ilustrasi Saus Karamel © Diadona

Cara membuat karamel untuk saus ini juga sangatlah mudah. Kamu bisa mengaplikasikan karamel saus sebagai cocolan camilan manis. Setelah selesai membuatnya, kamu bisa menyimpannya dalam wadah kaca tertutup dalam kulkas agar awet dan bisa dikonsumsi pada kemudian hari. Wah, cukup praktis bukan. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat karamel untuk saus di bawah ini.

Bahan:
- 4 sdm mentega, blueband cake and cookies
- 1 cup brown sugar, gula palem dan gula aren yang diserut
- 1 cup susu full cream
- 1 sdm vanilla extract
- sejumput garam

Cara membuat saus karamel:

  1. Lelehkan bahan margarin dengan api kecil. sebelum margarin meleleh, masukkan brown sugar atau gula jawa. Aduk rata hingga tercampur. Tekstir adonan ini akan seperti pasir basah. Jangan sampai ada sdonan yang menempel dalam panci.
  2. Setelah tekstur encer, masukkan susu, vanila dan agaram. Aduk hingga mendidih dengan menggunakan api kecil. Matikan api dan diamkan sekitar 2-3 menit sebelum dipindah dalam wadah. Letakkan saus disuhu ruang, bisa juga masukkan dalam kulkas. Simpan dalam wadah kaca yang tertutup rapat.

7 dari 8 halaman

7. Cara Membuat Pisang Karamel

Ilustrasi Pisang Karamel © Diadona

Cara membuat karamel selanjutnya adalah dengan bahan buah pisang sederhana. Yap, buah pisang yang termasuk buah sejuta umat ini memang bisa diolah dan dikreasikan menjadi banyak makanan, kamu bisa membuat olahan pisang karamel yang manis, legit, dan menggoda. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak resep cara membuat karamel dengan memanfaatkan buah pisang dan cocok menjadi hidangan keluarga di bawah ini.

Bahan:
- 4 buah pisang kepok
- 1/2 bulatan gula merah
- 1 bungkus santan instan
- Secukupnya air

Cara membuat karamel pisang:

Kupas pisang dan belah menjadi dua bagian. Sisir gula merah, rebus pisang dengan gula merah hingga mendidih. Masukkan santan dan asuk-aduk agar tidak lengket. Masak hingga gula menjadi karamel.

8 dari 8 halaman

8. Cara Membuat Gula Karamel

Ilustrasi Gula Karamel © Diadona

Olahan karamel gula yang kental dan manis juga bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah. Gula karamel ini cocok menjadi bahan campuran membuat olahan jajanan manis seperti roti panggang. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai selai sederhana. Karena praktis dan bisa disimpan dalam kulkas dengan wadah tertutrup, menjadikan gula karamel ini pilihan stok bahan makanan di rumah. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat karamel gula manis sederhana di bawah ini.

Bahan:
- 260 gram gula
- 1 gelas air panas

Cara membuat karamel dari gula:

  1. Letakkan wajan di atas kompor dengan api kecil. Tuang gula putih dan diamkan hingga panas dan sedikirt meleleh sambiul terus diaduk pelan.
  2. Jika sudah berubah warna menjadi kecoklatan, maka tambahkan air panas 1 gelas sedikit demi sedikit. Biarkan hingga mendidih dan tunggu hingga dingin. Gula karamel siap digunakan.

Itulah beberapa resep mudah cara membuat karamel yang bisa kamu praktikkan di rumah dan tentunya anti gagal. Olahan karamel yang manis legit ini memang sangat cocok kamu hidangkan untuk keluarga dan tamu istimewa. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya? Yuk, segera persiapkan bahan dan perlengkapannya, ya!

Beri Komentar