14 Makanan Khas Sulawesi Barat yang Paling Terkendal dan Siap Menggugah Selera

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 23 April 2020 11:12
14 Makanan Khas Sulawesi Barat yang Paling Terkendal dan Siap Menggugah Selera
Sulawesi Barat tak mau kalah dalam menghidangkan makanan khas yang menggoyang lidah

Sulawesi Barat adalah Provinsi pemekaran di Pulau Sulawesi yang beribukota di Mamuju. Daerah ini terkenal sebagai penghasil Kakao dan juga biji Kopi Robusta dan juga Arabika. Namun, selain itu makanan Khas Sulawesi Barat juga merupakan hal yang tak boleh dilewatkan jika singgah ke Mamuju.

Penasaran bagaimana cita rasa makanan Khas Sulawesi Barat ? Simak ragam makanan khas Sulawesi Barat beriku ini

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Daerah Sulawesi Barat

Sulawesi Barat merupakan provinsi yang dikenal memiliki banyak daya tarik wisata. Diantaranya adalah Pantai Lombang-Lombang, Pulau Karampuang, Pantai Manakarra, Air Terjun Kalando, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki banyak sekali destinasi wisata, Sulawesi Barat ternyata juga memiliki aneka ragam kuliner khas yang tidak kalah menggoda selera. Karena itulah tidak heran kalau banyak wisatawan yang juga menyempatkan diri untuk melakukan wisata kuliner saat berkunjung kesana.

Kalau kamu berkesempatan untuk mengunjungi Sulawesi Barat, jangan lupa ya untuk mencicipi kelezatan makanan khas Sulawesi Barat berikut ini:


Kue Cucur

 

      View this post on Instagram      

A post shared by MAK FRIDA (@fridajoincoffee) on

 

 

 

Berbicara mengenai makanan khas Sulawesi Barat, salah satu yang paling populer adalah kue cucur. Hidangan tradisional Sulawesi Barat yang berbentuk bulat pipih ini kerap meramaikan berbagai acara hajatan di Mamuju dan sekitarnya.

Terbuat dari tepung beras dan gula merah yang digoreng dengan minyak kelapa khas Mandar, kuliner khas Mamuju Sulawesi Barat memiliki cita rasa manis yang khas yang dijamin bikin kamu nggak menyesal mencicipinya.

Bau Piapi

      View this post on Instagram      

A post shared by Yusri Mampie (@yusri_mampie) on

 

 

 


Suka hidangan berkuah dan hidangan seafood? Bau piapi bisa jadi makanan khas Sulawesi Barat yang kamu coba saat berkunjung ke Kota Mamuju.

Terbuat dari olahan daging ikan segar yang dimasak dengan kuah kuning kaya rempah, kesegaran kuliner khas Mamuju ini akan buat sempurna pengalaman wisata kulinermu di Mamuju. Dilengkapi dengan sepiring nasi hangat, kamu pasti nggak bisa menolak kelezatan makanan khas Sulawesi Barat ini.

Apang

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Lulun Krist (@lulunkrist) on

 

 


Mandah adalah makanan khas Sulawesi Barat, khususnya di daerah Mandar. Memiliki warna kecoklatan dengan bahan dasar gula aren dan tepung beras yang dikukus, kue ini bisa jadi jajanan manis saat berlibur di Sulawesi Barat.

Makanan khas Sulawesi Barat dari daerah Mandar ini kerap disajikan dengan taburan kelapa muda dan sangat pas menjadi teman minum kopi dan bersantai.

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Makanan Khas Sulawesi Barat

Walaupun terbilang sebagai provinsi yang masih muda, namun Sulawesi Barat tak kalah menggiurkan dengan cita rasa makanan khasnya. Ada begitu banyak macam makanan khas yang tersedia. Mau tahu? Simak informasi macam-macam makanan khas Sulawesi Barat berikut ini

 

Sambusa

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Sweet Seedling (@sweetseedling) on

 

 

Makanan khas Sulawesi Barat selanjutnya yang bisa jadi pilihanmu adalah Sambusa. Memiliki bentuk segitiga, Sambusa adalah sejenis gorengan dengan isian berupa olahan daging ikan yang lezat.

Kepopuleran kuliner khas Sulawesi Barat ini juga sudah tersebar luas dan selalu jadi pilihan favorit wisatawan yang tengah mengunjungi Kota Mamuju dan sekitarnya.

Jepa

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by KIKY (@kiky250884) on

 

 

Jepa adalah pilihan kuliner khas Suku Mandar selanjutnya yang bisa kamu temui saat berkunjung ke Sulawesi Barat. Berbentuk bulat pipih, makanan khas Sulawesi Barat ini terbuat dari Sagu ataupun Singkong yang bagian tengahnya diperkaya rasa manis dari gula aren.


Roti Pawa

 

      View this post on Instagram      

A post shared by citra dewi (@citrahendrawijaya) on

 

 

 


Sekilas makanan khas Sulawesi Barat satu ini terlihat seperti bakpau. Sama-sama dimasak dengan cara dikukus, yang menjadi pembeda antara bakpau dan Roti Pawa adalah bahan tepung terigu-nya yang juga dicampur dengan tepung beras.

Isian dari kue tradisional khas Sulawesi Barat ini juga terbilang unik, yaitu olahan kacang halus yang dicampur gula merah dan gula pasir. Sensasi empuk dan manisnya kacang dan gula merah tentu sangat menarik untuk dicoba.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Mamuju Sulawesi Barat

Sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Barat, Mamuju tentu banyak menyediakan makanan khas yang siap menggugah seleramu. Kebanyakan berbentuk kue dengan cita rasa yang gurih dan legit. Sangat pas jika dijadikan sebagai camilan saat menikmati sore. Yuk, cicipi rekomendasi beberapa makanan khas Mamuju Sulawesi Barat yang bisa kamu coba saat berkunjung kesana.

Kue Paso

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Sastra Trotoar (@sastratrotoar02) on

 

 

 

 


Pilihan makanan khas Sulawesi Barat yang bisa kamu temui di Sulawesi Barat adalah Paso. Berbentuk kerucut dan dibungkus daun pisang, Paso adalah kue tradisional Sulawesi Barat yang terbuat dari tepung beras, santan, dan juga gula aren yang dicairkan.

Sayangnya, kuliner tradisional khas Mandar bertekstur kenyal dengan cita rasa manis ini mulai jarang ditemui kini.

Bolu Paranggi

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Mahadiah (@mahadiah91) on

 

 

 

Berkunjung ke pasar-pasar Tradisional di Sulawesi Barat, khususnya di daerah Mandar, tentu nggak akan sulit untuk menemui makanan khas Sulawesi Barat satu ini. Berbentuk mangkok kecil, Bolu Paranggi terbuat dari terigu dan juga gula aren sehingga memiliki cita rasa manis yang menggoda.

Bolu Paranggi sangat pas menjadi camilan sore hari bersama dengan segelas teh hangat ataupun kopi tubruk favoritmu.

Kue Kui Kui

 

      View this post on Instagram      

A post shared by HOBI MASAK (@hobimasak.id) on

 

 

 

Jika kamu pernah mencicipi Kue Pukis, mungkin kamu akan mengira jika makanan khas Sulawesi Barat ini adalah makanan yang sama. Namun, Kui-Kui sebenarnya memiliki bentuk yang lebih panjang.

Dengan cita rasa yang tak jauh berbeda dengan kue pukis, makanan khas Mandar Sulawesi Barat ini cocok untuk kamu yang menyukai kuliner kue pukis.

4 dari 4 halaman

Nama Makanan Khas Sulawesi Barat

Ada berbagai macam makanan khas Sulawesi Barat yang masih eksis hingga sekarang. Jajanan-jajanan tersebut mencerminkan kekayaan kuliner Indonesia. Lalu, apa sajakah jajanan khas Sulawesi Barat tersebut.

Nama makanan khas Sulawesi Barat yang masih eksis hingga kini adalah:


Tetu

      View this post on Instagram      

A post shared by Astuti Tuti (@astuti_arsyil) on

 

 

 


Makanan khas Sulawesi Barat selanjutnya ini sangat mudah ditemukan menjelang bulan Ramadan karena memang Tetu adalah pilihan medu berbuka puasa yang cukup digemari.

Disajikan diatas daun pandang yang berbentuk persegi panjang, makanan khas Sulawesi Barat ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan gula aren dan gula pasir. Adonan ini kemudian diaduk bersama santan kelapa dan dikukus hingga matang.


Bikang

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Setia Dini (@setia_dini91) on

 

 

 

Bikang atau disebut juga serabi. Bikang adalah makanan khas Sulawesi Barat yang cukup populer dapat ditemui dengan mudah di pasar-pasar tradisional di Sulawesi Barat. Jajanan ini dibuat dari tepung beras yang dituang ke pizza tanah liat.

 

Golla Kambu

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Dapur Ummu Alisha (@lena_bahirah_radjab_borra) on

 

 

 

Golla kambu mirip seperti wajik dari Jawa. Namun, golla kambu memiliki rasa manis yang khas. Makanan ini dibuat dari adonan beras ketan, kelapa parut, kacang tanah yang sudah disangrai, dan gula merah. Adonan kemudian dibungkus dengan daun pisang.

 

Kalumpang

 

      View this post on Instagram      

A post shared by firdaus paturusi (@firdausthobelulu) on

 

 

 

Ada kabar gembira bagi Anda para penggemar pizza. Pasalnya, Sulawesi Barat pun memiliki pizza lokal khas Mamuju yang bernama Kalumpang. Bila Anda berada di Pulau Karampuang yang ada di Mamuju, jangan sampai Anda tidak bisa mendapatkan Kalumpang.

 

Loko Anjoroi

 

Ilustrasi Loko Anjoroi © Diadona

 


Loko anjoroi merupakan makanan khas Sulawesi Barat yang terbuat dari pisang rebus. Makanan ini dipercaya mampu meringankan sakit maag. Cara membuatnya dengan merebus satu sisir pisang kapuk atau pisang raja bersama kulitnya. Kemudian kupas dan masukkan ke dalam adonan santan dan diaduk. Rasanya yang manis dan gurih sangat cocok jika dimakan dengan sambal terasi.


Tumpi-tumpi

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Agung Novianti (@agung_novianti) on

 

 


Tumpi-tumpi sering juga disebut nugget khas Sulawesi Barat. Makanan khas Sulawesi Barat satu ini terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan parutan kelapa. Sajian ini biasanya menjadi santapan wajib perayaan-perayaan adat.

 

Inilah makanan khas Sulawesi Barat yang masih eksis hingga sekarang. Perpaduan bahan-bahan makanan yang digunakan menjadi makanan ini masih sangat digemari oleh warga lokal maupun wisatawan. Jangan lupa untuk mencoba membuatnya jadi oleh-saat berkunjung ke Sulawesi Barat. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar