10 Makanan Keberuntungan di Tahun Baru Cina

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 27 Januari 2020 20:19
10 Makanan Keberuntungan di Tahun Baru Cina
Tahun Baru Imlek dirayakan dengan pesta makanan yang melambangkan kemakmuran, keberuntungan dan awal baru untuk tahun mendatang.

Berikut adalah makanan terbaik untuk dinikmati untuk Tahun Baru Cina, simbolisme di belakangnya, dan cara paling lezat untuk menikmatinya.

1 dari 10 halaman

1. Anggur

Ilustrasi Buah Anggur © Diadona

“ Anggur melambangkan keberuntungan, kekayaan, dan kemakmuran,” kata Chef Maneet Chauhan dari Tánsu? di Nashville. Secara khusus, anggur berwarna emas sangat populer di sekitar Tahun Baru Cina karena warnanya dikaitkan dengan keberuntungan. Anggur tidak hanya mewakili kelimpahan dalam hal uang, tetapi mereka juga dianggap beruntung karena mereka terkait dengan kelimpahan dalam makanan dan peningkatan kesuburan.

2 dari 10 halaman

2. Rebusan Ayam Utuh

Ilustrasi Sup Ayam © Diadona

“ Ayam melambangkan kebahagiaan, kesehatan, dan kemurnian, dan menyajikannya melambangkan kelengkapan dan kesatuan keluarga,” kata Wesley Radez, pencipta situs web pengasuhan budaya Chinese American Family. Radez merekomendasikan untuk merebus ayam dengan lembut dalam air yang beraroma jahe, bawang hijau, dan minyak wijen, dan sajikan dengan saus celup daun bawang.

3 dari 10 halaman

3. Jeruk dan Jeruk Keprok

Ilustrasi Buah Jeruk © Diadona

“ Jeruk adalah simbol kelimpahan dan kebahagiaan,” kata chiropractor dan praktisi pengobatan tradisional Tiongkok Vincent Caruso Jr dari New Jersey Total Health. Kata-kata Cina untuk jeruk dan jeruk keprok terdengar seperti keberuntungan dan kekayaan, jadi sangat umum untuk membawa beberapa buah-buahan ini ketika kamu mengunjungi rumah orang lain selama Tahun Baru Imlek. Banyak rumah tangga juga akan dihiasi dengan pohon jeruk keprok atau kumquat.

4 dari 10 halaman

4. Kue

Ilustrasi Kue Bolu © Diadona

Kue, juga disebut Gao dalam bahasa Cina, terdengar seperti kata untuk " tinggi." Menurut tradisi Cina, makan Kue Tahun Baru adalah cara yang bagus untuk merayakan dan beruntung karena meramalkan bahwa keluarga akan mencapai ketinggian baru di tahun mendatang. Kue Tahun Baru bisa datang dalam berbagai bentuk atau rasa, tetapi yang paling tradisional terbuat dari tepung beras. Ini biasanya ditumis atau dikukus sampai matang.

5 dari 10 halaman

5. Mie

Ilustrasi Mie © Diadona

" Mie, terutama mi panjang, sering disajikan pada Tahun Baru Cina untuk melambangkan janji umur panjang," kata Chef Susanna Foo dari Suga di Philadelphia. Orang akan sering makan mie pada hari kedua Tahun Baru Imlek untuk panjang umur. " Mereka mewakili harapan dan ketakutanmu yang terbungkus dalam untaian panjang mie," menurut Chef Han Lijun dari Z&Y Restaurant di San Francisco.

6 dari 10 halaman

6. Lobster dan Udang

Ilustrasi Lobster dan Udang © Diadona

“ Crustacea seperti lobster dan udang melambangkan keberuntungan dan keberuntungan untuk Tahun Baru Imlek,” kata Chef Helene An dari Crustacean Beverly Hills. Kamu bisa mengolahnya menjadi menu favorit keluarga di rumah. Tapi ingat untuk tidak berlebihan saat mengonsumsinya.

7 dari 10 halaman

7. Bebek Peking

Ilustrasi Bebek Peking © Diadona

Bebek adalah salah satu hidangan paling populer di makan malam Tahun Baru Cina, menurut Chef Lijun, karena itu mewakili tahun yang bahagia, sehat, dan sejahtera. Kulit Bebek Peking jadi berwarna merah, warna keberuntungan dalam budaya Cina. " Kami selalu menyajikan Bebek Peking panggang segar yang diiris tipis, dibungkus kue tipis, dan atasnya dengan saus hoisin, mentimun, dan daun bawang," kata Chef Lijun.

8 dari 10 halaman

8. Lumpia

Ilustrasi Lumpia © Diadona

" Tahun Baru Imlek pada dasarnya adalah awal musim semi, jadi lumpia melambangkan awal tahun depan," jelas Chef Andy Xu dari DaDong Chinese Restaurant di New York City. Berkat balutan warna kuning keemasan dan bentuk batangannya, lumpia beruntung karena mewakili batangan emas, melambangkan kekayaan. Lumpia dapat dibuat dengan isian gurih atau manis seperti daging, sayuran, atau kacang merah. Mereka biasanya digoreng, tetapi kamu juga bisa memanggangnya dan menyajikannya dengan saus celup yang dibuat dengan saus kedelai atau saus hoisin.

9 dari 10 halaman

9. Ikan Utuh

Ilustrasi Ikan Kuah © Diadona

" Ikan dalam bahasa Mandarin terdengar seperti kata 'surplus' - representasi kemakmuran," Chef Lu menjelaskan. Mengonsumsi seluruh ikan seharusnya mengkonsolidasikan surplus dari tahun lalu dan memungkinkan kamu mengubahnya menjadi lebih makmur di tahun baru berikutnya, katanya. " Itu juga melambangkan keutuhan dan kelengkapan."

10 dari 10 halaman

10. Pangsit

Ilustrasi Pangsit © Diadona

Makanan tradisional Cina ini sudah ada sejak hampir 2.000 tahun yang lalu. Selama Tahun Baru Imlek, kue pangsit adalah makanan Malam Tahun Baru yang penting untuk dinikmati selama perayaan. “ Lipatan klasik pangsit Cina berbentuk seperti batangan perak, mata uang di Tiongkok kuno,” jelas Chef Thach Tran dari Ace Eat Serve di Denver. " Keyakinannya adalah semakin banyak kue yang kamu buat dan makan, semakin banyak uang dan kekayaan yang akan kamu hasilkan untuk Tahun Baru."

Beri Komentar