Waspadai Baby Blues yang Sering Dialami Ibu Usai Melahirkan Beserta Gejalanya

Reporter : Riza Umami
Jumat, 25 Maret 2022 15:17
Waspadai Baby Blues yang Sering Dialami Ibu Usai Melahirkan Beserta Gejalanya
Mengenal lebih dalam tentang baby blues.

Tentu ibu sudah gak asing dengan istilah baby blues. Sindrom yang satu ini mendadak ramai dibicarakan usai salah satu film Tanah Air menceritakan kisah tentang seorang ibu yang mengalami baby blues syndrome.

Sindrom baby blues ini kebanyakan memang dialami oleh ibu baru. Ibu biasanya akan mengalami perubahan yang sangat drastis ketika sudah memiliki anak apalagi kalau ia kurang mendapatkan dukungan dari orang di sekitarnya. Hal inilah yang bisa memicu baby blues.

1 dari 5 halaman

Pengertian Baby Blues

Dilansir dari laman hellosehat.com, baby blues syndrome ini adalah perubahan suasana hati yang dialami oleh ibu setelah ia melahirkan anaknya. Ibu mungkin akan merasa cemas, gelisah, khawatir, mudah tersinggung dan perasaan negatif lainnya.

Memiliki bayi newborn memang bisa terasa begitu melelahkan bagi seorang ibu. Luka operasi atau jahitan melahirkan belum sembuh total, tetapi ibu harus mengurus anak setiap waktu, belum lagi jam tidur yang jadi keteteran. Sindrom baby blues ini bisa muncul dalam 3-10 hari usai ibu melahirkan anaknya.

2 dari 5 halaman

ilustrasi ibu dan bayiilustrasi ibu dan bayi © aleteia.org

Bila sindrom baby blues ini tak kunjung membaik baik malah berlanjut, hal ini pun bisa menyebabkan ibu mengalami postpartum depression yaitu depresi pascamelahirkan di mana kondisinya sudah semakin parah.

3 dari 5 halaman

Gejala Baby Blues

Sindrom baby blues yang kerap dialami ibu yang baru melahirkan ini tentu memiliki beberapa gejala yang perlu diwaspadai oleh para ibu supaya bisa lebih mengetahui kondisinya sendiri terutama usai melahirkan.

Gejala yang pertama, ibu biasanya akan mengalami perubahan suasana hati misalnya jadi gampang sedih, gelisah, takut, mudah tersinggung atau juga mudah menangis terutama saat melihat atau memikirkan buah hati.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Ibu dan BayiIlustrasi Ibu dan Bayi © 2020 https://www.unsplash.com/Sharon Mccutcheon

Gejala yang berikutnya, ibu merasa kewalahan dalam mengurus anak yang baru lahir. Rasa lelah ini terasa bertumpuk-tumpuk terutama karena ibu kurang tidur di malam hari apalagi kalau pasangan tidak banyak membantu dalam mengurus anak.

Yang selanjutnya, ibu mungkin jadi mudah sedih dan juga menangis dengan berbagai alasan. Banyak sekali kekhawatiran yang akan muncul saat ibu mengalami baby blues misalnya takut tak bisa membesarkan anak dengan baik, khawatir akan masa depannya dan masih banyak lagi.

5 dari 5 halaman

Selain itu, biasanya ibu yang mengalami baby blues ini juga akan kesulitan untuk tidur alias insomnia. Padahal tubuh dalam kondisi lelah, tetapi ibu sangat sulit untuk tidur. Hal ini pun bisa menyebabkan ibu kurang istirahat dan jadi sulit berkonsentrasi.

Itulah pengertian tentang baby blues serta beberapa gejalanya yang perlu ibu waspadai. Baby blues ini bisa terjadi kepada ibu mana pun setelah melahirkan anaknya. Bila ada anggota keluarga atau kerabat yang mengalami baby blues, sebisa mungkin berikanlah dukungan kepadanya agar kondisinya segera membaik.

Beri Komentar