10 Makanan dan Minuman Termahal serta Terenak di Dunia

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 23 Januari 2021 14:22
10 Makanan dan Minuman Termahal serta Terenak di Dunia
Makanan termahal di dunia harganya bikin geleng-geleng kepala

Makanan termahal di dunia bisa relatif banget untuk setiap orang. Ada yang ngerasa kalau ikan salmon udah mahal banget, sementara beberapa orang berpendapat kalau truffle adalah makanan dengan harga paling mahal. Namun ternyata di luar itu, ada banyak bahan lain yang harganya nggak akan kamu bayangkan.

Di daftar kali ini Diadona bakalan kasih tahu makanan termahal di dunia. Bukan harga menu yang disajikan lho ya, tapi bahan-bahan apa yang secara alami memang harganya udah mahal banget. Bisa karena bahan alami tersebut tumbuh di tempat yang susah dijangkau atau waktu budidayanya yang sulit dan membutuhkan waktu yang lama banget. Yuk intip apa aja makanan ini:

1 dari 4 halaman

Makanan Terenak dan Termahal di Dunia

Ngomongin soal makanan terenak di dunia, Diadona udah bikin daftarnya dan kamu bisa mengintipnya di sini. Jangan kaget karena berdasarkan daftar yang disusun oleh BBC dengan metode voting melibatkan 35 ribu suara tersebut, nasi goreng Indonesia dan rendang menduduki peringkat pertama dan kedua. Wah, bangganya!

Cuma kita nggak tahu nih apakah menangnya dua makanan tersebut karena memang rasanya yang juara banget dibandingkan dengan makanan lainnya atau karena banyaknya orang Indonesia yang berpartisipasi dalam jejak pendapat. Namun lagi-lagi perlu diingat kalau tak ada penilaian mutlak dlam menentukan rasa suatu makanan

Nah untuk makanan termahal di dunia, sebenarnya beberapa sumber menyajikan nama yang berbeda. Simak yuk!

2 dari 4 halaman

Makanan Termahal di Dunia

Tak berurutan sesuai dengan peringkat harganya, ini lho daftar makanan termahal di dunia.

White Truffle

Makanan Termahal di DuniaMakanan Termahal di Dunia © 2021 fieradeltartufo.org/

White Truffle dijual dengan harga $7.200 per kilogram atau lebih dari 1 Milyar rupiah, menjadikannya sebagai makanan termahal di dunia dan sesama jamur. White thruffle biasanya disajikan sebagai hidangan mewah kelas satu

Ada banyak alasan yang menjadikan white truffle ini masuk sebagai peringkat pertama makanan termahal di dunia, yakni karena tanaman ini nggak bisa dengan mudah ditanama, dibudidayakan atau dipanen. Jamur ini tumbuh dengan liar dan langka. Tumbuhnya juga lambat, punya musim yang pendek dan nggak bertahan lama setelah keluar dari tanah.

Dibutuhkan anjing pengendus untuk memburu jamur ini, trus para pemburu bakalan menggalinya dengan hati-hati agar white thruffle nggak rusak. Sebuah proses panjang yang melelahkan banget, yang membuat makanan ini layak mendapat predikat sebagai makanan termahal di dunia.

Shaffron

Makanan Termahal di DuniaMakanan Termahal di Dunia © 2021 bbc.uk

Safron biasanya digunakan sebagai bumbu dan harganya mahal banget. Shaffron dari Iran misalnya dijual dengan harga ribuan dollar perkilogramnya.

Alasannya, tanaman ini nggak tumbuh di sepanjang musim, tetapi cuman tujuh hari dalam musim gugur. Kamu pun juga harus mengumpulkan sekitar 30 ribu bunga untuk mendapatkan satu kilogram safron, dan semuanya harus kamu lakukan dengan tangan. Secara keseluruhan, budidaya itu membutuhkan waktu hingga 3 tahun.

Vanili

Secara otentik, rasa vanila dihasidkan dari ekstrak tanaman vanili yang harganya mahal banget. Kenpa demikian? Karena bunganya cuman mekar selama beberapa jam dalam satu tahun dan bakalan segera rontok kalau nggak diserbukkan. Dan di kebanyakan tempat, tanaman ini bukanlah tanaman asli jadi penyerbukannya nggak bisa dibantu oleh serangga melainkan manusia.

Untuk bisa tumbuh dewasa, tanaman ini butuh waktu sekitar dua sampai emapt tahun. Setelah penyerbukan dan menjadi buahpun, vanilli masih kudu melalui proses yang panjang. Nggak heran kan kenapa masuk jadi makanan termahal di dunia?

3 dari 4 halaman

Kaviar

Kaviar adalah acar telur ikan sturgeon dan dianggap sebagai salah satu makanan lezat dunia. Keberadannya langka banget, sulit ditangani, sulit dikemas dan pada akhirnya membuatnya masuk dalam daftar makanan termahal di dunia.

Kaviar paling terkenal berasal dari ikan sturgeon beluga yang ditemukan di Kaspia dan Laut Hitam. Sekarang keberadaannya terancam punah sehingga sangat sedikit telurnya yang bisa dijual. Dan butuh waktu sampai 20 tahun untuk ikan tersebut bisa dewasa dan bertelur.

Daging Sapi Wagyu

Makanan Termahal di DuniaMakanan Termahal di Dunia © 2021 eatthis.com

Kalau kamu pecinta steak, maka steak ini adalah yang terbaik yang bisa kamu dapatkan. Dagingnya dikenal sebagai yang paling lezat di dunia karena aroma, rasa dan teksturnya, makanya bisa masuk dalam daftar makanan termahal di dunia.

Daging Wagyu terbuat dari anak domba Wagyu yang dirawat dengan cara yang mungkin nggak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Mereka diberi minum bir, bahkan juga dipijat. Satu kilogram daging ini seharga Rp. 6.5 juta

Kopi Luwak

Pasti kamu sudah tahu kan kenapa harganya mahal banget? Kopi ini cuman diproduksi di beberapa negara seperti Filipina, Indonesia, dan India. Sejauh ini, kopi luwak jadi yang paling mahal di dunia dengan variasi harga antara Rp. 3 juta sampai Rp. 16 juta per kilonya.

Karena itulah saat ini ada peningkatan jumlah peternakan musang di mana hewan ini dikurung kayak ayam dan dicekoki secara paksa. Untuk mendapatkan makanan termahal di dunia ini, kamu kudu jeli dan riset untuk mengetahui keasliannya ya.

4 dari 4 halaman

Foie gras

Makanan Termahal di DuniaMakanan Termahal di Dunia © 2021 Jeremy Repanich for robbreport.com/

Makanan yang terbuat dari hati bebek atau angsa yang udah digemukkan sampai sepuluh kali dari ukuran normalnya. Rasanya kayak jeroan, lembut dan kaya banget seperti mentega.

Praktik penggemukan dengan mencekoki bebek atau angsa dengan paksa ini udah terjadi sejak 2500 SM. Dan saat ini beberapa negara udah ngeluarin undang-undang yang melarang praktik tersebut, dan produksi, impor, atau penjualan foie gras.

Sup Sarang Wallet

Seperti namanya, sup ini terbuat dari sarang burung walet. Memang apa sih yang istimewa dari sarang ini? Nah, sarang burung walet terbuat dari air liur walet.

Untuk mengambilnya pun juga menyangkut hidup dan mati karena biasanya ada di tebing tebing yang curam. Makanya, nggak heran lah kalo harganya bisa mencapai Rp. 42 juta dan masuk dalam daftar makanan termahal di dunia.

Kentang La Bonnotte

Makanan Termahal di DuniaMakanan Termahal di Dunia © 2021 rungis.nl/

Waduh, kentang doang kok bisa masuk dalam makanan termahal di dunia? Eh jangan salah, kentang ini adalah barang langka yang hanya tersedia di Noirmoutier, Prancis Barat dan disebut nyaris mengalami kepunahan. Harganya bisa mencapai Rp. 21 juta tiap kilonya loh!

Pertumbuhan kentang ini beda banget dengan kentang lain, makanya rasanya juga khas. Malah nih untuk memanennya, petani menggunakan cara manual dengan tangan agar tak merusak kentang yang super lembut dan mudah rapuh ini. Alasan kenapa kentang ini masuk dalam makanan termahal di dunia yakni karena produksi yang sedikit serta masa panennya yang pendek.

Ham Iberico

Makanan Termahal di DuniaMakanan Termahal di Dunia © 2021 finedininglovers.com/

Kombinasi dari padang rumput ek di Spanyol, babi hitam Iberico, juga udara pegunungan di sana mengubahnya ham ini menjadi makanan termahal di dunia. Dagingnya berwarna merah tuadengan rasa yang manis. Saat digigit, lemaknya bakalan mencair dan melepaskan profil rasanya yang kaya.

Beri Komentar