10 Resep Cara Membuat Ayam Goreng Tepung Crispy Mentega dengan Sambal Bumbu Goreng Serundeng

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 20 Februari 2020 21:09
10 Resep Cara Membuat Ayam Goreng Tepung Crispy Mentega dengan Sambal Bumbu Goreng Serundeng
Ayam goreng kesukaan sejuta umat ini bisa banget kamu buat sendiri di rumah untuk hidangan keluarga tercinta. Mudah kok membuatnya, simak saja resep cara membuat ayam goreng di bawah ini!

Ayam goreng yang kriuk, kremes, dan empuk ini memang menjadi makanan sejuta umat. Bagaimana tidak, karena rasanya yang merakyat menjadikan hampir setiap acara besar dana keluarga selalu ada olahan ayam yang simpole dengan cara di goreng ini.

Ayam goreng simole ini juga menjadi salah satu bidang bisnis yang cukup menjanjikan. Tidak sulit memang untuk mengikuti tren kesukaan orang Indonesia akan olahan ayam goreng yang akan tetap eksisi ini.

Jika kamu sebelumnya memilih membeli olahan ayam goreng ini di kedai dan gerai ataupun lapak penjual, maka kamu harus mencoba membuat ayam goreng sendiri di rumah. Selain murah dan ekonomis, kamu akan semakin yakin dengan bahan-bahan yang digunakan untuk menjamin higienisnya makanan masuk dalam perut. Yuk langsung saja simak resep cara membuat ayam goreng yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 10 halaman

1. Cara Membuat Ayam Goreng Tepung

Ilustrasi Ayam Goreng Tepung © Diadona

Menu ayam goeng pertama yang wajib banget kamu byat sendiri di rumah adalah olahan ayam goreng tepung yang kriuk dan empuk di dalamnya. Langsung saja yuk, simak bersama resep cara membuat ayam goreng tepung di bawah ini.

Bahan:
- 1 ekor ayam boiler, potong-potong
- 7 siung bawang putih, haluskan
- 1/2 sdt merica
- Kaldu bubuk secukupnya
- Garam secukupnya
- 1 butir telur

Tepung pelapis:
- 5 sendok sayur tepung terigu
- 1 sendok sayur tepung maizena

Cara membuat ayam goreng tepung:

  1. Aduk dengan rata bahan ayam, bawang putih, merica, kaldu bubuk dan garam. Simpan dalam kulkas beberapa jam atau selama semalam, ya. Dalam piring yang terpisah, campurkan juga tepung maizena dan terigu lalu sisihkan dulu.
  2. Keluarkanlah bahan ayam dari kulkas, masukkan satu buah telkur dan aduk rata bahan telur dan ayam tersebut. Gulingkan potongan ayam dalam tepung, remas sambil dicubit agar tepung terlihat keriting.
  3. Setelah ini, goreng ayam dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat dan siap disajikan.

2 dari 10 halaman

2. Cara Membuat Ayam Goreng Crispy

Ilustrasi Ayam Goreng Crispy © Diadona

Selain empuk, tentunya kamu pasti suka dong dengan ayam goreng dengan rasa yang crispy menggoda. Yap, kamu tentunya bisa banget membuat olahan ayam goreng crispy yang telah Diadona ulas di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram ayam potong

Bumbu marinasi:
- 1 sdm saos tiram
- 1 sdm kecap asin
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt garam
- 1 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt kaldu jamur
- 1/2 sdt boncabe

Bahan pelapis kering:
- 250 gram tepung terigu serbaguna
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 sdt kaldu jamur
- 1/2 sdt garam
- Secukupnya susu UHT, dibuat pencelup

Cara membuat ayam goreng crispy:

  1. Bersihkan ayam kemudian haluskan bawang putih. Tambahkan semua bumbu marinasi ke dalam ayam lalu aduk rata. Simpan dulu di kulkas sekitar 3 jam atau bisa semalaman.
  2. Setelah ayam sudah di marinasi, siapkan bahan keringnya, aduk rata lalu saring dulu agar tercampur dengan rata.
  3. Tuang secukupnya susu UHT dalam mangkok, ambil satu potong ayam lalu balurkan ke bahan kering kemudian celup ke susu UHT. Lakukan hingga 2 kali pelapisan sambil di cubit cubit sedikit agar ada kriting bagian luarnya saat digoreng.
  4. Goreng dengan minyak bersih hingga ayam terendam. Goreng hingga ayam matang dan krispy sambil dibolak-balik. Jangan terlalu banyak menggoreng ayam dalam penggoprengannya agar muncul tekstur kriting. Ayam krispy sudah siap dihidangkan dengan nasi hanget, saos cabe dan mayonaise.

3 dari 10 halaman

3. Cara Membuat Ayam Goreng Kremes

Ilustrasi Ayam Goreng Kremes © Diadona

Olahan ayam goreng kremes juga menjadi andalan dan pilihan banyak peggemar kuliner, loh. Yap, olahan ayam goreng kremes ini tentunya enak dengan bumbu yang meresap ke dalam daging dengan sensasi kremes kesukaan banyak orang. Simak langsung resep cara membuat ayam goreng kremes berikut ini.

Bahan:
- 1/2 ekor ayam
- 1 buah lengkuas (parut)
- 1 sdt garam halus
- 1 sdt ketumbar bubuk
- 1 sdt kunyit bubuk
- 2 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 2 lembar daun salam
- 500 ml air
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat ayam goreng kremes:

  1. Bersihkan ayam kemudian blender bawang putih dan bawang merah. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diblender sampai harum lalu tambahkan daun salam.
  2. Masukkan ayam yang sudah dibersihkan dan lengkuas parut kemudian aduk hingga rata. Tambahkan air, kecilkan api lalu masak hingga air menyusut.

  3. Setelah air susut, matikan kompor dan dinginkan ayam. Setelah dingin, tiriskan ayam ke wadah lain. Dan saring lengkuas parutnya.
  4. Goreng ayam seperti menggoreng pada umumnya, setelah ayam matang, tiriskan. Goreng lengkuas parut. Tiriskan saat sudah berwarna kecokelatan.

4 dari 10 halaman

4. Cara Membuat Sambal Ayam Goreng

Ilustrasi Ayam Goreng Sambal © Diadona

Selain membuat ayam goreng sendiri di rumah, kamu juga tidak boleh lupa untuk emmbuat sambal dan saus kesukaan sebagai siraman ayam goreng empukmu. Yuk, langsung saja siak resep cara membuat ayam goreng dengan sambal di bawah ini.

Bahan:
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 6 buah cabai merah
- 25 buah cabai rawit, sesuai selera
- 1 buah tomat
- Terasi
- Garam
- Gula

Cara membuat ayam goreng untuk sambalnya:

  1. Cuci bersih semua bahan kemudian potong-potong. Goreng semua bahan sambel kecuali terasi. Setelah layu, masukkan terasi dan matikan kompor. Haluskan bahan bumbu dengan blender/diulek.
  2. Masak sambel, dan tambahkan sedikit air biar tidak berbau langu. Setelah air mulai susut, tambahkan minyak dan masak sambel. Beri gula dan garam. Masak sambel sampai agak mengental dan tidak mengandung air.

5 dari 10 halaman

5. Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng

Ilustrasi Ayam Goreng Serundeng © Diadona

Terbayang nggak sih, bagaimana rasa nikmatnya ayam goreng yang dicampur dengan serundeng dengan aroma khas kelapa yang manis dengan campuran gula jawa? Yap, olahan ayam goreng serundeng juga bisa menjasi salah satu menu variasi menikmati ayam goreng, nih. Simak resep cara membuat ayam goreng di rumah dengan serundeng berikut ini.

Bahan:
- 1 ekor ayam, bagi 8 potong
- 200 ml santan kelapa
- 250 gram parutan kelapa

Bahan halus:
- 2 ruas telunjuk kunyit
- 8 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 2 ruas telunjuk jahe
- 1 batang serai
- 1 buah lengkuas
- 1,5 sdm ketumbar
- 4 butir kemiri

Kondimen:
- 4-5 buah tahu dibagi 1/2
- 8 iris tempe

Bumbu penyedap:
- 1 sdm garam
- 1 sdm gula
- 1/2 sdm merica
- 1/2 sdm kaldu bubuk

Cara membuat ayam goreng serundeng:

  1. Blender semua bahan halus, tumis bumbu halus hingga warnanya kecoklatan. Masukkan parutan kelapa dan aduk rata.
  2. Tambahkan air sebanyak 300-400 cc sedikit demi sedikit. Masukkan potongan ayam dan aduk merata hingga matang dengan api kecil durasi 45-60 menit.
  3. Masukkan bumbu berupa garam, merica, gula, kaldu bubuk lalu aduk rata. Biarkan air rebusan berbumbu surut dan sambil diaduk agar parutan kelapa tidak gosong di bagian bawah.
  4. Masukkan santan dan aduk rata sampai surut. Tahap ini harus terus diaduk agar santan tidak pecah. Masukkan tempe dan tahu ke dalam rebusan.
  5. Apabila sudah matang dan meresap, biarkan istirahat semua bahan sampai dingin. Goreng mendadak saat akan disantap. Bisa ditambahkan lalapan sayur dan juga sambal supaya makin nikmat.

6 dari 10 halaman

6. Cara Membuat Bumbu Ayam Goreng

Ilustrasi ayam goreng mentega © Diadona

Kamu pasti bingung, bagaimana sih cara membuat bumbu ayam goreng yang bisa meresap sempurna dalam daging dan menjadikan sensasi sedap nikmat? Yap, kamu harus tahu resep cara membuat ayam goreng untuk fokus pada bumbunya di bawah ini. Selamat mencoba!

Bahan:
- 1 ekor ayam

Bumbu halus:
- Lada bubuk
- Ketumbar bubuk
- 3 siung bawang putih
- 6 siung bawang merah
- 1 ruas jahe
- 2 ruas kunyit
- 2 ruas lengkuas

Bumbu utuh:
- 1 serai geprek
- 2 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- Gula dan garam

Cara membuat ayam goreng bumbu:

  1. Potong-potong seekor ayam sesuai selera. Rebus sebentar, untuk menghilangkan kotorannya. Ulek bumbu sampai halus.
  2. Tumis bumbu dengan minyak, masukkan semua bumbu dan rebusan ayam lalu tes rasa. Rebus sampai asat.
  3. Goreng dengan api kecil dan ditutup ya, sisanya bisa di simpan dalam kulkas. Dan tinggal goreng besoknya.

7 dari 10 halaman

7. Cara Membuat Ayam Goreng KFC

Ilustrasi Ayam Goreng ala KFC © Diadona

Tentunya kamu sudah pernah domg menikmati olahan ayam goreng terkenal dari gerai brand KFC. Yap, ayam goreng yang banyak di temui di hampir kota di Indonesia bahkan hampir tiap belahan dunia ini memang menjadi kiblatnya olahan ayam goreng. Eits, kamu juga bisa loh membuat sendiri ayam goreng ala KFC ini. Langsung saja simak resep cara membuat ayam goreng berikut ini.

Bahan:
- 1/2 kg ayam

Bumbu marinasi:
- 2 bawang putih, haluskan
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1/2 sdt jahe bubuk
- 1/4 sdt kunyit bubuk
- Secukupnya boncabe
- 1 sdt garam

Bumbu tepung:
- 4 sdm tepung
- 2 sdm tepung maisena
- 1/2 bungkus royko
- 1/2 sdt baking soda
- Air dingin
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat ayam goreng KFC:

  1. Cuci ayam hingga bersih, beri sayatan didagingnya agar bumbu meresap. Beri bumbu marinasi, aduk-aduk sampai rata lalu diamkan di kulkas semalaman, kalo mau langsung di goreng minimal 2 jam udh dimarinasi.
  2. Campur semua bahan tepung pisahkan sedikit adonan tepungnya untuk bahan basah, setelah adonan diaduk rata ambil 2 sdm utk di campur air dingin.
  3. Lalu setelah ayam di marinasi, campur dengan tepung kering lalu celup ke tepung basah, kemudian ke tepung kering kembali sambil di pijat-pijat agar meresap.
  4. Panaskan minyak, setelah panas kecilkan api masukkan ayam lalu goreng sampai coklat keemasan atau sampai benar-benar kering. Setelah dirasa sudah matang, angkat dan sajikan selagi hangat.

8 dari 10 halaman

8. Cara Membuat Ayam Goreng Mentega

Ilustrasi ayam goreng bawang putih pedas manis © Diadona

Siapa sih yang belum pernah mencoba nikmatnya ayam mentega yang empuk dan gurih ini? Yuk, langsung saja simak resep mudah cara membuat ayam goreng mentega di bawah ini. Dijamin mudah dan anti gagal.

Bahan:
- 1/2 ekor ayam
- 1 sdt penyedap rasa
- 1 lembar daun salam
- Air secukupnya

Bahan tumis:
- 2 butir baput, iris
- 1/2 buah bawang bombay, iris
- 1 sdm mentega

Saos:
- 3 sdm kecap manis
- 2 sdm kecap inggris
- 1 sdm saos tomat
- Sedikit garam
- Kaldu jamur secukupnya
- 1 sdm air jeruk sonkit boleh diganti cuka

Cara membuat ayam goreng mentega:

  1. Rebus ayam, daun salam dan penyedap rasa dengan air secukupnya. Setelah mateng, tiriskan lalu goreng sebentar.
  2. Tumis semua bahan hingga harum, tambahkan mentega dan sedikit air. Masukkan semua saos dan terakhir masukkan ayam tadi dan air jeruk. Aduk rata dan biarkan bumbu menyerap dan mengental, janagn lupa koreksi rasanya yah.
  3. Setelah rasa sudah pas dan kuah agak mengental boleh di matikan apinya dan disajikan untuk kluarga tercinta.

9 dari 10 halaman

9. Cara Membuat Ayam Goreng Kecap

Ilustrasi sayap ayam goreng © Diadona

Selain ayam goreng mentega, kamu juga bisa berkreasi dengan varian  ayam goreng kecap yang gurih manis ini. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat ayam goreng kecap nikmat berikut ini.

Bahan:
- 1/4 sdt garam
- 1/4 sdt kaldu jamur
- 4 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 iris lengkuas
- 2 lembar daun salam
- Secukupnya kecap manis
- 5 potong ayam ungkep

Cara membuat ayam goreng kecap:

  1. Goreng ayam ungkep terlebih dahulu hingga kuning dan tidak terlalu kering/garing. Iris bawang merah, bawang putih, cabai dan lengkuas.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, lalu masukkan cabai, daun salam, lengkuas, garam dan kaldu jamur. Lalu terakhir kecap secukupnya. Tumis dengan minyak goreng dan blueband.
  3. Masukkan ayam yang sudah digoreng, aduk merata. Kalau kecap kurang bisa ditambahkan namun api tetap menyala ya.

10 dari 10 halaman

10. Cara Membuat Ayam Goreng Kalasan

Ilustrasi Ayam Goreng Kalasan © Diadona

Ayam goreng kalasan yang nikmat dan nyus dengan bumbu asli kalasan bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Langsung saja simakresep cara membuat ayam goreng kalasan yang nikmat dengan umbu otentik dan khas berikut ini.

Bahan:
- 500 gram ayam
- 1 buah santan instan ukuran kecil

Bumbu halus:
- 4 siung bawang putih
- 1 sdm ketumbar

Bumbu lainnya:
- Gula merah, asam jawa
- Garam, merica, kaldu jamur
- Lengkuas, daun salam

Cara membuat ayam goreng kalasan:

  1. Ayam sesudah di bersihkan, rebus sebentar lalu buang airnya untuk menghilangkan lemak. Campurkan bumbu halus, ayam dan air, tambahkan daun salam, lengkuas, santan, dan asam jawa.
  2. Biarkan ayam agak empuk baru tambahkan gula merah, garam, merica, dan kaldu jamur. Masak dengan api kecil biarkan air menyusut dan bumbu menyerap.
  3. Setelah bumbu menyerap sisihkan ayam, ayam bisa di simpan dulu atau langsung digoreng. Goreng ayam sebentar saja agar tidak terlalu keras di bagian luarnya.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat ayam goreng yang mudah dan bisa banget menjadi menu bersantap bareng keluarga tercinta di rumah. Bagaimana, sudah terbayangkan untuk membuatnya sendiri dengan bahan yang telah kamu persiapkan? 

Beri Komentar