12 Kuliner Pontianak Paling Terkenal yang Bakal Memenjakan Lidahmu

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 25 April 2020 12:40
12 Kuliner Pontianak Paling Terkenal yang Bakal Memenjakan Lidahmu
Kalu ke kota kathulistiwa, jangan lupa mencicipi kulnernya juga ya!

Kota Pontianak merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Barat yang memiliki keragaman adat dan budaya. Tak hanya tercermin dalam keseharian penduduknya, kuliner dari Kota Khatulistiwa ini juga banyak dipengaruhi oleh budaya dari Cina, Kalimantan dan Jawa. Keunikannya dapat kamu temukan di 12 kuliner Pontianak di bawah ini yang lezat, unik dan tiada duanya.

 

1 dari 4 halaman

Kuliner Pontianak Halal

Selain terkenal akan Tugu Khatulistiwa, Pontianak juga terkenal dengan kulinernya yang khas dan enak. Beragam makanan di ibu kota Kalimantan Barat ini terpengaruh dari beragam etnis seperti Dayak, Tionghoa dan Melayu sehingga membuatnya kaya rasa. Walaupun demikian, bagi kamu yang muskim dan ingin mencicippi kuliner Pontianak pun tetap bisa.Penasaran dengan cita rasa yang dimiliki kuliner pontianak? Simak rekomendasi kuliner Pontianak halal berikut ini.

Bubur pedas Pontianak

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Dadad Sesa / Javafoodie (@javafoodie) on

 


Bubur Pedas khas Pontianak atau yang disebut juga Bubbor Paddas oleh warga setempat merupakan salah satu variasi bubur yang cukup unik. Walaupun namanya bubur pedas, ternyata rasanya sama sekali tidak pedas .

Kata Pedas sebenarnya mengacu pada banyaknya pelengkap yang dihidangkan sebagai pendamping, yaitu kangkung, cambah, kacang panjang, jagung muda, ikan teri dan daging ayam. Nasi yang digunakan terbuat dari beras yang disangrai dengan parutan kelapa tua terlebih dahulu. Aromanya khas dan rasanya pun sangat unik.


Kwetiau Apollo

 

      View this post on Instagram      

A post shared by HwaNG (@hwang_frenzdy) on

 

 

Kuliner Pontianak kesayangan warga setempat yang lainnya adalah Kwetiau Apollo yang sudah berdiri semenjak tahun 1968. Kedainya bisa dibilang cukup sederhana, namun rasanya luar biasa. menu andalannya adalah kwetiau goreng dan kwetiau siram sapi dengan rasa yang khas yang diperoleh dari perpaduan cuka ikan, kecap manis dan sambal spesial. Warga setempat biasa menyebut kwetiau dengan mie tiau, sehingga dipalang depan resto tertulis Mie Tiau Apollo. Selain kwetiau, resto ini juga menjual nasi goreng, bihun goreng, dan masakan chinese food lain yang patut dicoba.

 

Burung Punai

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Pay Ishak (@payishak) on

 


Burung Punai merupakan jenis burung yang banyak terdapat di daerah Pontianak dan merupakan salah satu kuliner Potianak kesukaan warga setempat. Bentuknya seperti burung merpati dengan bulu warna hijau dan paruh kemerahan. Cara memasaknya biasanya digoreng seperti ayam atau dibakar. Warga Pontianak menggemarinya karena dagingnya lebih gurih dan sangat empuk dengan citarasa khas. Jika ingin mencicipinya, bisa mengunjungi Resto Pondok Pengkang di Siantan. Selain menyajikan olahan burung punai, resto ini juga menyajikan masakan lainnya seperti pengkang, sambal kerang dan makanan khas Pontianak lainnya.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Pontianak

Pengaruh budaya juga tecermin pada nama-nama makanan yang masih jarang ditemukan di Jakarta. Maka itu, tempat terbaik untuk menikmati kuliner unik ini adalah di kota asalnya. Tim Diadona merangkum beberapa wisata kuliner Pontianak yang harus dicicipi,saat kamu berkunjung ke kota ini.

 

Lek Tau Suan

 

 

Ilustrasi Lek Tau Suan © Diadona

Kuliner Pontianak ini sebenarnya banyak ditemui di Singapura dan Daratan Cina, tetapi entah bagaimana menjamur di Pontianak. Hanya saja, saat menyatap Lek Tau Suan yang mirip dengan bubur kacang hijau ini, warga lebih suka menambahkan topping cakue. Hasilnya perpaduan yang unik dari bubur kacang hijau yang manis dengan cakue yang gurih dan crispi yang membuat jajanan ini selalu dicari-cari. Lek Tau Suan bisa dietmukan di sepanjang jalan Gajahmada dan djajakan secara kaki lima.

Chai Kue Tian Mei li

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ANAKJAJAN.COM (Julia & Marius) (@anakjajan) on

 

 


Jajanan kuliner Pontianak lain yang tidak kalh menarik dan menggugah selera adalah Chai Kue atau kue tepung beras. Di beberapa kota penganan ini dikenal juga dengan nama kuo tie dan berbentuk seperti gyoza dari Jepang. Ada dua macam chai kue yang biasa dijual di Pontianak, yaitu chai kue kukus dan goreng. isinya pun lebih variatif, meliputi bengkoang, kucai, kacang, rebung dan talas. Penganan ini banyak dijumpai di jalan-jalan besar di Pontianak, namu yang jadi favorit warga setempat adalah Chau Kue Tian Mei Li di daerah Siam.

 

Bakmie Kepiting

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by JAKARTA FOOD DESTINATION (@jktfooddestination) on

 


Masakan bakmi juga menjadi kuliner Pontianak kesukaan warga setempat. Namu bakmi di sini bukan bakmi goreng biasa dengan pelengkap sawi, bakso dan potongan daging ayam. Bakmi pontianak menggunakan daging kepiting sehingga rasanya lebih gurih dan bernuasa seafood. Teksur mie ya lebih kenyal dan kecil dengan paduan rasa asin dan manis yang mantap. Restoran penjual bakmi kepiting yang paling di gemari adalah Bakmi Ju Hui yang berada di Jalan Budi Karya. Alternatifnya adalah Bakmi Owkie di Jalan Nusa Indah

3 dari 4 halaman

Kuliner Pontianak

Kalau kamu ingin berwisata kuliner di Pontianak. Banyak makanan khas dan jajanan kaki lima yang lezat, dikenal karena keunikan dan rasanya yang maknyus. Wisata kuliner di Pontianak bahkan bisa menjadi alternatif terbaik bila ingin menjelajahi kota yang dilewati oleh Sungai Kapuas tersebut.

Jika kamu tertarik untuk berwisata kuliner Pontianak, makanan di bawah ini bisa menjadi buruan untuk kamu nikmati. Dijamin lezat, deh!


Sagu Gunting

      View this post on Instagram      

A post shared by Jessica Novia (@jessica.jill91) on

 

Sagu gunting atau juga disebut Ce Hun Tiao merupakan jajanan kuliner pontianak yang terbuat dari adonan tepung beras dan tepung kanji yang dipotong tips-tipis menyerupai mie. Biasanya disajikan dengan tambahan kacang merah, ketan hitam, bongko dan mutiara yang semakin membuat rasa es ini ramai dan menyenangkan. Dahulu kala es sagu gunting dijajakan dengan gerobak kaki lima yang didorong menyusuri jalanan perumahan, namun sekarang sudah mulai jarang terlihat. Jika ingin mencarinya bisa menyusuri sepanjang jalan Waru atau Tanjung Pura karena masih ada gerobak kaki lima yang menjajakannya di sana.


Kwe Cap dan Kwe Kia Teng

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ANAKJAJAN.COM (Julia & Marius) (@anakjajan) on

 


Hidangan yang satu ini merupakan kuliner Pontianak yang tidak halal karena menggunakan beberapa bagian dari daging babi. Wujudnya hampir seperti bakso dimana pengunjung bisa memilih berbagai lauk yang diiginkan seperti usus, telur puyuh, tahu, daging dan kulit babi dan lalu disiram dengan kaldu spesial yang reingan dan lezat. Sedangkan Kwe Kia Theng lebih menyerupai kwetiau kuah dengan potongan kwetiau yang lebar-lebar, kuah kaldu, topping daging dan kulit babi dan telur masak coklat. Banyak resto khas Pontianak menyajikan masakan ini, namun pilihan nomer satu warga adalah yang berada di Jalan Veteran.


Bubur Pesawat Pontianak

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Pontianak (@cicimungil.kuliner) on

 


Walau namanya bubur pesawat, namun sebenarnya resto ini tidak ada hubungannya dengan Pesawat. Konon katanya, semua pelancong yang transit di Pontianak selalu menyempatkan diri untuk menyantap masakan ini, karena itu warga setempat menyebutnya demikian. Menu andalanya sebenarnya hanya bubur polos yang disajikan dengan berbagai pilihan lauk seperti babi kecap, ayam rebus, telur kecap, telur asin, sayur asin, lidah babi dan banyak lagi. Rasanya asyik karena berbagai macam lauk yang bisa dipilih dan tentunya bisa menjadi penghangat perut yang mantap ketika menempuh perjalanan jauh.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuliner di Pontianak

Berkunjung ke Ibu Kota Kalimantan Barat, Pontianak tentu nggak akan lengkap tanpa mencoba berbagai makanan khas Pontianak. Kuliner tradisional Pontianak sangat beragam dengan pengaruh budaya lokal dan pendatang menjadikan makanan tradisional dari Pontianak cukup populer dan diburu oleh para pelancong.

Yuk, intip dan cicipi pilihan tempat wisata kuliner di Pontianak yang populer berikut:

RM Borneo

 

      View this post on Instagram      

A post shared by FOODIES BANJARMASIN (@noonagoround) on

 

 


Rumah Makan Borneo merupakan tempat wisata kuliner Pontianak yang menyajikan masakan cina dengan harga terjangkau dan rasa enak. Andalannya adalah lumpia udang dan steak ayam. Namun selain itu, resto ini juga menyajikan menu-menu menarik lainnya seperti hotpot seafood, tumis sayuran dan swikee. Pengunjung bisa mencoba rasa masakan cina ala Pontianak dengan suasana yang nyaman dan pelayanan yang cepat.

 

Restoran Gajah Mada

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by callista adelia adelia (@callistaadeliagracia) on

 


Untuk keperluan fine dining, Restoran Gajah Mada bisa menjadi pilihan yang tepat. Menempati bangunan tiga lantai yang gagah dan lapang, Restoran Gayah Mada sering melayani berbagai acara formal seperti resepsi pernikahan, reuni dan ulang tahun. Tempat wisata kuliner Pontianak ini menyajikan berbagai menu nusantara dan fushion masakan cina serta western. Favorit warga setempat adalah ayam goreng bawang putih dan sapo tahu seafood.


Es Krim Petrus

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by olivia catherine (@oliviacath1540) on

 

 

Sebenarnya nama asli dari kuliner Pontianak ini adalah es krim Angi, namu karena letaknya yang berada di belakang komplek sekolah St. petrus, lama-kelamaan warga menyebutnya dengan es krim Petrus. Es krim ini disajikan di dalam batok kelapa, ditemani berbagai isi yaitu cincau, mutiara, kacang merah dan murmput laut. Rasa es krimnya sendiri benar-benar lembut dan juga terdiri dari berbagai pilihan rasa yang menarik. Untuk penggemar es krim yang belum mencicipinya, dijamin pasti tidak akan menyesal.

Sudah temukan pilihan kuliner Pontianak yang ingin kamu cicipi saat singgah ke kota ini? Selamat menikmati ya!

Beri Komentar