Viral Rekaman Keusilan Ardi Bakrie Beri Anaknya Keripik Pedas Sampai Nangis, Aman Nggak sih?

Reporter : Firstyo M.D.
Minggu, 15 Maret 2020 13:00
Viral Rekaman Keusilan Ardi Bakrie Beri Anaknya Keripik Pedas Sampai Nangis, Aman Nggak sih?
Anak kecil makan-makanan pedas aman nggak sih?

Ardiansyah Bakrie, suami dari artis Nia Ramadhani, baru-baru ini mengunggah rekaman keusilan yang dilakukan pada Naka, anak keduanya.

Ardi Bakrie mengunggah rekaman saat dia memberikan keripik pedas pada Naka.

Dalam video tersebut, terlihat Naka mengunyah keripik yang sepertinya nggak dia ketahui bagaimana rasanya.

"Naka makan apaan sekarang?" ujar Ardi sambil menyorot wajah Naka bergantian dengan satu toples keripik pedas.

Di awal, Naka terlihat menikmati. Namun, setelah beberapa kali kunyahan Naka seperti kaget dengan rasa terbakar di mulutnya. Keripik yang baru digigit sebagian itu dilemparkan kembali ke dalam toples.

Kejahilan Ardi nggak berhenti di situ. Dia juga mencegah tangan Naka saat hendak meraih air minum.

"Nggak usah minum, nggak usah minum."

Naka yang terlihat semakin nggak kuat menahan rasa pedas kemudian menggebrak meja dan melemparkan benda. Sejurus kemudian dia menangis karena sepertinya sudah ada di batas pertahanan rasa pedasnya. Baru kemudian Ardi menyodorkan segelas air putih.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ardi Bakrie (@ardibakrie) on

Netizen di kolom komentar pun terbelah menjadi dua kubu. Ada yang merasa tingkah usil Ardi sangat lucu dan menghibur, namun nggak sedikit juga yang merasa kasihan pada Naka.

Beberapa mempermasalahkan tentang anak-anak yang sudah diberi makanan pedas padahal belum kuat menerimanya. Kalau menurut sudut pandang keilmuan gimana ya?

1 dari 1 halaman

Secara ilmiah, makanan pedas akan memicu resptor rasa sakit di dalam mulut. Rasa pedas itu ada di dalam sebagian besar rempah yang memiliki bahan aktif yang disebut capsaicin.

Saat dimakan, capsaicin akan mengikat reseptor di dalam mulut sehingga mengeluarkan sinyal yang menunjukkan adanya bumbu atau rempah di dalam mulut. Orang dewasa sudah punya kemampuan untuk mengatasi rangsangan ini, sementara bagi balita dan anak-anak akan terasa menyiksa.

Ilustrasi bayi kepedesan © Diadona

Meski begitu ketahanan anak terhadap makanan pedas, menurut laman BabyCenter, juga terpengaruh dari apa yang dimakan oleh ibu selama masa menyusui. Toleransi anak terhadap makanan pedas bisa meningkat lewat proses menyusui karena anak juga bisa melacak rasa lewat ASI.

Untuk usia aman, sebaiknya tunggu sampai bayi menginjak 1 tahun sebelum mulai menambahkan kari, cabai, atau rempah pedas lain ke dalam makanan anak. Pemberiannya pun juga harus bertahap ya. Nggak boleh langsung tiba-tiba pedas karena bisa berbahaya untuk pencernaannya.

Beri Komentar