5 Langkah Mudah Menjadi Seorang Vegetarian

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 2 Januari 2020 19:22
5 Langkah Mudah Menjadi Seorang Vegetarian
Siapa bilang menjadi seorang vegetarian itu susah? Tulisan berikut akan membantumu!

Kamu mungkin adalah penganut pemakan daging sebelumnya, dan pada suatu saat memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian. Memang sih, nggak mudah untuk mengubah gaya hidup. Beberapa sudah berjalan cukup lama, tapi di tengah-tengah akhirnya gagal dan kembali menyantap daging.

Dirangkum dari Lifehack (10/12), berikut 5 langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang vegetarian.

 

1 dari 5 halaman

1. Pelan tapi Pasti

Nggak ada di dunia ini yang instan: Semua butuh proses. Ibarat ingin berhenti merokok, begitu juga jika kamu ingin berhenti memakan daging. Kamu nggak bisa menghilangkan semua kebiasaanmu sekaligus.

Kamu bisa memulainya dengan nggak makan satu jenis daging selama 30 hari. Lalu begitu seterus dengan jenis daging lain. Pelan tapi pasti, pada akhirnya kamu akan berhenti memakan daging secara total.

2 dari 5 halaman

2. Pergantian Daging ke Sayuran dengan Tepat

Menghilangkan kebiasaan makan daging berarti kita juga kehilangan beberapa nutrisi. Untuk itu, perlu dipikirkan sayuran yang tepat untuk mengganti nutrisi yang ada pada daging.

Misalnya, kamu bisa manggantikan kandungan besi pada daging sapi dengan sayur bayam yang dimasak; kacang-kacangan dan tahu untuk pengganti protein dan lemak pada daging ayam; dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

3. Hindari Zat Adiktif yang Nggak Vegetarian

Kalau kamu memiliki kebiasaan cuek saat belanja suatu produk makanan di supermaket, ini saatnya kamu harus mulai memperhatikan label produk tersebut.

Banyak produk yang menyatakan dirinya produk vegan, padahal bahan-bahan seperti gelatin bisa jadi juga digunakan dalam produk tersebut. Kalau sudah kejadian, bisa jadi kamu malah memiliki keinginan untnuk memakan daging kembali.

4 dari 5 halaman

4. Ketahui Lebih Mengapa Harus Menjadi Vegarian

Untuk membulatkan niat dan tekad menjadi seorang vegetarian, kamu harus memiliki alasan-alasan yang kuat. Kamu bisa mencarinya dengan membaca macam blog yang membahas tentang vegetarian, buku, atau bertanya langsung pada seorang vegetarian handal.

5 dari 5 halaman

5. Menjaga Toleransi

Ketika menjadi vegetarian, pasti orang di sekililingmu ada yang pemakan daging. Maka, penting bagimu untuk menjaga toleransi antar kalian. Jika berbagai macam dilemparkan kepadamu, jawablah dengan murah hati dan nggak ngajak ribut. Dan yang paling penting, jangan sekalipun berharap mereka akan mengikuti jalanmu.

 

Nah, mudah, kan, menjadi seorang vegetarian? Kamu punya pengalaman menarik seputar menjadi vegetarian? Tulis di kolom komentar, yuk!

 

Beri Komentar