10 Resep Cara Membuat Sambal Terasi, Bawang, Tomat untuk Lalapan, Pecel Lele dan Ayam Geprek

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 10 Maret 2020 22:13
10 Resep Cara Membuat Sambal Terasi, Bawang, Tomat untuk Lalapan, Pecel Lele dan Ayam Geprek
Gabut dengan olahan makanan yang itu-itu aja? Yuk, disambalin aja!

Pernah nggak sih kamu merasa bosan dengan olahan makanan yang itu-itu melulu? Ingin makan enak tapi uang di dompet udah makin menipis aja, nih. Eits, nggak usah bingung dan galau. Kamu bisa membuat aneka menu sambal yang bakal menemani acara santap makanmu.

Nggak perlu modal gede, kamu bisa membuatnya dengan bahan dan alat sederhana. Selain murah, kamu bakal menikmati sensasi pedas yang nendang, kamu akan ketagihan untuk makan dan nggak bisa berhenti ngunyah. Apalagi kamu menyantap makanan dengan cocolan sambal dan nasi hangat. Terbayangkan, gimana sensasi lezat dengan bercucuran keringat di dahi, hehe. Yap, olahan aneka sambal ini cocok banget bagi kamu yang menyukai makanan pedas.

Yuk, daripasa penasaran yang tak berujung, 'hehe...' mending langsung saja simak resep mudah, simple, dan anti ribet ala anak kos-kosan dan ibu rumah tangga dengan mobilitas tinggi, cara membuat sambal yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 10 halaman

1. Cara Membuat Sambal Terasi

Ilustrasi Sambal Terasi © Diadona

Olahan sambal pertama yang bisa kamu buat adalah sambal terasi yang sering dimasak kebanyakan ibu rumah tangga. Mungkin kamu pernahkan memakan olahan sambal terasi ini. Selain untuk lalapan, orang di daerah Jawa Timuran biasa menikmati sambal terasi untuk sayur bening dan sop. Yuk, langsung saja deh simak resep cara membuat sambal terasi berikut ini.

Bahan:
- 3 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 10 buah cabe rawit domba
- 5 buah cabe rawit hijau
- 5 buah cabe merah besar
- 1 buah tomat ukuran sedang
- 2 bungkus Terasi merek ABC
- Garam
- Kaldu bubuk totole
- Minyak goreng

Cara membuat sambal terasi:

Goreng bawang merah, bawang putih, cabai dan tomat hingga layu dan matang. Angkat, tiriskan dan letakkan di atas cobak. Bakar terasi, lalu campurkan bersama cabe diulekan. Tambahkan garam dan kaldu totole sesuai selera dan koreksi rasa.

2 dari 10 halaman

2. Cara Membuat Sambal Bawang

Ilustrasi Sambal Bawang © Diadona

Olahan sambal berikutnya yang bisa kamu buat sendiri adalah sambal bawang yang biasanya dibuat untuk sambal ayam geprek. Yap, rasa bawang yang sedap dengan cabe rawit yang pedasnya nendang, dijamin kamu bakal suka dan nggak bisa berhenti makan, hehe... Yuk langsung saja deh simak resep cara membuat sambal bawang selengkapnya di bawah ini.

Bahan:
- 15-20 buah cabai keriting
- 7-10 buah cabai rawit merah
- 15 butir bawang merah, iris halus
- 5-7 butir bawang putih
- 2 lembar daun jeruk
- 1 gelas air
- Secukupnya garam
- Secukupnya gula
- Secukupnya minyak

Cara membuat sambal bawang:

  1. Rebus air hingga mendidih, masukkan cabai keriting, cabai merah dan bawang putih. Tutup panci dan matikan kompor, diamkan 2-3 menit. Angkat, tiriskan, dan giling menggunakan blender atau cobek.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum. Masukkan cabai giling dan daun jeruk. Masak hingga harum dan cabai mengeluarkan minyak.
  3. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Aduk rata, dan sajikan dengan lauk atau lalapan.

3 dari 10 halaman

3. Cara Membuat Sambal Pecel Lele

Ilustrasi Sambal Pecel Lele © Diadona

Pernah dengar dong pastinya dengan olahan pecel lele yang enak dan super nagih ini. Yap, salah satu menu makanan tenda pinggir jalan ini biasanya menjadi menu penyelamat dimalam hari saat lagi lapar. Kamu tentunya memakan menu pecel lele ini dengan sambal pedasnya yang nagih itu dong? Eits, kamu juga bisa loh membuat sambal pecel lele sendiri di rumah atau di kosan. Dari pada beli, ya kan? Yuk langsung saja deh simak resep cara membuat sambal pecel lele di bawah ini.

Bahan:
- 3 buah cabe keriting
- 10 buah cabe rawit
- 1/2 buah tomat
- 6 buah bawang merah
- 1 buah bawang putih
- 1 potong terasi
- Secukupnya garam
- Secukupnya gula pasir
- Sedikit gula merah

Cara membuat sambal pecel lele:

  1. Siapkan semua bahan kecuali gula merah lalu goreng. Angkat dan taruh ke dalam cobek semua bahan yang telah digoreng bersama dengan garam dan gula pasir, kemudian uleg.
  2. Ketika sudah halus, tambahkan gula merah. Lanjutkan sampai sambal benar-benar halus. Setelah semua bahan halus, sambal siap dihidangkan.

4 dari 10 halaman

4. Cara Membuat Sambal Goreng Kentang

Ilustrasi Sambal Goreng Kentang © Diadona

Sambal goreng kentang yang merah merona ini biasa kita temukan saat acara perayaan dan syukuran. Nggak hanya itu, mungkin ibu kamu di rumah juga sering membuat olahan sambal goreng untuk menu makan keluarga. Selain dengan menggunakan kentang, kamu juga bisa mengombinasikan bahan lainnya seperti ati dan ampela. Yuk, simak deh resep cara membuat sambal goreng kentang dengan ampela di bawah ini.

Bahan:
- 2 buah kentang, potong dadu, goreng 3/4 matang
- 5 buah ampela ayam, cuci bersih, belah 2, rebus hingga lunak
- 1/2 buah bawang bombay
- 1 batang sereh
- 1 lembar daun salam
- 1 ruas jahe
- 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus
- 3 sdm sambal bawang (resep ada dipost sebelumnya)
- Secukupnya garam
- Secukupnya gula
- Secukupnya minyak

Cara membuat sambal goreng kentang:

  1. Tumis bawang bombai, jahe, sereh dan daun salam pada minyak panas hingga matang dan mengeluarkan aroma sedap. Masukkan potongan ampela, sambal, dan daun jeruk. Tambahkan garam dan gula, koreksi rasa hingga muncul rasa yang diinginkan.
  2. Masak hingga semua bumbu melumuri semua bagian ampela. Masukkna juga kentang goreng dan aduk rata. Angkat dan siap disajikan.

5 dari 10 halaman

5. Cara Membuat Sambal Ayam Geprek

Ilustrasi Sambal Ayam Geprek © Diadona

Ayam geprek menjadi menu hits kekinian belakangan ini. Banyak sekali kedai dan warung makan yang meneyediakan olahan menu ayam geprek ini. Apalagi jika kamu anak kos-kosan yang hidup di lingkungan kampus, maka kamu tinggal tunjuk aja deh, menu ayam geprek mana yang kamu inginkan. Nah, ayam geprek identik dengan sambal yang lezat dengan level pedas berbeda bikin kamu nagih untuk makan terus. Hem... dari pada kamu beli, mending buat aja sendiri menu sambal ayam geprek di rumah atau di kosan. Yuk, langsung saja deh simak resep cara membuat sambal ayam geprek di bawah ini.

Bahan:
- 25 buah cabe keriting
- 3 siung bawang putih ukuran kecil
- 8 siung bawang merah ukuran kecil
- 3 sdm minyak goreng panas
- Secukupnya gula dan garam

Cara membuat sambal ayam geprek:

  1. Bersihkan bahan cabe, bawang merah dan bawang putih lalu ulek kasar menggunakan cobek. Tambahkan gula dan garam secukupnya, kamu juga bisa menambahkan kaldu bubuk.
  2. Tes rasa, siram menggunakan minyak goreng panas. Sambal siap dihidangkan bersama ayam dan lalapan.

6 dari 10 halaman

6. Cara Membuat Sambal Goreng

Ilustrasi Sambal Goreng © Diadona

Banyak sekali varian sambal yang wajib banget kamu coba dan nggak boleh terlewatkan. Salah satunya adalah menu sambal goreng. Yuk, langsung saja deh simak resep cara membuat sambal goreng berikut ini.

Bahan:
- 19 buah cabe rawit merah
- 5 buah cabe merah keriting
- 3 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- Garam dan penyedap rasa
- 1/2 bagian gula merah
- 1/2 bagian tomat
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat sambal goreng:

  1. Pisahkan cabe dengan tangkai lalu cuci beresih. Bersihkan juga bawang merah dan putih kemudian potong kasar. PAnaskan minyak, gopreng cabe, bawang, dan tomat hingga matang.
  2. Angkat dan ulek hingga lembut. Tambahkan gula, garam da penyedap rasa. Siap disajikan.

7 dari 10 halaman

7. Cara Membuat Sambal Lalapan

Ilustrasi Sambal Lalapan © Diadona

Sambal yang lezat dan pedasnya yang nendang dalam lalapan ini mejadi salah satu menu wajib saat keluar dan makan malam. Menu lalapan memang tetap menjadi primadona santapan pencinta kuliner dengan menonjolkan sambal yang nempol abis. Kamu tentunya juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat sambal lalapan berikut ini.

Bahan:
- 5 biji cabai rawit
- 3 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 2 buah tomat
- Secukupnya terasi
- Garam, gula, dan micin sesuai selera

Cara membuat sambal lalapan:

Cuci semua bahan kecuali terasi dan penyedap rasa. Goreng bahan bersama-sama dalam minyak panas hingga tercium aroma harum. Taruh dalam ulekan dan haluskan. Tambahkan juga daun kemangi, kol, dan ketimun.

8 dari 10 halaman

8. Cara Membuat Sambal Kecap

Ilustrasi Sambal Kecap © Diadona

Selain menu sambal terasi yang umunya disantap untuk lalapan, kamu juga wajib mencoba varian sambal kecap dengan sensasi rasa pedas manis. Yap, kamu juga bisa loh menambahkan bubuk kacang dalam varian sambal kecap ini. Hem, terbayang dong gimana sensasi rasa pedas, manis dan gurih secara bersamaan. Simak aja deh langsung resep cara membuat sambal kecap dengan kacang bubuk di bawah ini.

Bahan:
- 50 gram kacang tanah
- 2 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 7 buah cabe rawit
- Secukupnya garam
- Secukupnya MSG
- Secukupnya gula pasir
- Secukupnya kecap manis

Cara membuat sambal kecap:

  1. Goreng kacang tanah hingga matang. Iris bawang merah lalu goreng setelah berwarna keemasan, segera angkat.
  2. Goreng bawang putih dan cabe rawit hingga matang, angkat masukkan ke cobek. Ulek kacang tanah, bawang putih, dan cabe rawit bersama garam, MSG, dan gula pasir.
  3. Setelah halus, masukkan bawang merah goreng dan kecap. Seduh dengan air panas, sambal kecap siap digunakan.

9 dari 10 halaman

9. Cara Membuat Sambal Tomat

Ilustrasi Sambal Tomat © Diadona

Jika kamu pencinta kuliner lalapan yang umumnya dijual di malam hari, maka kamu tentunya udah nggak asing lagi dong dengan sambal tomat. Memang, sambal tomat bisa menjadi " best of the best" olahan sambal dan penolong dikala terdesak. Yuk, buat aja sendiri di rumah resep cara membuat sambal tomat berikut ini. Dijamin bikin nagih, deh!

Bahan:
- 6 buah cabe merah keriting
- 10 buah cabe rawit setan
- 5 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 1-2 buah tomat ukuran sedang
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Trasi Goreng secukupnya

Cara membuat sambal tomat:

Kupas bawang dan cuci semua bahan. Goreng cabe dan bawang hingga layu dan angkat. Masukkan semua bahan dalam cobek, lalau ulek hingga halus. Tes rasa sesuai selera dan sambal siap dihidangkan.

10 dari 10 halaman

10. Cara Membuat Sambal Ijo

Ilustrasi Sambal Ijo © Diadona

Nah, ada juga nih olahan sambal ijo. Pas banget buat kamu yang lagi bosan dengan menu sambal merah merona dari tomat atau cabe merah. Yuk, cus deh eksekusi dengan melihat resep selengkapnya cara membuat sambal ijo di bawah ini.

Bahan:
- 15 buah cabe ijo
- 15 buah cabe rawit
- 5 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 1 buah tomat
- Garam secukupnya
- Kaldu bubuk
- Minyak untuk menumis

Cara membuat sambal ijo:

  1. Siapkan bahan kemudian rebus hingga air mendidih, tiriskan. Ulek semua bahan dan tambahkan garam secukupnya. Tambahkan juga kaldu bubuk.
  2. Tumis bahan yang dihaluskan dengan minyak panas sebentar saja. Sambal siap disajikan untuk cocolan ayam goreng atau ikan.

Itulah beberapa resep cara membuat sambal yang tentunya bisa banget membantu kamu untuk lebih menikmati aneka hidangan mainstream di piring saji menjadi anti mainstream. Bagaimana, tertarik membuatnya? Yuk, segera persiapkan bahan-bahannya, ya.

Baca juga yuk: Susu Kecoa, Digadang-Gadang Jadi Pengganti Susu Sapi yang Jauh Lebih Bernutrisi!

 

Beri Komentar